fbpx
Share this:

Sobat sehat, organ pendengaran merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu diperhatikan kesehatannya. Beberapa gangguan pada organ pendengaran yang tidak segera ditangani dengan baik, dapat berakibat fatal. Bahkan dapat menjadi penyebab terjadinya kerusakan gendang telinga, yang berujung pada ketulian.

gangguan_pendengaran

Apa sajakah faktor penyebab kerusakan organ pendengaran?

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai penyebab kerusakan organ pendengaran, inilah jenis-jenis gangguan pendengaran yang perlu Anda ketahui :

  1. Gangguan Pendengaran Konduktif

Meski tidak menyebabkan ketulian, gangguan pendengaran konduktif dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Karena getaran suara yang ditangkap oleh telinga lemah atau terdistorsi dan tidak sampai ke telinga bagian dalam. Gangguan ini biasanya disebabkan karena adanya sesuatu yang menghalangi saluran telinga, seperti zat lilin, cairan, kotoran telingan, atau penumpukan kalsium pada tulang telinga.

Type-gangguan-pendengaran

  1. Gangguan Pendengaran Syaraf

Gangguan ini juga disebut sebagai tuli syaraf, dimana syaraf pendengaran gagal membawa informasi suara ke otak. Sehingga otak tidak dapat mencerna informasi kejelasan atau kenyaringan suara.

  1. Gangguan Pendengaran Campuran

Merupakan kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan gangguan pendengaran syaraf.