Apa itu Fetish? Pengertian dan Macam-Macamnya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

pengertian stres

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Fetish adalah obsesi atau gairah seksual yang muncul ketika seseorang berharapan dengan berbagai objek selain organ genital. Belum banyak yang menyadari, fetish merupakan salah satu gangguan kesehatan seksual.

Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa kasus fetish yang pernah menghebohkan media sosial? Mulai dari fetish terhadap kain jarik, kaos kaki, mata diperban hingga memakai mukena.

Fetish merupakan salah satu gangguan kesehatan seksual dimana seseorang merasa terobsesi pada objek selain organ genital pada kehidupan seksualnya. Objek ketertarikan biasanya membuat seseorang dapat berfantasi untuk mencapai kepuasan seksual.

Objek dari fetish sendiri tidak hanya bagian tubuh dari pasangannya tetapi juga bisa kepada benda mati. Misalnya Anda lebih menyukai berhubungan seksual dengan pasangan yang  mengenakan sepatu hak tinggi dibandingkan tanpa ataupun jenis alas kaki lain.

Baca juga: 15 Obat Kuat Pria Tahan Lama di Apotik dan Harganya

Penyebab Fetish

Belum ada penelitian mendalam yang menjelaskan penyebab fetish secara pasti dan jelas. Dua teori besar psikologi yang menjelaskan fetish sendiri biasanya dibedakan menjadi perpektif psikoanalisis dan faktor behavioral.

Salah satu penyebab paling umum dari fetish adalah adanya trauma masa kecil yang membuat seseorang mengalami pelecehan seksual. Trauma tersebut dapat memengaruhi kondisi psikis seseorang dan juga obsesinya pada objek tertentu.

Selain itu, ketika Anda mulai kesulitan memulai hubungan dengan orang lain dan juga mengekspresikan perasaan juga dapat membuat fantasi dalam diri menjadi tidak terkendali.

Faktor behavioral, seseorang mungkin saja menemukan kesenangan terhadap beberapa kondisi saat berhubungan seksual yang justru menimbulkan ketagihan. Dari yang awalnya merasa senang dan tertarik saja, berubah menjadi obsesi yang mengganggu.

Gejala Fetish

Lalu, bagaimana cara seseorang mampu mengenali fetish? Berikut ini merupakan beberapa gejala penderita fetish yang perlu untuk Anda waspadai.

  • Terjadinya gairah seksual yang berulang dan intens dari penggunaan benda mati pada bagian tubuh non genital dalam jangka waktu 6 bulan.
  • Memiliki suatu dorongan seksual ataupun fantasi yang menyebabkan tekanan signifikan pada kehidupan seseorang.
  • Tidak hanya pada benda mati, objek fetish yang dapat memicu gairah seksual juga dapat berupa penggunaan alat saat berhubungan seksual.

Secara lebih singkatnya, gejala utama dari fetish adalah ketika Anda mulai merasakan gairah seksual yang tidak lazim dan bahkan membuat ketagihan.

Gejala tersebut dapat dikenali melalui beragam kasus fetish yang viral, misalnya kasus gilang bungkus yang memiliki fetish terhadap kain jarik. Padahal, kain jarik merupakan objek benda mati yang sama sekali tidak berhubungan dengan seksualitas.

Kemudian juga kasus seorang fotografer yang ternyata memiliki fetish terhadap perempuan yang mengenakan mukena. Busana yang seharusnya menjadi alat ibadah justru dapat mengundang gairah ataupun fantasi seksual pada pendeirta fetish ini.

Macam-Macam Fetish

Setiap orang memiliki objek fetish yang berbeda-beda, dari objek-objek yang umum hingga yang tidak masuk akal. Berikut ini merupakan beberapa macam fetish yang mungkin dijumpai di masyarakat.

1. Fetish Role-Playing

Fantasi seksual seseorang dengan fetish role-playing biasanya menyukai pasangannya ketika memainkan berbagai peran. Misalnya ketika seseorang lebih bergairah ketika pasangannya bermain peran dengan dunia medis seperti dokter atau suster.

Jenis fetish ini cukup umum dijumpai karena dapat disebabkan oleh kegemaran visual. Misalnya penggemar anime, maka gairah seksualnya mungkin saja meningkat saat pasangan berdandan seperti tokoh anime favoritnya.

2. Foot Fetish

Kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang memiliki daya tarik seksual bagi beberapa orang. Foot fetish merupakan gangguan seksual yang sering ditemui ketika seseorang lebih menyukai hubungan seksual yang dimulai dari memijat ataupun menghirup bau kaki.

