Apa itu Eksim? Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

apa itu eksim penyebab gejala dan pengobatan

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Eksim adalah gangguan pada kulit yang menyebabkan ruam kemerahan, gatal, bersisik hingga membengkak. Penyakit kulit ini juga sering disebut sebagai dermatitis atopik.

Penyakit kulit dermatitis atopik atau eksim sendiri biasanya dapat dikenali ketika muncul rasa gatal terus-menerus dan juga ruam kemerahan pada kulit. Eksim dapat menyerang segala usia, baik anak-anak ataupun dewasa.

Meskipun bukan penyakit yang menular, eksim sendiri dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Terlebih lagi, eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang sering dialami dalam jangka panjang dan dapat kambuh kembali di lain waktu.

Eksim pada setiap orang terlihat berbeda-beda, tergantung penyebab dan keparahan. Ruam akibat eksim pada kulit biasanya akan tampak berwarna ungu, coklat maupun abu-abu. Pada orang dengan kulit cerah, eksim dapat berwarna merah ataupun merah muda.

Baca juga: 12 Obat Eksim di Apotik Paling Ampuh

Penyebab Eksim

Mayoritas orang mengalami eksim ketika berinteraksi dengan bahan-bahan kimia asing seperti deterjen. Namun, banyak juga penyebab lain dari eksim yang perlu untuk diketahui.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda mungkin dapat menjadi lebih waspada pada kemungkinan menderita eksim dan juga mencegahnya. Berikut ini merupakan beragam penyebab eksim secara umum yang perlu Anda ketahui.

1. Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika kulit berinteraksi langsung dengan bahan asing terutama zat kimia biasanya dapat menyebabkan iritasi. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan pada tubuh Anda mengenali interaksi bahan asing tersebut sebagai bakteri atau virus yang membahayakan.

Bahan asing atau alergen ini dapat memicu sistem kekebalan Anda untuk menciptakan pertahanan secara alami seperti peradangan. Nah, peradangan inilah yang pada akhirnya menjadi penyebab eksim pada kulit Anda.

2. Genetik

Apakah Anda memiliki riwayat eksim ataupun dermatitis di keluarga? Jika iya, maka resiko mengalami eksim menjadi lebih tinggi. Terutama apabila Anda juga memiliki riwayat alergi terhadap beberapa alergen seperti bulu hewan peliharaan dan juga makanan seafood.

obat alergi gatal eksim histaklor

Beli Histaklor Klik di Sini

3. Lingkungan Sekitar

Tidak hanya faktor-faktor internal, penyebab eksim juga dapat berasal dari faktor eksternal seperti lingkungan sekitar Anda. Terdapat beberapa kondisi di lingkungan yang dapat menjadi pemicu iritasi kulit.

Beberapa kondisi tersebut misalnya paparan asap yang berlebihan, polusi udara, kelembapan rendah atau kualitas udara kering dan lain sebagainya.

4. Kesehatan Mental

Meskipun eksim merupakan penyakit fisik, namun kondisi emosional atau kesehatan mental Anda juga dapat berpengaruh. Ketika Anda memiliki tingkat stress yang tinggi, resiko mengalami gejala eksim akan meningkat dan intensitasnya menjadi sering.

5. Perubahan Hormon

Eksim juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon seseorang. Ketika seseorang tengah hamil atau berada dalam siklus menstruasi, kemungkinan mengalami gejala eksim pun akan meningkat.

6. Alergen

Apakah Anda memiliki riwayat alergi terhadap beberapa hal ataupun makanan? Ketika sering berinteraksi dengan alergen, bukan tidak mungkin Anda dapat mengalami beragam gejala eksim.

Anda mungkin perlu menghindari beberapa alergen seperti tungau debu, bulu hewan peliharaan, makanan mengandung alergen. Beragam contoh makanan mengandung alergen adalah produk susu, telur, kacang-kacangan, seafood dan lain sebagainya.

Pada beberapa kondisi eksim yang telah parah, penyebabnya mungkin saja jauh lebih beragam dan Anda perlu untuk mengenalinya dengan segera. Konsultasi bersama dokter kulit mungkin dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda.

pelembap untuk eksim noroid soothing cream

Beli Noroid Soothing Cream Klik di Sini

Gejala Eksim

Lalu, bagaimana Anda dapat mengenali gangguan pada kulit Anda sebagai eksim? Berikut ini merupakan beragam gejala eksim yang perlu untuk diperhatikan.

