Inspirasi Menu Sahur yang Praktis namun Tetap Bergizi

Published by Dewi Dwiputri on

Menu Sahur Praktis dan Bergizi ala K24Klik

menu sahur praktis dan bergizi

https://ruyandagor.com

Bosan dengan menu sahur yang itu-itu saja? Resep ini bisa jadi inspirasi menu sahur Sobat Sehat nanti malam. Selain praktis, resep ini kaya akan kandungan gizi sehingga dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral selama berpuasa.

Menu Sahur Praktis dan Bergizi dengan Oatmeal atau Sereal

Terlambat bangun sahur? Tenang, oatmeal atau sereal bisa menjadi menu praktis yang bisa Sobat Sehat siapkan. Hanya butuh waktu kurang lebih 5 menit untuk membuat menu yang satu ini.

Siapkan sereal atau oatmeal sehat favorit Sobat Sehat dan tuangkan susu cair atau yogurt ke dalamnya. Bisa ditambahkan beberapa jenis kacang-kacangan seperti almond, atau buah-buahan seperti stroberi, kismis, anggur, atau buah lain yang tersedia di kulkas. Apabila Sobat Sehat termasuk penyuka makanan manis, bisa ditambahkan madu secukupnya sebagai pelengkap.

Oatmeal atau sereal mengandung banyak serat yang akan membuat Sobat Sehat kenyang lebih lama. Perpaduan oatmeal atau sereal dengan susu juga kaya akan protein dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh hingga waktunya berbuka. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

Menu Sahur dengan Olahan Telur

menu sahur praktis dan bergizi

https://www.taste.com.au

Satu lagi menu sahur yang sangat praktis, lezat, dan kaya gizi, yakni olahan telur. Selain sebagai sumber protein tinggi, mengkonsumsi telur saat sahur juga membuat Sobat Sehat kenyang lebih lama dan memenuhi kebutuhan energi selama puasa.

Sobat Sehat yang bosan dengan telur dadar dan telur ceplok dapat membuat olahan telur yang satu ini “baked egg avocado”. Bahan yang dibutuhkan hanya 2 jenis, yaitu 1/2 buah alpukat dan 1 butir telur ayam. Berikut cara membuatnya :

  1.  Potong buah alpukat menjadi 2 bagian dan buang bijinya
  2. Masukkan telur ayam ke dalam cekungan di dalam buah alpukat
  3. Masukkan ke dalam oven, panggang selama kurang lebih 15-20 menit
  4. Tambahkan oregano dan merica bubuk sesuai selera
  5. Menu sahur sehat pun siap dinikmati!

Sahur Sehat dengan Buah Apel

Tidak ada salahnya menambahkan buah ke dalam daftar menu sahur sehat untuk melengkapi menu sahur Sobat Sehat.

Salah satunya dengan menambahkan buah Apel. Buah yang satu ini merupakan sumber antioksidan alami untuk melawan radikal bebas. Buah apel juga mengandung pektin yang dapat membantu mencegah kanker, mengurangi stres, dan menurunkan kadar kolesterol.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, kulit buah ini juga mengandung quercetin yang membantu mengontrol kadar gula darah dan melawan diabetes tipe II. Kandungan fruktosa atau gula alami dan serat dalam buah apel juga dapat membuat Sobat Sehat merasa kenyang lebih lama.

Selain dikonsumsi langsung, apel juga dapat dikonsumsi dengan cara lain tanpa kehilangan nilai gizinya, seperti dikonsumsi dalam bentuk jus buah, salad, pudding buah, pizza buah, atau sesuai selera sobat sehat. Agar lebih sehat, jangan lupa untuk mencuci buah apel terlebih dahulu sebelum dikonsumsi serta konsumsi sebelum makan jika ingin dikonsumsi langsung.

Nah Sobat Sehat, demikian menu sahur praktis dan bergizi yang dapat Sobat Sehat ikuti. Apabila Sobat Sehat ingin berkonsultasi dengan Apoteker kami mengenai suplemen yang cocok digunakan saat berpuasa dapat mengunjungi live chat di www.k24klik.com.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *