Nanas Muda Menggugurkan Kandungan, Mitos atau Fakta?

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

nanas-muda-menggugurkan-kandungan
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mitos seputar kehamilan masih banyak beredar dan diyakini di masyarakat. Salah satu mitos tersebut adalah nanas muda menggugurkan kandungan jika dikonsumsi ibu hamil. Lantas, apakah benar demikian? 

Fakta Buah Nanas Bisa Menggugurkan Kandungan

Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang bisa membuktikan bahwa makan nanas akan menyebabkan keguguran.  

Nanas diketahui memiliki kandungan enzim bromelain. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein dalam tubuh.

Dikarenakan janin yang ada dalam kandungan masih terdiri dari sel protein sederhana, asupan bromelain diduga dapat menyebabkan terjadinya pendarahan hingga keguguran. Selain itu, enzim ini juga diduga dapat merangsang pelunakan leher rahim sehingga melonggar dan dapat memicu terjadinya persalinan dini. 

Namun begitu, kandungan bromelain di dalam satu buah nanas segar utuh bahkan belum cukup tinggi jika bertindak sebagai obat yang berdampak pada kehamilan.

Berdasarkan riset dari University of Maryland Medical Center, direkomendasikan untuk mengonsumsi 80-320 mg bromelain guna mengobati masalah peradangan otot dan pencernaan.

Kandungan bromelain pada nanas segar dari batang sebagai sumber utama bromelain bahkan hanya mencapai 16 mg, jumlah ini terlalu kecil untuk memiliki efek nyata ke sistem reproduksi dan rahim. 

Agar kandungan bromelain dalam nanas bisa memiliki efek untuk menggugurkan kandungan, seorang ibu hamil harus mengonsumsi sekitar 7-10 buah nanas segar utuh sekaligus. 

Manfaat Konsumsi  Nanas Saat Hamil 

Mengonsumsi nanas saat hamil juga bisa memberikan manfaat apabila dikonsumsi tidak berlebihan. Nanas bisa memberi nutrisi bagi janin agar bisa berkembang dengan optimal.

Satu porsi potongan nanas segar memiliki kandungan kurang lebih 79 mg vitamin C. Vitamin ini diperlukan untuk memberikan suplai produksi kolagen yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan kulit, tendon bayi, tulang dan tulang rawan.

Kandungan dalam nanas juga bisa menunjang kekebalan tubuh ibu hamil yang membutuhkan asupan harian vitamin C sebesar 85 mg. 

Nanas adalah makanan sumber serat tinggi. Makanan ini mampu meringankan sembelit yang banyak dialami oleh ibu hamil.

Selain itu, nanas juga mengandung banyak kandungan nutrisi lain seperti niacin, riboflavin, vitamin A dan B6, asam pantotenat, magnesium, besi, kalium, mangan, dan folat. Nanas sebenarnya bermanfaat bagi ibu hamil.

Salah satu manfaat nanas adalah meredakan kecemasan. Kandungan vitamin dan flavonoid di nanas bersifat anxiolytic yang meredakan kecemasan yang sering ibu hamil rasakan di saat kehamilan. 

Amankah Ibu Hamil Konsumsi Nanas? 

Apakah ibu hamil boleh konsumsi nanas? Lalu, apakah benar pernyataan nanas muda menggugurkan kandungan mitos atau fakta? Jawabannya, boleh asal tidak berlebihan. Pasalnya, konsumsi nanas berlebih bisa menyebabkan nyeri ulu hati dan reaksi alergi bagi penderita alergi.

Kandungan asam yang ada di nanas bisa meningkatkan produksi asam lambung yang bisa memicu refluks asam lambung dan nyeri ulu hati. Orang yang memiliki alergi terhadap serbuk sari dan lateks cenderung memiliki alergi terhadap nanas. 

Wanita hamil yang didiagnosis memiliki diabetes gestasional juga perlu untuk berhati-hati untuk mengonsumsi nanas, meskipun hanya dalam bentuk jus. Jus buah merupakan sumber gula dalam konsentrasi tinggi yang bisa menyebabkan gula darah meningkat apabila diminum dalam jumlah besar. 

Kesimpulannya, makan nanas saat hamil selama dalam porsi secukupnya (tidak melebihi takaran 3 porsi per hari) setiap minggu selama hamil tidak membawa dampak buruk untuk kehamilan.

Artinya, pernyataan nanas muda menggugurkan kandungan memang benar adanya. Tapi jika didukung oleh kondisi-kondisi tertentu. Apabila anda masih ragu untuk mengonsumsi nanas, anda bisa berkonsultasi dengan dokter anda.