Kenali Penyebab dan Pencegahan Penyakit Asma Sejak Dini

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-penyebab-penyakit-asma
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Bagi seseorang yang menderita penyakit asma, tentu akan sangat membutuhkan alat bantuan tertentu untuk meredakan sesak dalam sistem saluran pernapasan, bukan? Nah, hal ini tentunya sangat penting agar sesak napas yang dialami tidak memperparah kondisi kesehatan tubuh.

Terlepas dari hal tersebut, Anda juga perlu untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyebab dan pencegahan penyakit ini sejak dini untuk meminimalisir terjadinya risiko yang dialami nantinya. 

Definisi Penyakit Asma

Secara umum, asma merupakan suatu penyakit yang terjadi karena disebabkan oleh penyempitan pada saluran pernapasan hingga membuat penderita sering kali mengalami sesak napas dalam waktu tertentu.

Biasanya, kondisi ini diakibatkan oleh bakteri yang berasal dari debu yang ada di tempat – tempat tertentu seperti perkakas rumah, kamar tidur dan lain – lain.

Asma biasanya dapat muncul secara mendadak dan umum terjadi secara berulang – ulang. Sebagai salah satu upaya untuk menghindari pemicu asma kambuh, penderita harus selalu menjaga kesehatan dan menyediakan bantuan alat pernapasan untuk asma.

Apakah Penyakit Asma Menular?

Jika Anda bertanya mengenai apakah asma dapat menular kepada orang lain di sekitarnya, maka jawabannya adalah tidak sama sekali.

Hal ini lantaran penyakit ini tidak disebabkan oleh adanya virus, jamur maupun bakteri yang berpotensi menularkan kepada orang lain. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir jika melakukan interaksi dengan penderita asma. 

Bagaimana Diagnosa Penyakit Asma?

Dalam mendiagnosa asma, dokter biasanya akan melakukan beberapa tes kepada seseorang yang kemungkinan menderita penyakit ini. Nah, tes yang dilakukan ini antara lain dengan cara seperti berikut ini :

  • Memberi suntikan beberapa alergen serta mengukur besarnya benjolan merah yang muncul setelah menunggu sekitar 20 menit
  • Melakukan tes darah IgE atau sIgE (kadar antibodi imunogglobulin E) pada seseorang. 

Dengan kedua cara tersebut, maka dokter dapat mendiagnosa kemungkinan seseorang mengidap penyakit gangguan pernafasan ini sejak dini.

k24klik-pencegahan-penyakit-asma
Pencegahan penyakit asma (First Aid for Life)

Apa Penyebab Penyakit Asma?

Penyakit asma umumnya disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi saluran pernapasan seseorang. Adapun faktor – faktor tersebut antara lain seperti debu, bulu binatang, aktivitas fisik, asap rokok, udara dingin dan lain – lain.

Berbeda dengan orang normal pada umumnya, penderita asma biasanya memiliki saluran pernapasan yang lebih rentan dan cenderung sensitif.

Hal ini terjadi lantaran paru – paru yang terkena iritasi tertentu nantinya dapat mengakibatkan penderita mengalami kesulitan bernapas. Meski demikian, Anda perlu mewaspadai lantaran penyakit ini bersifat kronik (menahun) bagi penderita.   

Gejala-Gejala Umum Penyakit Asma 

Penyakit gangguan pernafasan inibiasanya akan menunjukkan beberapa gejala umum bagi penderita, diantaranya seperti berikut ini:

  • Penderita akan mengalami sesak di bagian dada
  • Penderita sering kali merasa kesulitan saat bernapas
  • Penderita akan mengalami batuk – batuk baik pada siang maupun malam hari
  • Sering kali terdengar mengi ketika penderita bernapas
  • Mudah kambuh ketika terjadi pemicu alergi.

Bagaimana Cara Pencegahan Penyakit Asma 

Sebagai upaya untuk melakukan pencegahan pada penyakit ini, maka Anda perlu melakukan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Selalu mengikuti anjuran dokter mengenai perencanaan penanganan asma sejak dini
  • Usahakan untuk mengenali dan menghindari faktor – faktor pemicu terjadinya asma
  • Memilih pengobatan yang tepat dalam menangani gangguan pernafasan ini
  • Teratur dalam menggunakan obat – obatan tertentu sesuai anjuran dari dokter
  • Usahakan untuk selalu memonitoring sistem saluran pernapasan.