8 Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara menurunkan berat badan setelah lebaran

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Terdapat beragam cara menurunkan berat badan setelah lebaran termasuk mengonsumsi suplemen seperti Merit dan Flimty Blackcurrant.

Berat badan naik usai lebaran menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami oleh banyak orang. Untuk menghindari beragam resiko penyakit sekaligus menjaga penampilan, Anda mungkin perlu mengetahui bagaimana cara menurunkan berat badan setelah lebaran.

Kenaikan berat badan ini sebenarnya menjadi hal yang wajar karena pada masa-masa lebaran biasanya banyak orang akan mengonsumsi makanan manis, bersantan atau tinggi lemak.

Padahal, berat badan yang naik akibat lemak berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit-penyakit kronis. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda mencoba melakukan beragam cara menurunkan berat badan atau diet dengan sehat.

Baca juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Diet atau menurunkan berat badan bukan berarti harus melakukan cara-cara ekstrem seperti tidak makan nasi sama sekali. Cara penurunan berat badan yang ekstrem justru juga dapat membuat tubuh Anda lemas, imunitas menurun hingga rentan sakit.

Tetap mengutamakan kesehatan dan mendapatkan hasil yang perlahan tapi pasti merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat diet. Berikut ini merupakan beragam cara menurunkan berat badan setelah lebaran yang dapat Anda coba lakukan.

1. Olahraga Rutin

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik paling ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga membantu upaya penurunan berat badan. Aktivitas fisik seperti jalan cepat, lari, renang dan lompat tali dapat membantu pembakaran kalori ideal.

Tidak perlu memaksakan diri menjalankan olahraga dalam waktu yang lama, 30 menit setiap 4-5 kali dalam seminggu sudah cukup.

2. Pola Makan Teratur

Saat lebaran, biasanya Anda memiliki pola makan yang berantakan dan tidak terkontrol. Hal ini membuat 

Nah untuk menurunkan berat badan, Anda perlu untuk mengatur pola makan mulai dari menetapkan jadwal makan berat dan juga makan camilan di waktu yang sama setiap harinya.

Dengan menerapkan pola makan yang teratur, keinginan untuk makan secara terus-menerus dapat dihindari.

3. Konsumsi Serat 

Salah satu nutrisi sehat yang dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan adalah serat. Meskipun tidak membantu pembakaran lemak secara instan, serat dapat membuat Anda merasa lebih kenyang tanpa perlu menambah kalori makanan.

Mengonsumsi serat dapat mencegah rasa cepat lapar dan keinginan Anda untuk makan berlebihan.

Selain itu, serat juga bekerja efektif dalam menurunkan kadar kolesterol usai banyak menyantap makanan tinggi lemak saat lebaran.

4. Atur Asupan Gula dan Garam

Makanan tinggi gula ataupun garam dapat membuat penumpukan air di dalam tubuh pemicu berat badan naik. Jadi, pastikan untuk mengatur hingga membatasi asupan gula dan garam saat ingin menurunkan berat badan.

5. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Bukan hanya mencegah dehidrasi, mengonsumsi air putih yang cukup dapat meningkatkan metabolisme tubuh dalam membakar lemak. Jadi, pastikan untuk mencoba memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari.

6. Istirahat yang Cukup

Tahukah Anda bahwa ternyata tidur dapat memengaruhi kenaikan ataupun penurunan berat badan? Kurang tidur dapat berdampak pada hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang yaitu ghrelin dan leptin.

Dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, dapat memengaruhi tubuh Anda untuk tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan dan membuat upaya penurunan berat badan sia-sia.

Seseorang dianjurkan untuk memiliki waktu tidur setidaknya 5-6 jam dalam sehari untuk menjaga metabolisme tubuh.

7. Mengonsumsi Probiotik

Kesehatan pencernaan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam upaya menurunkan berat badan setelah lebaran. Untuk itu, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi probiotik yang merupakan mikroorganisme baik untuk pencernaan.

probiotik menurunkan berat badan yakult light

Beli Yakult Light Klik di Sini

Beberapa minuman dengan kandungan probiotik saat ini telah banyak tersedia di apotek, misalnya adalah Yakult Light dengan kadar gula rendah dan kaya manfaat.

