Share this:

Persiapan Program Kehamilan yang Perlu Diketahui Pasutri

persiapan program kehamilan
https://www.freepik.com

Kehamilan adalah hasil usaha suami dan istri, sehingga persiapan program kehamilan harus melibatkan kedua pihak. Sobat Sehat dan pasangan harus mempersiapkan kondisi tubuh untuk menghasilkan kondisi kehamilan yang sehat. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh, baik untuk istri maupun suami.

Persiapan Program Kehamilan untuk Istri

Persiapan kehamilan bagi istri berarti menyiapkan tubuh untuk berjuang selama minimal setahun. Agar tubuh siap untuk kehamilan sehat, cara-cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Mengurangi atau memutus konsumsi substansi

Sobat Sehat harus memutus konsumsi substansi seperti alkohol, nikotin, kafein, dan obat-obatan sebelum memulai program kehamilan. Jika ada obat yang harus terus dikonsumsi, temui dokter atau konsultasi lewat live chat K24Klik.com.

  • Mengurangi stres

Stres berlebihan dapat menyulitkan upaya melacak jadwal ovulasi, sehingga mengganggu upaya hamil. Pastikan mulai mengurangi beban psikologis, mencari bantuan untuk berbagai kegiatan yang sulit ditangani sendiri, melakukan yoga atau meditasi, atau pergi ke psikiater.

  • Memperbaiki nutrisi

Sobat Sehat harus mulai menyantap sumber-sumber nutrisi lengkap plus asam folat. Konsumsi 300 hingga 400 gram asam folat per hari sejak sebelum hamil dapat membantu mengurangi risiko kelainan syaraf pada janin. Makan seimbang juga membantu calon ibu menjaga berat badan.

  • Memeriksakan kesehatan

Temui dokter bahkan sebelum memulai program kehamilan. Dokter akan menyarankan berbagai tes untuk melihat kondisi kesehatan serta kesiapan mengandung, misalnya pap smear, tes darah, mammogram, tes imunitas, hingga pemeriksaan risiko penyakit seperti diabetes, anemia, penyakit menular seksual, dan darah tinggi.

Berbagai upaya ini terkesan berat, namun suami sebenarnya juga memiliki kewajiban menjaga kondisi tubuh agar bisa berkontribusi pada kehamilan sehat.

Persiapan Program Kehamilan untuk Suami

Salah satu penyebab susah hamil adalah masalah kesuburan, dan ini bisa terjadi pada suami. Gangguan kesehatan, obat-obatan dan substansi tertentu, hingga masalah nutrisi bisa berkontribusi pada kegagalan kehamilan akibat kondisi suami. Jika ingin berkontribusi pada kehamilan sehat, suami juga harus ikut melakukan persiapan, misalnya:

  • Konsultasi soal obat yang dikonsumsi

Obat-obatan tertentu seperti steroid (untuk penyakit kulit) atau obat untuk infeksi saluran kemih bisa mempengaruhi aspek kesuburan. Jika suami mengonsumsi beberapa jenis obat atau suplemen, pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program kehamilan.

  • Makan sumber nutrisi yang tepat
sayuran hijau tingkatkan kesuburan
https://www.freepik.com

Protein, seng, dan vitamin E adalah nutrisi yang cocok untuk meningkatkan kesuburan pria. Pastikan mengonsumsi makanan sehat seperti taoge, kacang-kacangan, sayuran hijau, sumber protein hewani yang rendah lemak, serta buah-buahan untuk meningkatkan kesuburan.

  • Jaga testis dari panas berlebih

Panas berlebih pada area testis dapat mengurangi jumlah sperma serta mempengaruhi keberhasilan program kehamilan. Kurangi risiko ini dengan mengenakan celana yang nyaman dan tidak terlalu ketat, mengurangi aktivitas seperti bersepeda, sauna, atau berendam di air panas, dan menghindari menaruh laptop di pangkuan.

Dengan persiapan lengkap untuk suami dan istri, tingkat keberhasilan persiapan program kehamilan akan semakin besar. Pastikan juga mendapat informasi akurat tentang kehamilan sehat seperti di K24Klik.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *