Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Cepat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

cara mengatasi perut kembung secara alami dan cepat

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Penumpukan gas membuat rasa tidak nyaman dan perut kembung. Ada beragam cara mengatasi perut kembung secara cepat baik perawatan klinis menggunakan obat ataupun herbal alami.

Perut kembung dapat memberikan sensasi tidak nyaman seperti begah atau kepenuhan, mual, kemudian juga tampilan buncit pada perut. Meski dapat sembuh dengan sendirinya, tentunya kondisi ini dapat membuat aktivitas harian menjadi tidak nyaman.

Anda perlu memahami bagaimana cara mengatasi perut kembung baik secara alami ataupun menggunakan obat kimia. Namun apabila tidak kunjung membaik, mungkin saja Anda sedang mengalami gangguan pencernaan yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Baca juga: 15 Obat Perut Kembung di Apotik yang Bagus

Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami dan Cepat

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung secara cepat? Selain penggunaan obat-obatan kimia, Anda juga dapat memanfaatkan beragam herbal bermanfaat. Berikut ini merupakan cara mengatasi perut kembung secara alami yang dapat Anda coba lakukan.

1. Kompres Air Hangat

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi perut kembung adalah melakukan kompres air hangat di bagian perut. Hal ini akan memberikan sensasi menenangkan pada perut dan  mengatasi rasa ketidaknyamanan seperti mual dan begah.

Anda cukup menggunakan kain bersih yang telah direndam dengan air hangat, kemudian gunakan untuk kompres selama 10-15 menit.

2. Hindari Minum Soda

Minuman berkarbonasi atau soda dapat membuat penumpukan gas di perut semakin parah. Hal ini dikarenakan karbon dioksida dalam soda dapat menciptakan gelembung di saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, pemanis buatan dalam soda juga memengaruhi gangguan pencernaan lainnya seperti diare. Untuk mengatasi perut kembung secara cepat, pastikan untuk menghindari konsumsi minuman soda terlebih dahulu.

3. Mengonsumsi Probiotik

Untuk melancarkan pencernaan sekaligus meredakan perut kembung, Anda dapat memanfaatkan probiotik. Apabila pencernaan lancar, gas dalam perut pun berkurang sehingga perut tidak lagi merasa kembung.

Anda dapat mengonsumsi Cimory Yoghurt Drink Mango untuk mengatasi sekaligus mencegah perut kembung. Tidak hanya itu, manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh pun sangatlah beragam seperti meningkatkan sistem imunitas dan kualitas tidur.

mengatasi perut kembung cimory yoghurt drink mango

Beli Cimory Yoghurt Drink Mango Klik di Sini

4. Menjaga Asupan Makanan Sehat

Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan perut kembung seperti brokoli, kubis dan juga asparagus. Jadi meskipun termasuk dalam sayuran sehat, tetapi mengakibatkan perut kembung apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Pastikan untuk selalu menjaga asupan makan sehat dengan gizi yang seimbang. Apabila perut kembung dan mual terjadi pada bayi, maka asupan MPASI yang perlu diperhatikan. 

Anda dapat memberikan Milna Biskuit Bayi Beras Merah sebagai salah satu MPASI dengan kandungan gizi seimbang. Makanan bayi yang satu ini sangat bermanfaat baik untuk pencernaan bayi usia 6-12 bulan.

cara mengatasi perut kembung anak milna biskuit beras merah

Beli Milna Biskuit Bayi Beras Merah Klik di Sini

5. Memberikan Pijatan Lembut pada Perut

Anda juga dapat mencoba salah satu cara alami untuk mengatasi perut kembung dengan memberikan pijatan lembut di area perut. Gunakan bantuan Baljitot Minyak Gosok untuk mendapatkan efek menghangatkan dan menenangkan.

Selain mengatasi perut kembung, melakukan pijatan lembut pada perut juga dapat mengatasi rasa sakit ataupun nyeri pada tubuh.

obat perut kembung alami baljitot minyak gosok

Beli Baljitot Minyak Gosok Klik di Sini

6. Menghindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat dicerna dengan baik di perut. Lamanya proses pencernaan ini dapat memicu produksi gas di dalam lambung semakin parah.