8. Menjalani Intermittent Fasting

Ingin menurunkan berat badan lebih cepat? Salah satu cara ampuh untuk mencapai tujuan tersebut adalah menerapkan intermittent fasting. Metode ini paling sering digunakan untuk diet yang aman untuk tubuh.

Cara melakukan intermittent fasting adalah memberikan jeda waktu untuk mengonsumsi makanan dan minuman, namun bebas mengonsumsi air putih. Misalnya adalah mengatur waktu 8 jam untuk makan dan minum, kemudian 16 jam sisanya berpuasa.

Rekomendasi Suplemen untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak cukup hanya dengan berolahraga rutin ataupun mengonsumsi makanan sehat, Anda juga dapat memanfaatkan beragam suplemen yang tersedia di apotik. Mayoritas suplemen penurun berat badan juga dapat memberikan manfaat baik lainnya untuk tubuh.

Berikut ini merupakan beragam rekomendasi suplemen untuk membantu menurunkan berat badan yang dapat Anda gunakan.

1. Merit

vitamin penurun berat badan merit pil

Beli Merit Pil Klik di Sini

Salah satu suplemen pelangsing yang bekerja efektif dalam membantu penurunan berat badan adalah Merit. Manfaat dari suplemen ini adalah mengurangi lemak tubuh, melancarkan buang air besar dan juga menurunkan kadar kolesterol.

Komposisi dari suplemen ini adalah guazumae folium, rhei radix, granati fructus dan juga cortex. Produk dijamin 100% asli, Anda dapat membeli Merit di aplikasi K24Klik.

Kisaran harga: Rp 16 ribu/pcs

2. Thermolyte Maximus

menurunkan berat badan setelah lebaran thermolyte maximus

Beli Thermolyte Maximus Klik di Sini

Dengan kandungan ekstrak serat alami di dalamnya, Thermolyte Maximus dapat membantu Anda untuk melancarkan buang air besar sekaligus menurunkan berat badan.

Perlu diketahui, suplemen pelangsing ini hanya diperbolehkan untuk dewasa ataupun anak di atas usia 12 tahun sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Kisaran harga: Rp 54 ribu/pcs

3. Flimty Blackcurrant

penurun berat badan flimty blackcurrant

Beli Flimty Blackcurrant Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan Flimty Blackcurrant untuk mengatasi perut buncit dan menjaga kesehatan pencernaan. Suplemen dalam bentuk minuman serbuk ini mengandung ekstrak buah dan sayur.

Pastikan untuk mengonsumsi suplemen ini sesuai dosis yang tertera pada kemasan untuk dewasa.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/pcs

4. Herslim

cara menurunkan berat badan setelah lebaran herslim

Beli Herslim Klik di Sini

Hadir dengan rasa coklat yang lezat, Herslim merupakan serbuk minuman sereal yang bermanfaat ampuh dalam menurunkan berat badan. Kandungan vitamin dan nutrisi baik lainnya dalam minuman ini juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Jadi, tidak hanya membantu upaya penurunan berat Anda tetapi juga bekerja efektif dalam memenuhi kebutusan nutrisi harian.

Kisaran harga: Rp 290 ribu/dos

Nah, itulah tadi beragam rekomendasi cara menurunkan berat badan setelah lebaran serta suplemen pendukung yang dapat Anda coba ikuti. Untuk hasil diet terbaik, Anda juga dapat berkonsultasi pada dokter ataupun ahli gizi terlebih dahulu.

Jangan memaksakan diri untuk penurunan berat badan yang ekstrem karena dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pastikan untuk tetap mengutamakan terpenuhinya nutrisi harian.

Butuh vitamin ataupun obat? Tidak perlu repot keluar rumah, semua jadi lebih praktis bersama aplikasi obat online K24Klik!

Siap melayani Anda 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat 1 jam sampai, unduh aplikasi K24Klik di Play Store dan juga App Store sekarang juga!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/weight-loss/in-depth/weight-loss/art-20047752 diakses pada 5 April 2024