Cefixime Trihydrate Obat Apa? Manfaat, Dosis dan Efek Samping

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cefixime trihydrate obat apa_manfaat dosis efek samping

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Cefixime trihydrate adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri pada tubuh. Antibiotik ini biasa dimanfaatkan untuk melawan infeksi bakteri saluran pernapasan, tenggorokan hingga infeksi saluran kemih.

Obat cefixime trihydrate merupakan salah satu antibiotik yang ampuh melawan bakteri penyebab infeksi pada tubuh. Termasuk dalam golongan antibiotik sefalosporin, cefixime biasa digunakan untuk mengobati pneumonia, infeksi kulit, gonore dan juga infeksi THT.

Perlu diketahui bahwa obat antibiotik ini termasuk dalam golongan obat keras yang memerlukan resep dokter untuk mendapatkannya. Cefixime trihydrate sendiri tersedia dalam jenis obat kaplet, kapsul dan juga sirup kering.

Baca juga: 15 Obat Antibiotik di Apotik yang Bagus

Manfaat Obat Cefixime Trihydrate

Bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus membunuhnya, terdapat beberapa manfaat ampuh dari antibiotik cefixime trihydrate. Selama dikonsumsi sesuai dosis anjuran, efektivitas antibiotik ini akan tetap optimal.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat obat cefixime trihydrate yang perlu Anda ketahui.

  • Bantu mengatasi infeksi saluran pernapasan yang menyerang faring, laring, sinus dan juga hidung.
  • Meredakan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi pada telinga, hidung dan tenggorokan.
  • Mengobati pneumonia atau peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi.
  • Mengatasi infeksi saluran kemih seperti gonore.
  • Bantu mengobati radang amandel

Penggunaan antibiotik cefixime trihydrate untuk penanganan infeksi bakteri lainnya mungkin saja dilakukan, tentunya atas hasil konsultasi dokter ahli. Jangan pernah mengurangi ataupun menambah dosis penggunaan antibiotik, tanpa petunjuk dokter.

Jenis Cefixime Trihydrate

Disesuaikan dengan kebutuhan dan juga usia pasien, terdapat beberapa jenis cefixime trihydrate yang tersedia di apotek. Mulai dari cefixime jenis kapsul, kaplet dan juga sirup kering.

a) Cefixime Kaplet

obat cefixime hexpharm 200mg kaplet

Beli Cefixime Hexpharm 200mg Klik di Sini

Salah satu jenis obat cefixime trihydrate yang paling sering diresepkan adalah kaplet. Anda dapat memanfaatkan Cefixime Hexpharm 200mg untuk dewasa dan juga anak-anak.

Dikemas dalam bentuk kaplet selaput, cefixime jenis ini biasanya tersedia dalam takaran dosis 200mg. Aturan pemakaian disesuaikan dengan anjuran dokter.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/strip

obat cefixime cefacef 200mg kaplet

Beli Cefixime Hexpharm 200mg Klik di Sini

Selain versi generik, Cefacef 200mg Fc Kaplet merupakan versi paten dari cefixime yang dapat Anda manfaatkan. Takaran dosis cefixime paten ini juga sama dengan generiknya yaitu 200mg.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/tablet

b) Cefixime Kapsul

obat cefixime novell kapsul

Beli Cefixime Novell 100mg Klik di Sini

Obat antibiotik cefixime trihydrate juga dikemas dalam versi kapsul. Takaran dosis yang biasa tersedia adalah 100mg dan juga 200mg.

Anda dapat menggunakan Cefixime Novell 100mg sesudah makan sesuai dengan dosis anjuran untuk mengatasi infeksi pada tubuh.

Kisaran harga: Rp 33 ribu/strip

obat cefixime kapsul cefila

Beli Cefila 200mg 200mg Klik di Sini

Tidak hanya cefixime kapsul versi generik, Anda juga dapat menggunakan versi patennya seperti Cefila 200mg Kapsul. Antibiotik produksi dari Lapi ini memiliki juga menyediakan dosis 100mg dan 200mg per kapsulnya.

Kisaran harga: Rp 42 ribu/kapsul

c) Cefixime Sirup Kering

obat cefixime bernofarm dry syrup

Beli Cefixime Bernofarm Dry Sirup Klik di Sini

Pada beberapa kondisi infeksi dan juga kemudahan konsumsi untuk pasien, jenis obat sirup pun menjadi andalannya. Anda dapat memanfaatkan Cefixime Bernofarm 100mg/5ml Dry Sirup.

Kisaran harga: Rp 51 ribu/botol

obat cefixime cefspan dry syrup

Beli Cefspan Dry Sirup Klik di Sini

Untuk versi patennya, ada Cefspan Dry Sirup 30ml 100mg/5ml. Untuk melarutkan obat jenis sirup kering, Anda perlu mengetahui komposisi yang tepat. Anda dapat langsung meminta dilarutkan sekaligus pada apoteker saat mendapatkan obat cefixime.

Kisaran harga: Rp 190 ribu/botol

Dosis dan Aturan Pakai Cefixime Trihydrate

Penggunaan obat cefixime trihydrate sendiri disesuaikan dengan kebutuhan dan juga usia dari pasien. Berikut ini merupakan dosis dan aturan pakai cefixime trihydrate untuk pengobatan infeksi pada tubuh.

a) Infeksi

  • Dewasa dan anak usia lebih dari 12 tahun atau dengan berat badan lebih dari 30kg: 2 kali sehari, takaran dosis tiap kali minum 50-100mg sehari.
  • Anak-anak dengan berat badan kurang dari 30kg: 1,5-3 mg/kg BB tiap kali konsumsi untuk 2 kali dalam sehari.

b) Infeksi Berat

  • Peningkatan dosis dari infeksi biasa yaitu 2 kali sehari dengan dosis 200mg tiap kali konsumsi.

c) Gonore

  • Cefixime trihydrate dapat dikonsumsi 400mg sebagai dosis tunggal sekali sehari.

d) Demam Tiphoid

  • Anak-anak: 10-15mg/kgBB setiap harinya dengan aturan pakai yang dianjurkan selama 2 pekan.

Peringatan Tentang Cefixime Trihydrate

Antibiotik cefixime trihydrate sendiri tidak dapat digunakan secara sembarangan, harus berdasarkan pertimbangan dan sesuai resep dokter. Terdapat beberapa kondisi yang perlu diperhatikan untuk meminimalisir gangguan kesehatan lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa peringatan mengenai penggunaan cefixime trihydrate yang perlu Anda ketahui.

  • Adanya kemungkinan terjadi reaksi alergi silang ketika dikonsumsi oleh orang yang hipersensitif terhadap kandungan obat penicillin.
  • Penyesuaian dosis perlu dilakukan dengan riwayat masalah kesehatan yaitu menurunnya fungsi ginjal.
  • Penggunaan jangka panjang berpotensi menyebabkan pertumbuhan berlebihan dari organisme yang resisten.
  • Potensi terjadinya interaksi obat apabila dikonsumsi dengan suplemen ataupun berbagai produk herbal mungkin saja terjadi. Jadi, pastikan untuk memberitahukan penggunaan obat-obatan lainnya saat berkonsultasi pada dokter ahli.

Salah satu interaksi antar obat yang mungkin terjadi adalah antara cefixime trihydrate dengan warfarin. Penggunaan dua obat ini secara bersamaan dapat meningkatkan efek dari warfarin.

Kemudian, penggunaan bersama dengan obat probenecid juga dapat meningkatkan efek dari cefixime.

Efek Samping dan Bahaya Cefixime Trihydrate

Ada beberapa efek samping dari penggunaan cefixime trihydrate yang mungkin dialami oleh beberapa orang. Apabila masih dalam skala ringan, efek samping masih bisa dianggap tidak membahayakan.

Namun, jika Anda merasa efek samping terasa semakin parah maka harus segera hentikan pemakaian cefixime dan konsultasi pada dokter ahli.

Sedangkan beberapa efek samping serius yang perlu penanganan dokter segera adalah sebagai berikut ini.

  • Urine berwarna gelap
  • Sakit perut parah
  • Gejala infeksi baru seperti sakit tenggorokan dan demam

Cefixime Trihydrate untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Penggunaan obat-obatan pada ibu hamil dan menyusui sangatlah tidak disarankan kecuali dalam kondisi khusus dan atas pertimbangan dokter ahli. Namun, cefixime trihydrate sendiri merupakan salah satu antibiotik dengan kategori B untuk ibu hamil dan menyusui.

Artinya, obat ini masih dalam kategori aman untuk digunakan pada kondisi hamil dan menyusui. Namun tentu saja penggunaan obat yang tepat adalah ketika memiliki manfaat lebih besar dibandingkan resikonya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai cefixime trihydrate obat apa beserta manfaat, dosis dan juga efek sampingnya yang perlu Anda ketahui. Untuk mendapatkan penanganan infeksi terbaik, jangan ragu untuk memeriksakannya pada dokter ahli.

Sakit tiba-tiba dan butuh obat segera tanpa perlu membeli langsung di apotik? K24Klik siap jadi andalan Anda!

Dapatkan aplikasi kami di Play Store dan juga App Store, rasakan manfaat hidup jadi lebih praktis bersama K24Klik. Kami siap menjamin layanan pengiriman 1 jam sampai dengan produk 100% asli!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/cefixime-oral-route/description/drg-20073374#:~:text=Cefixime%20is%20used%20to%20treat,bacteria%20or%20preventing%20their%20growth diakses pada 23 November 2023

https://reference.medscape.com/drug/suprax-cefixime-342503 diakses pada 24 November 2023