6 Makanan Untuk Balita Diare Agar Lekas Sembuh, Mudah dan Murah!

Published by Blog K24Klik on

Makanan untuk balita diare
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Makanan untuk balita diare agar lekas sembuh sangat mudah dibuat bahkan murah. Umumnya balita mengalami diare sembuh dalam 1 – 2 hari. Akan tetapi, sebagai orangtua harus tetap mendampingi selama proses penyembuhan. Terutama dalam memberikan asupan gizi selama diare. 

Anak yang sedang diare butuh makanan yang nyaman untuk pencernaan supaya lekas sembuh. Pemberian asupan makanan pada anak balita harus tepat nutrisi agar anak tetap mendapatkan energi dan segera pulih kembali. Berikut makanan untuk balita diare agar lekas sembuh:

1. Daging Kukus

makanan untuk balita diare
sumber gambar: freepik

Makanan saat anak diare yang baik salah satunya adalah daging kukus. Daging mengandung nutrisi penting bagi anak diare yaitu protein. Pastikan pengolahannya dikukus saja hingga matang sempurna. Pengolahan digoreng atau direbus akan menambah lemak dan minyak yang tidak baik untuk pencernaan yang sedang diare. 

Daging kukus untuk anak diare juga tidak boleh ditambahkan dengan merica atau bumbu rempah kuat lainnya. Anda bisa menambahkan kuah kaldu atau keju saja sebagai penambah rasa. 

Berikan daging yang sudah benar-benar matang dengan sayuran agar nutrisi lain terpenuhi. Pastikan makanan tersebut mudah dicerna untuk anak anda, jangan sampai membuat iritasi pada pencernaannya.

2. Bubur Nasi

makanan untuk balita diare
sumber gambar: freepik

Pasca diare pada anak lebih baik hindari anak memberikan makanan tinggi serat. Karena serat akan menghasilkan gas pada usus sehingga meningkatkan penumpukan gas dan rasa untuk buang angin. 

Akan lebih baik memberikan anak yang sedang diare makanan yang mudah dilumat tetapi dengan tinggi karbohidrat yaitu nasi putih. Nasi putih mudah dicerna usus sehingga tubuh cepat pulih. Apabila anak bosan dengan nasi putih biasa, Anda bisa mengolahnya menjadi bubur atau nasi tim.

3. Makanan Berkuah

makanan untuk balita diare
sumber gambar: freepik

Anak yang sedang diare memerlukan lebih banyak cairan untuk tubuh karena diare yang terus-menerus. Kondisi yang kesakitan kadang membuat anak sulit dibujuk untuk banyak minum. 

Jangan biarkan anak kekurangan cairan hingga dehidrasi. Apabila anak sulit dibujuk coba sajikan makanan berkuah kesukaannya seperti, sup bening dengan isian sayur dan daging atau variasi lainnya.

4. Makanan yang Mengandung Probiotik

makanan untuk balita diare
sumber gambar: freepik

Makanan untuk anak diare dan muntah yang baik dikonsumsi selanjutnya adalah makanan yang mengandung probiotik tinggi. Probiotik bisa didapatkan dari makanan seperti yoghurt dan tempe. Probiotik adalah bakteri baik yang apabila dikonsumsi akan mengurangi jumlah bakteri jahat didalam usus.

Diare bisa disebabkan oleh bakteri jahat yang berlebihan didalam usus seperti bakteri E.coli, maka Anda bisa memberi yoghurt pada anak yang sedang diare, tetapi Anda harus memilih yoghurt yang tanpa rasa atau tanpa gula.

5. Buah Pisang

makanan untuk balita diare
sumber gambar: freepik

Pisang adalah buah yang baik untuk diare anak. Kandungan kalium pada pisang dapat memadatkan feses pada anak dan mengurangi diare. Selain itu pisang juga mengandung mineral yang bisa mengurangi gejala diare pada anak.

Sajikan pisang yang dipotong kecil-kecil atau bisa dilumatkan terlebih dahulu agar anak Anda mudah mengonsumsinya.

6. Wortel Rebus

makanan untuk balita diare
sumber gambar: freepik

Makanan untuk anak diare selanjutnya adalah wortel. Wortel juga mengandung banyak manfaat seperti zat besi, kalsium, vitamin D, dan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem imun tubuh agar diare pada anak bisa lebih cepat pulih.

Anda juga bisa menyajikan wortel sebagai isian sup bening atau mengolahnya sebagai bubur atau ditumbuk, sebagai obat diare alami untuk bayi. Pastikan anda mengolahnya dengan matang atau lembut, ya. 

Inilah 6 makanan untuk balita diare agar lekas sembuh. Bahan yang diperlukan mudah dan murah, tetapi manfaatnya sangat baik untuk anak yang sedang diare. Anda juga harus memastikan anak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat supaya energi dan sistem imun tubuhnya cepat kembali. Tentunya, apabila kondisi anak semakin memburuk harus segera dibawa ke rumah sakit. Yuk, temukan artikel tentang info kesehatan menarik lainnya hanya di K24Klik Blog!