7 Obat Anyang-anyangan di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Anyang Anyangan di Apotik

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Anyang-anyangan merupakan gangguan buang air kecil yang disertai dengan nyeri dan membuat ketidaknyamanan penderitanya. Penggunaan obat anyang-anyangan yang tersedia di apotik pun dibutuhkan untuk mengatasi gangguan tersebut.

Sering buang air kecil dan merasakan sensasi nyeri dapat menjadi tanda anyang-anyangan. Gangguan kesehatan yang satu ini dapat menyerang pria maupun wanita dan dapat diatasi menggunakan obat anyang-anyangan yang tersedia di apotik.

Anyang-anyangan juga bisa saja terjadi setelah Anda melakukan hubungan intim. Ada beberapa penyebab utama dari gangguan anyang-anyangan seperti infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual hingga batu ginjal.

Baca juga: 9 Obat Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita & Pria di Apotik

Rekomendasi Obat Anyang anyangan di Apotik dan Harganya

Baik pada pria maupun wanita, anyang-anyangan perlu segera diatasi agar tidak mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat anyang-anyangan di apotik dan harganya yang dapat Anda manfaatkan.

1. Nephrolit

Beli Nephrolit Klik di Sini

Salah satu penyebab  anyang-anyangan adalah terganggunya saluran kemih akibat batu urine. Obat Nephrolit bekerja efektif dalam meluruhkan batu urine sehingga saluran kemih dapat kembali normal.

Merupakan obat herbal, beberapa kandungan dalam nephrolit adalah ekstrak daun kumis kucing, daun kejibeling, daun tempuyung dan juga daun meniran. Anjuran mengonsumsi obat herbal ini adalah 4 kali sehari sebanyak 1 kapsul tiap kali minum.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

2. Batugin Elixir

Beli Batugin Elixir Klik di Sini

Untuk membantu meluruhkan batu urine di ginjal dan juga saluran kemih, Anda dapat memanfaatkan Batugin Elixir untuk mengatasi anyang-anyangan. Obat ini memiliki kandungan ekstrak daun tempuyung dan juga daun kejibeling di dalamnya.

Dosis penggunaan Batugin Elixir untuk selama masa pengobatan adalah 3-4 kali sehari sebanyak 1 gelas takar tiap kali minum. Kemudian setelah batu urine keluar, Anda dapat mengonsumsi obat ini sekali sehari dengan dosis 1 gelar takaran penuh.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/botol

3. Urispas

Beli Urispas Klik di Sini

Mengandung flavoxate di dalamnya, Urispas merupakan salah satu obat yang ampuh untuk mengatasi anyang-anyangan. Obat ini dapat dikonsumsi oleh dewasa maupun anak-anak usia lebih dari 12 tahun dengan dosis 3-4 sekali atau sesuai petunjuk dokter.

Perlu diketahui bahwa Urispas termasuk dalam golongan obat keras sehingga Anda memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Kisaran harga: Rp 91 ribu/strip

4. Ibuprofen

obat anyang anyangan di apotik ibuprofen

Beli Ibuprofen Klik di Sini

Saat Anda mengalami anyang-anyangan, biasanya rasa nyeri tidak tertahankan akan muncul ketika buang air kecil. Meski tidak langsung bekerja dalam mengobati anyang-anyangan, penggunaan Ibuprofen dapat mengatasi nyeri yang Anda rasakan.

Obat analgesik yang satu ini bekerja ampuh dalam menghambat prostaglandin yang menjadi pemicu rasa sakit ataupun nyeri pada tubuh.

Anjuran mengonsumsi obat nyeri yang satu ini pada dewasa dan anak-anak usia lebih dari 12 tahun adalah setiap 3-4 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter. 

Lalu, bagaimana jika ingin menggunakan ibuprofen pada anak-anak? Anda dapat memanfaatkan versi sirup dari Ibuprofen dan berikan sesuai dosis anjuran.

Kisaran harga: Rp 2 ribu/strip

5. Urotractin

obat anyang anyangan paling ampuh urotractin

Beli Urotractin Klik di Sini

Infeksi saluran kemih menjadi salah satu penyebab umum dari anyang-anyangan. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanfaatkan Urotractin yang memiliki kandungan asam pipemidat di dalamnya.

Obat ini ampuh dalam melawan bakteri gram postif dan juga gram negatif yang menyebabkan beragam gejala infeksi saluran kemih muncul. Anda harus berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakan obat golongan keras yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 56 ribu/strip

6. Paracetamol

obat anyang anyangan di apotek paracetamol

Beli Paracetamol Klik di Sini

Selain Ibuprofen, penggunaan Paracetamol juga dapat membantu Anda dalam meredakan nyeri yang dirasakan saat anyang-anyangan. Cara kerja obat ini adalah menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan zat pemicu nyeri pada tubuh.

Tidak hanya mengatasi nyeri saat anyang-anyangan, paracetamol biasanya juga dimanfaatkan sebagai salah satu obat sakit kepala, sakit gigi serta meredakan demam.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

7. Urogetix

obat anyang anyangan urogetix kaplet

Beli Urogetix Klik di Sini

Iritasi pada saluran urine dapat membuat Anda merasakan anyang-anyangan seperti nyeri panas saat buang air kecil. Gangguan saluran urine ini tentunya dapat membuat rasa tidak nyaman untuk menjalani aktivitas sehari-hari dan perlu segera diatasi.

