6 Obat Anyang-anyangan di Apotik K24 Pada Wanita dan Pria

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Anyang Anyangan di Apotik
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Anyang-anyangan adalah jenis gangguan kesehatan cukup sering terjadi, baik pada pria maupun wanita. Penderitanya bakal mengalami permasalahan ketika buang air kecil yang disertai rasa nyeri. Bisa terjadi pula anyang anyangan setelah berhubungan intim. Kabar baiknya, Anda bisa menemukan berbagai pilihan obat anyang anyangan untuk mengatasinya.

Penyebab Anyang anyangan

Berkaitan dengan anyang anyangan, Anda perlu tahu kalau gangguan kesehatan ini bisa muncul karena berbagai penyebab. Faktor penyebabnya antara lain adalah:

  • Infeksi saluran kemih (ISK). Gangguan ini terjadi ketika terdapat bakteri yang menginfeksi saluran kemih. Dalam berbagai kasus, wanita lebih berisiko terkena ISK dibanding laki-laki.
  • Infeksi menular seksual (IMS). Anyang-anyangan dapat pula muncul pada penderita IMS seperti gonore, klamidia, serta herpes genital.
  • Penyakit Prostatitis. Kondisi ini terjadi ketika seseorang mengalami peradangan pada bagian kelenjar prostat.
  • Uretritis. Gangguan uretritis berlangsung saat organ uretra mengalami peradangan. Pada sebagian besar kasus, peradangan itu berlangsung karena infeksi oleh bakteri.
  • Epididimitis. Rasa sakit akibat anyang-anyangan dapat pula terjadi akibat epididimitis atau peradangan bagian epididimis. Organ ini lokasinya berada di belakang testis yang berguna untuk menyimpan serta menyalurkan sperma.
  • Penyakit radang panggul (PID). Gangguan PID dapat merambah ke beberapa organ, termasuk leher rahim, ovarium, tuba falopi, serta rahim. Faktor pemicunya adalah infeksi bakteri yang berawal dari vagina dan kemudian menjalar ke organ lain.
  • Batu ginjal. Ada juga penyebab anyang-anyangan yang berupa batu ginjal. Batu ginjal tersebut merupakan material yang mengalami pengerasan dan berada di saluran kemih.
  • Uropati obstruktif. Kondisi ini berlangsung ketika terjadi obstruksi di beberapa area seperti uretra, kandung kemih, atau ureter. Sebagai akibatnya, urine sulit keluar dan akhirnya kembali ke ginjal.

Pilihan Obat Anyang anyangan di Apotik K24 Pada Wanita dan Pria

Disuria yang merupakan istilah medis untuk anyang-anyangan bisa terjadi karena berbagai faktor. Beberapa di antaranya adalah infeksi saluran kemih (ISK), infeksi menular seksual (IMS), sistitis, prostatitis, uretritis, epididimitis, penyakit radang panggul, dan lain sebagainya.

1. Prive Uri Cran Plus 8g

Rekomendasi obat untuk anyang-anyangan yang pertama adalah Prive Uri Cran Plus. Obat ini berupa minuman serbuk yang mempunyai kandungan ekstrak cranberry. Ekstrak buah cranberry memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan saluran kemih pada pria dan wanita.

Beli Prive Uri Cran Klik di Sini

2. Prostakur

Berikutnya, Anda bisa pula memanfaatkan obat tradisional anyang-anyangan untuk laki-laki, Prostakur. Obat jamu ini dibuat dengan ekstrak pohon serenoa repens atau saw palmetto yang tumbuh di wilayah Amerika Utara. Penggunaannya secara khusus dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan kelenjar prostat3.

Beli Prostakur Klik di Sini

3. Nephrolit

Obat sakit kencing anyang anyangan berikutnya adalah Nephrolit. Obat bebas yang satu ini dapat melancarkan buang air kecil dengan meluruhkan batu ginjal. Manfaatnya pun bisa dirasakan tak hanya oleh laki-laki, tetapi juga wanita yang mempunyai permasalahan terkait buang air kecil.

Nephrolit dibuat dengan ekstrak bahan-bahan alami, termasuk di antaranya adalah ekstrak kumis kucing, ekstrak keji beling, ekstrak daun tempuyung, ekstrak meniran, dan lain sebagainya. Penggunaan bahan-bahan alami membuat obat anyang-anyangan ini menimbulkan efek samping yang minimal dan ringan, seperti sakit perut atau diare4.

Beli Nephrolit Klik di Sini

4. Batugin Elixir

Anda dapat pula memanfaatkan obat anyang-anyangan di apotik K24 berupa Batugin Elixir. Obat dalam bentuk sirup ini memiliki kandungan ekstrak daun keji beling dan daun tempuyung. Keduanya memiliki manfaat dalam membantu memperlancar buang air kecil.

Cara kerja Batugin Elixir dalam meredakan gangguan anyang-anyangan adalah lewat kemampuannya dalam meluruhkan batu ginjal. Obat ini juga aman, karena termasuk sebagai obat bebas serta tidak mempunyai efek samping berbahaya.

Beli Nephrolit Klik di Sini

5. Urispas

Berikutnya, ada solusi obat sakit kencing anyang-anyangan yang bernama Urispas. Penggunaannya dapat meredakan dan sekaligus mencegah otot kejang pada saluran kemih. Selain itu, pemakaiannya juga bisa meredakan rasa sakit pada kelenjar prostat ataupun uretra.

Obat ini cukup efektif dalam mengatasi rasa sakit akibat anyang-anyangan. Pemakaiannya juga tak disarankan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, ibu hamil, atau memiliki gangguan terkait sistem pencernaan.

style=”text-align: center;”>Beli Urispas Klik di Sini

6. Bioprost Kapsul

Alternatif obat sakit anyang-anyangan berikutnya adalah Bioprost. Komposisi dari kapsul Bioprost mirip dengan Prostakur, yaitu ekstrak serenoa repens atau saw palmetto. Obat ini termasuk dalam kategori obat jamu yang aman dikonsumsi. Menariknya, Bioprost tak hanya berguna untuk mengobati anyang-anyangan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan prostat.

 Pemakaian Bioprost dapat membantu masalah anyang-anyangan yang terjadi akibat pembesaran prostat pada pria. Kandungan ekstrak serenoa repens dalam Bioprost dapat mencegah perubahan hormon testosteron menjadi dihidrotestosteron (DHT).

Perlu Anda pahami, DHT merupakan faktor utama yang menyebabkan berbagai masalah pada pria. Beberapa permasalahan tersebut termasuk di antaranya adalah pembesaran kelenjar prostat, kesulitan menahan buang air kecil, serta kebotakan.

style=”text-align: center;”>Beli Bioprost Kapsul Klik di Sini

Nah, itulah berbagai pilihan obat anyang-anyangan yang dapat Anda gunakan untuk meredakan rasa nyeri serta kesulitan buang air kecil. Semoga bermanfaat, ya.

Referensi:

https://www.medicines.org.uk/emc/product/322/pil#gref, diakses 3 September 2022
https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2003/0315/p1281.html, diakses 3 September 2022
https://www.webmd.com/drugs/2/drug-1237/phenazopyridine-oral/details, diakses 3 September 2022