  • Kulit kering
  • Gatal terus-menerus
  • Timbulnya ruam kemerahan pada kulit
  • Benjolan pada kulit yang iritasi
  • Adanya bercak kulit yang tebal dan juga kasar
  • Kulit bersisik, terkelupas ataupun berkerak
  • Terjadi pembengkakkan pada beberapa bagian kulit

Gejala-gejala eksim tersebut bisa saja menyerang di berbagai bagian kulit manapun. Namun, beberapa bagian yang umum terlihat gejala eksim adalah sebagai berikut ini.

  • Tangan dan siku
  • Leher
  • Pergelangan kaki
  • Lutut
  • Wajah
  • Sekitar telinga
  • Bibir
salep obat eksim forderm cream

Beli Forderm Cream Klik di Sini

Cara Mengatasi Eksim

Terdapat beberapa perawatan yang dapat menjadi cara ampuh dalam mengatasi eksim. Namun, Anda akan lebih disarankan untuk memeriksakan kondisi kulit pada dokter ahli terlebih dahulu guna mendapatkan penanganan terbaik pada eksim.

Berikut ini merupakan beberapa cara mengatasi eksim yang dapat Anda coba lakukan.

  • Cobalah untuk menggunakan pelembab kulit yang cocok untuk melembutkan dan juga mengatasi kulit kering. Salah satu pelembab yang dapat Anda gunakan adalah Noroid Soothing Cream.
  • Oleskan obat topikal yang telah disarankan oleh dokter langsung ke kulit Anda, misalnya adalah Forderm Cream dengan kandungan clobetasol pripionate.
  • Mengonsumsi obat oral yang dapat meringankan rasa gatal dan juga bengkak saat eksim. Antiinflamasi, antihistamin ataupun kortikostreoid seperti Histaklor menjadi rekomendasi obat oral yang ampuh untuk meredakan gejala eksim.
  • Usahakan untuk meminimalisir ataupun menghindari interaksi alergen yang dapat menjadi pemicu kambuhnya gejala eksim.
  • Gunakan pakaian berbahan katun karena beberapa bahan seperti wol ataupun kain sintetis dapat membuat kulit mudah teriritasi.
  • Pastikan untuk menjaga suhu ruangan dengan baik agar tidak terlalu lembap ataupun terlalu tering.
  • Dapat menjadi salah satu pemicu eksim, cobalah untuk memanfaatkan deterjen yang aman digunakan pada kulit sensitif.
  • Cobalah beberapa terapi kulit yang cocok untuk mengatasi eksim seperti terapi cahaya.

Kondisi Eksim yang Perlu Penanganan Dokter

Meski sudah mencoba beberapa perawatan rumahan, eksim yang telah terlanjur parah biasanya akan sulit untuk diatasi. Anda perlu untuk segera memeriksakannya pada dokter ahli untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk memeriksakan kondisi eksim pada dokter? Berikut ini merupakan beberapa kondisi yang perlu Anda waspadai ketika menderita eksim.

  • Mulai terlihat tanda-tanda mengalami infeksi, seperti demam, kulit kemerahan dengan sensasi terbakar, nanah ataupun lecet.
  • Eksim terlihat semakin memburuk bahkan setelah diolesi pelembab sekalipun.
  • Perawatan di rumah sama sekali tidak menunjukkan pemulihan yang baik dari eksim.
  • Eksim yang mulai mengganggu aktivitas harian Anda bahkan membuat kesulitan tidur.
  • Area kulit yang terkena eksim terasa sakit, perih yang cukup mengganggu.

Nah, itulah tadi informasi lengkap mengenai apa itu eksim beserta penyebab, gejala dan cara mengatasinya yang perlu untuk Anda ketahui. Perlu diwaspadai bahwa eksim dapat menjadi penyakit kulit serius apabila tidak ditangani dengan tepat.

Jadi, pastikan untuk segera mendapatkanan perawatan medis terbaik ketika eksim mulai terlihat semakin parah dan tidak kunjung membaik. Anda juga perlu menghindari beberapa pemicu eksim untuk mempercepat proses pemulihan.

Butuh konsultasi dokter sekaligus beli obat? Anti ribet, K24Klik dapat menjadi solusi praktis untuk Anda!

Kami menyediakan layanan Telemedicine untuk membuat Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli terbaik kami, mendapatkan resep dan membeli obat langsung dalam satu genggaman.

Unduh segera aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store, kami siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman obat 1 jam sampai. Tunggu apalagi? Yuk rasakan manfaatnya sekarang juga.

Referensi:

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9998-eczema diakses pada 18 Januari 2024