Hadir dengan kandungan phenazopydrine HCl di dalamnya, Urogetix kaplet merupakan salah satu obat paling ampuh dalam mengatasi anyang-anyangan. Obat ini dapat digunakan baik pada pria maupun wanita.

Anjuran mengonsumsi Urogetix sendiri adalah 2 kaplet sekali minum untuk 3 kali dalam sehari. Termasuk dalam golongan obat keras, pastikan Anda telah berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Kisaran harga: Rp 84 ribu/strip

Rekomendasi Obat Anyang-anyangan Alami

Selain menggunakan beragam rekomendasi obat yang tersedia di apotik, Anda juga dapat memanfaatkan obat anyang-anyangan alami. Berikut ini merupakan beberapa cara dan obat anyang-anyangan alami yang dapat Anda coba gunakan.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Banyak mengonsumsi air putih setiap harinya dapat melancarkan buang air kecil sekaligus mengatasi anyang-anyangan. Anjuran mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari juga dapat membantu Anda dalam mencegah dehidrasi.

Apabila buang air kecil semakin lancar, maka bakteri dalam tubuh pun juga akan semakin mudah keluar. Banyak mengonsumsi air putih menjadi salah satu cara alami mengobati anyang-anyangan secara mudah dan praktis.

2. Kompres Hangat

Selanjutnya, Anda juga dapat mencoba untuk melakukan kompres hangat pada bagian perut bawah selama kurang lebih 15 menit lamanya. Kompres hangat ini dapat dilakukan untuk 3-4 kali sehari sampai anyang-anyangan berkurang.

3. Memanfaatkan Kayu Manis

Tidak hanya menjadi salah satu bumbu dapur yang ampuh untuk menyedapkan masakan, kayu manis juga memiliki manfaat baik untuk mengurangi anyang-anyangan. Anda dapat mengolahnya menjadi minuman herbal yang disajikan dalam kondisi hangat.

Senyawa kimia dalam kayu manis dipercaya ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab anyang-anyangan. Selain itu, mengonsumsi herbal kayu manis yang memiliki sifat antioksidan dan antibakteri juga baik untuk kesehatan tubuh.

4. Memanfaatkan Probiotik

Bakteri baik yang berfungsi untuk melindungi dan juga memelihara kesehatan sistem pencernaan disebut sebagai probiotik. Mengonsumsi bakteri baik ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Probiotik sendiri dapat ditemukan dalam beragam sajian makanan ataupun produk fermentasi seperti yoghurt, tempe, kombucha hingga kimchi.

obat anyang anyangan alami probiotik yakult

Beli Yakult Klik di Sini

Ingin mengonsumsi probiotik versi praktis? Yakult dapat menjadi salah satu minuman dengan kandungan bakteri baik andalan Anda.

5. Mengonsumsi Buah Cranberry

Cranberry merupakan salah satu buah yang terkenal ampuh dalam mengatasi infeksi saluran kemih, termasuk meredakan anyang-anyangan. Manfaat tersebut dikarenakan adanya kandungan senyawa proanthocyanidins.

Dengan rutin mengonsumsi buah cranberry terutama saat anyang-anyangan, kandungan senyawa di dalamnya dapat mencegah bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Anda dapat mengonsumsi buah cranberry secara langsung ataupun mengolahnya menjadi jus.

Itulah tadi beragam rekomendasi obat anyang-anyangan di apotik dan juga cara-cara alami untuk mengobati anyang-anyangan yang dapat Anda coba.

Beberapa rekomendasi obat di apotik mungkin memerlukan resep dokter, jadi pastikan untuk tidak menggunakannya secara sembarangan. Sedangkan untuk penggunaan obat-obatan alami, pastikan untuk mengonsumsi sesuai aturan dan tidak berlebihan.

Berkaitan dengan kemungkinan adanya infeksi saluran kemih, Anda tidak dapat meremehkan gejala-gejala dari anyang-anyangan. Sebelum menjadi masalah kesehatan yang lebih serius, segera periksakan pada dokter ahli.

Konsultasi, resep dokter dan beli obat dalam satu aplikasi, bisa dong! Bersama K24Klik, semua jadi beres.

Kami menjamin kenyamanan ekstra untuk Anda dengan siap sedia selama 24 jam nonstop dan juga jaminan pengiriman cepat tidak sampai 1 jam. Bekerjasama dengan jaringan apotek terbesar di Indonesia, K24Klik menyediakan produk farmasi lengkap dan 100% asli.

Ingin mendapatkan harga terbaik untuk penuhi kebutuhan kesehatan? Yuk unduh aplikasi kami di Play Store dan App Store sekarang juga, beragam penawaran menarik khusus pengguna baru menunggu Anda!

Referensi:

https://www.medicines.org.uk/emc/product/322/pil#gref, diakses 22 Desember 2023
https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2003/0315/p1281.html, diakses 22 Desember 2023
https://www.webmd.com/drugs/2/drug-1237/phenazopyridine-oral/details, diakses 22 Desember 2023