Baca Tips Berikut dan “Say Goodbye” untuk Insomnia

Published by K24Klik on

mengatasi-insomniaTidur atau istirahat yang cukup, sangat diperlukan bagi tubuh setelah lelah beraktifitas seharian. Namun, terkadang tidak semua orang dapat beristirahat atau tidur dengan nyenyak. Terkadang badan sudah lelah dan menginginkan untuk segera beristirahat, tapi pikiran tidak bisa diajak bekerja sama. Sehingga yang terjadi, badan terasa dua kali lebih capek saat terbangun. Masalah lain yang dihadapi, tidak semua orang mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Orang dewasa memerlukan waktu istirahat rata-rata 6 – 8 jam perhari.

Waktu istirahat / tidur yang kurang, dapat memberikan dampak buruk dari segala aspek. Baik bagi kesehatan tubuh, kesehatan jiwa/ pikiran, dan kesehatan seksualitas. Bagaimana cara mendapatkan waktu istirahat / tidur yang cukup dan berkualitas?

 

coffe-time-noCek tips di bawah ini :

 

  1. Membatasi konsumsi kafein dan batasi nikotin

Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein sebelum tidur, seperti kopi, setidaknya empat sampai enam jam sebelum waktu tidur. Begitu juga dengan nikotin, sama seperti kafein, nikotin dapat membuat Anda terjaga. Hindari kebiasaan merokok sebelum tidur.

  1. Rileks sebelum tidur

Lakukan relaksasi 10 menit sebelum tidur, agar pikiran Anda rileks dan tenang. Dapat dengan membaca bacaan ringan, meditasi, mendengarkan musik instrumental, atau dengan menghirup aroma therapy.

  1. Ciptakan suasana kamar yang tenang, nyaman, dan hindari hal-hal yang menyulitkan Anda tidur

Matikan lampu, jauhkan gadget, dan matikan televisi Anda. Suasana kamar yang sunyi dan gelap, dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Jangan lupa untuk mengatur suhu AC (jika ada), pada suhu 20 – 23 derajat celcius (suhu yang ideal untuk kamar tidur), agar istirahat Anda lebih nyenyak dan nyaman.

tidur nyenyak

  1. Makan dengan porsi yang cukup dan baik bagi kesehatan

Beberapa jenis makanan berat, sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur. Karena justru dapat membuat tubuh Anda bekerja ekstra untuk mencernanya. Susu rendah lemak, alpukat, ikan tuna, telur, labu, pisang, gandum, atau sup asparagus, bisa menjadi pilihan menu yang dapat membantu tidur Anda. Selain itu, hindari pergi tidur dalam keadaan perut kosong, dapat dipastikan istirahat Anda tidak akan nyenyak. Dan hindari terlalu banyak minum air agar istirahat Anda tidak terganggu dengan keinginan buang air kecil.

  1. Hindari tidur siang yang terlalu lama, dan jauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur Anda

Tidur siang yang terlalu lama, lebih dari 1 jam per hari, dapat membuat Anda mengalami insomnia atau kesulitan tidur malam harinya. Ditambah dengan hewan peliharaan (anjing atau kucing), yang dapat membuat Anda terjaga karena gerakan mereka. Bisa dipastikan dapat mengganggu kenyamanan istirahat Anda. Oleh karenanya, jangan biarkan hewan peliharaan tidur di tempat tidur Anda.

Meski terlihat sepele, menjaga kualitas tidur merupakan hal penting yang harus diterapkan sejak dini. Karena selain merugikan diri sendiri, gangguan tidur juga dapat berdampak buruk bagi orang lain, salah satunya adalah menurunnya produktivitas kerja dan hubungan emosional dengan sesama.

 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *