Cara Pakai Ventolin Inhaler untuk Mengobati Penyakit Asma

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-cara-pakai-ventolin-inhaler-yang-benar
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Menderita gangguan penyakit asma menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai bagi sebagian besar orang. Terlebih lagi, penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Oleh karena itu, penderita gangguan kesehatan ini wajib tahu bagaimana cara pakai ventolin inhaler untuk mengobati penyakit asma.

Berbicara soal asma, Anda tentu pernah mengetahui alat bantu pernapasan penyakit asma bernama inhaler, bukan? Ya, alat ini umumnya digunakan untuk membantu penderita ketika mengalami kondisi kesulitan bernapas sewaktu – waktu.

Namun, tahukah Anda mengenai bagaimana cara menggunakan inhaler yang tepat sesuai aturan? Jika Anda penasaran mengenai tips menggunakan alat tersebut, bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.   

Apa yang dimaksud inhaler asma?

Sebelum membahas mengenai cara pakai ventolin inhaler, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu definisi dari inhaler asma.

Umumnya, inhaler merupakan suatu alat yang dilengkapi tabung kecil berisi obat tertentu yang nantinya akan dimasukkan ke dalam badan penyemprot kecil dengan corong di ujungnya.

Dengan corong ini, maka obat akan langsung disalurkan melalui sistem pernapasan penderita asma. Dengan bentuknya yang lebih ringan dan ringkas, membuat alat ini lebih praktis dan mudah dibawa kemana pun oleh penderita.

Jenis – jenis inhaler yang dijual di pasaran

Secara umum, alat bantu inhaler yang dijual di pasaran memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan bentuk alat dan jenis obatnya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan singkatnya di bawah ini.

  • Jenis inhaler berdasarkan bentuk alatnya 
  • Inhaler dosis terukur : menggunakan propelan kimia dalam membantu mendorong keluarnya obat dari corong plastik
  • Inhaler serbuk kering : berbentuk serbuk kering dan lebih mudah digunakan bagi penderita.

Dalam memilih jenis inhaler yang ada di pasaran, Anda perlu memperhatikan beberapa hal antara lain seperti jenis obat asma yang diperlukan, cara kerja inhaler maupun mengenai kondisi kesehatan tubuh diri sendiri. Meski demikian, Anda juga perlu berkonsultasi kepada dokter mengenai jenis dan cara menggunakan inhaler yang tepat. 

Bagaimana cara menggunakan inhaler asma yang tepat?

Untuk mengetahui penggunaan inhaler secara tepat sesuai anjuran, Anda bisa memperhatikan langkah – langkah seperti berikut ini :

  • Usahakan memberi jeda waktu tertentu ketika menggunakan inhaler dalam satu isapan dosis
  • Hindari menarik dan membuang napas terlalu cepat ketika melakukan isapan napas
  • Usahakan posisi duduk dalam keadaan tegak atau berdiri ketika menggunakan inhaler
  • Sebelum menghirupnya, usahakan untuk mengocok inhaler terlebih dahulu
  • Setelah itu, tarik napas ketika Anda menekan inhaler tersebut
  • Kemudian, tarik napas selama beberapa detik usai menghirupnya. 

Hampir sama dengan inhaler pada umumnya, ketika Anda menggunakan inhaler vicks juga dapat dilakukan dengan mengarahkan posisi duduk tegak, kemudian menghirup dalam – dalam alat tersebut melalui tiap lubang hidung. Sehingga, pernapasan akan terasa lebih lega dan sejuk. 

Efek samping ventolin inhaler

Setelah mengetahui cara menggunakan inhaler di atas, Anda juga perlu untuk mengetahui apa bahaya penggunaan ventolin inhaler bagi kesehatan penderita asma. Mengingat ventolin ini termasuk jenis obat keras, maka besar kemungkinan penderita akan mengalami beberapa kondisi seperti berikut ini :

  • Sakit kepala 
  • Tremor (gemetar yang terjadi pada tubuh)
  • Takikardia (jantung berdegup lebih cepat dari biasanya)

Berapa kisaran harga inhaler asma?

Umumnya, kisaran harga inhaler yang dijual di pasaran berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung dari jenis obat, bentuk alat inhaler maupun penetapan harga toko tersebut.