Selain itu, foot fetish juga dapat berhubungan dengan alas kaki. Beberapa penderita fetish ini memiliki gairah seksual tinggi ketika pasangannya mengenakan sepatu hak tinggi misalnya.

3. Submission and Domination

Selanjutnya, ada juga gangguan seksual atau fetish yang terobsesi pada cara-cara yang melibatkan adrenalin. Misalnya adalah penggunaan borgol atau cambuk saat berhubungan seksual.

Fetish jenis ini merupakan gangguan seksual yang sering dialami oleh seseorang dengan trauma pelecehan seksual ataupun dipengaruhi kebiasaan orang terdekat.

4. Voyeurism

Pernahkah Anda mendengar bahwa seseorang memiliki gairah seksual apabila ada seseorang yang menonton ketika berhubungan intim? Voyeurism ini merupakan salah satu jenis fetish yang juga umum ditemui di masyarakat.

Penderita fetish ini biasanya memiliki fantasi yang diluar nalar ataupun kenikmatan seksual ketika menonton orang lain telanjang ataupun dirinya sendiri yang ditonton oleh orang lain.

5. Trichophilia

Selain kaki, rambut juga menjadi salah satu bagian tubuh yang sering dijadikan objek fetish seseorang. Misalnya ketika gairah perempuan meningkat melihat pasangannya berkumis, berjenggot ataupun berbulu dada.

Kemudian, fetish ini juga dapat dipengaruhi oleh kontak langsung terhadap rambut. Contohnya ketika seorang laki-laki lebih bergairah untuk hubungan seksual bersama pasangan dengan rambut terurai panjang ataupun cepol tidak teratur.

Tidak hanya kontak langsung, trichophilia atau fetish rambut ini juga membuat penderitanya terobsesi, bergairah dan berfantasi hanya dengan melihat objek rambut tersebut.

6. Agalmatophilia

Salah satu fetish aneh yang memiliki objek seksual benda mati adalah agalmathophilia. Penderita fetish ini memiliki gairah seksual terhadap objek-objek seperti patung, boneka ataupun mannequin.

Jenis fetish ini mungkin saja dialami oleh seseorang yang memiliki fantasi seksual terlalu tinggi sehingga objeknya bukan lagi manusia, tetapi benda mati seperti boneka. 

Agalmatophilia sendiri sudah banyak ditemukan dan menjadi alasan mengapa beberapa negara menciptakan boneka seks.

Cara Mengatasi Fetish

Gangguan seksual fetish dipengaruhi oleh frekuensi dorongan ataupun perilaku seseorang dalam menjalani kehidupannya. Hal ini membuat pengobatan fetish menjadi sulit dilakukan dan efektinya berjalan untuk jangka panjang.

Fetish sendiri biasanya akan lebih disarankan untuk melakukan konseling pribadi bersama ahli psikologi dibandingkan penanganan medis. Dengan melakukan konseling, penderita fetish akan lebih dipengaruhi dari sisi psikologis untuk menekan obsesi seksualnya.

Beberapa obat juga mungkin saja diresepkan untuk penderita fetish guna mengurangi pemikiran kompulsif. Tentu saja, obat-obatan tersebut tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan dan harus berdasarkan hasil konsultasi bersama dokter ataupun psikolog.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai apa itu fetish beserta gejala, macam-macam dan juga cara mengatasinya yang perlu Anda ketahui. Fetish merupakan gangguan seksual yang sering tidak disadari, tetapi memiliki efek negatif pada tubuh Anda.

Apabila fetish semakin membuat Anda terganggu bahkan juga orang-orang sekitar, segera periksakan pada ahli kejiwaan ataupun medis terkait. Apabila dibiarkan, fetish yang parah dapat membuat kesehatan mental terganggu.

Butuh obat ataupun vitamin? Tidak perlu menerjang hujan, panas ataupun macet di jalan, pesan di K24Klik jadi solusi praktis untuk Anda.

K24Klik siap melayani 24 jam nonstop, dimanapun dengan jaminan produk 100% asli. Tidak hanya itu, kami juga memiliki beragam penawaran menarik khusus untuk Anda terutama pembelian pertama.

Tungguh apalagi? Yuk unduh aplikasi K24Klik di Play Store ataupun App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.webmd.com/sex-relationships/features/sexual-fetish diakses pada 26 Januari 2024