Oleh karena itu, Anda perlu menghindari konsumsi makanan berlemak terlebih dahulu untuk mengatasi perut kembung secara cepat.

7. Mengonsumsi Teh Peppermint

Kandungan mentol dalam peppermint dapat membantu Anda untuk meredakan sakit perut, termasuk perut kembung. Dengan rutin mengonsumsi teh peppermint, kesehatan pencernaan juga akan meningkat.

Anda dapat mengoleh peppermint menjadi teh dan minum selagi masih hangat. Teh peppermint juga dapat memberikan efek menenangkan

8. Jahe Hangat

Ketika perut kembung, Anda biasanya akan merasa mual dan muntah hingga diare. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk meredakan berbagai gangguan pencernaan tersebut? Minuman jahe hangat merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk Anda.

Anda dapat membuat jahe hangat sendiri atau mengonsumsi Iboe Herbal Drink Sari Jahe. Apabila dikonsumsi secara rutin, jahe hangat juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

atasi perut kembung iboe natural jahe herbal drink

Beli Iboe Natural Drink Jahe Klik di Sini

9. Menambahkan Kayu Manis ke Makanan atau Minuman

Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dalam kayu manis bermanfaat baik untuk meredakan mual dan juga kembung pada perut. Tidak hanya mengatasi perut kembung, menambahkan kayu manis ke makanan dan minuman juga dapat melancarkan pencernaan.

Saat ini, bubuk kayu manis sudah banyak tersedia baik di warung, mini market maupun super market. Anda dapat menambahkan bubuk kayu manis ke secangkir teh hangat ataupun semangkok sup.

10. Rutin Olahraga

Untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar atau dalam kondisi baik, Anda juga dapat melakukan olahraga ringan secara rutin. Dengan berolahraga, otot-otot perut akan menjadi lebih rileks sehingga ampuh untuk mengatasi perut kembung.

Tidak hanya bekerja sekedar mengatasi perut kembung, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

11. Menggunakan Essential Oil

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan essential oil untuk mengobati perut kembung. Penggunaan essential oil dapat memberikan efek menenangkan pada perut, sekaligus melancarkan pencernaan.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan essential oil.

minyak esensial atasi perut kembung pure kids

Beli Pure Kids Minyak Esensial Klik di Sini

12. Berjalan Kaki

Alih-alih merebahkan tubuh, aktivitas fisik justru dibutuhkan untuk menekan kelebihan gas di perut. Salah satu aktivitas fisik ringan yang dapat Anda lakukan adalah berjalan kaki.

Dengan berjalan kaki, pergerakan di usus pun menjadi lebih teratur sehingga perut kembung dapat teratasi dengan cepat.

13. Minum Teh Hijau Hangat

Selanjutnya, Anda juga dapat meredakan berbagai gejala perut kembung dengan mengonsumsi secangkir teh hijau yang hangat. Kaya akan antioksidan membuat teh hijau ampuh menjadi salah satu obat perut kembung alami.

Apabila dikonsumsi dalam kondisi hangat, teh hijau juga dapat memberikan sensasi menenangkan pada perut. Minuman herbal yang satu ini juga ampuh untuk membantu melancarkan pencernaan Anda.

14. Mengonsumsi Buah Pisang

Tidak hanya minuman herbal, buah juga dapat menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi perut kembung. Hal ini dikarenakan buah pisang memiliki kandungan serat dan potasium di dalamnya.

Salah satu penyebab perut kembung adalah konsumsi garam berlebih, nah kalium tinggi dalam buah pisang ini dapat menetralkan kadar garam dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah pisang secara langsung 1-2 buah dalam sehari.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi perut kembung secara alami dan juga cepat yang dapat Anda coba terapkan. Apabila kondisi tidak kunjung membaik, segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Sakit perut tiba-tiba dan tidak punya stok obat di rumah? Hanya dalam satu genggaman, K24Klik siap melayani pembelian obat online 24 jam nonstop dengan jaminan pengiriman cepat. Unduh aplikasi kami di Play Store dan juga App Store, hidup jadi lebih praktis!

Referensi:

https://www.healthline.com/health/gas-flatulence diakses pada 23 Oktober 2023