Share this:

Konjac Makanan Diet di Tahun 2019 yang Kaya Serat dan Rendah Kalori

Sobat Sehat! Ada info terbaru nih. Saat ini telah ditemukan makanan pengganti karbohidarat yang dijamin bisa mendukung resolusi 2019 untuk menurunkan berat badan. Mau tahu? Yuk, simak terus artikel ini!

Konjac Makanan Diet hingga Manfaatnya Bagi Tubuh

konjac makanan diet
Ecology Skincare

Konjac atau konyaku merupakan salah satu bahan makanan pengganti karbohidrat yang kaya akan serat dan rendah kalori. Konyaku adalah umbi dari akar tanaman Amorphophallus konjac yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis Asia seperti Jepang, Korea dan Indonesia.

Tepung yang diolah dari akar tanaman ini mengandung 40%-60% glucomanan yaitu sejenis serat larut air yang dapat membantu menurunkan berat badan serta menjaga kadar kolesterol dan gula darah agar tetap dalam keadaan normal.

Selain itu, Glucomanan juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan cara:

  1. Meningkatkan jumlah bakteri baik dalam pencernaan
  2. Mempu mempercepat pergerakan usus
  3. Mengurangi waktu transit fases di usus.

Kandungan Nilai Gizi pada Olahan Konjac

Di Amerikan Serikat, olahan konjak seperti mie dan nasi semakin diminati. Mie Konjac ini sering disebut sebagai Miracle Noodle karena memiliki nilai kalori yang rendah, tinggi kandungan serat serta bebas dari gluten. Produk ini banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin melakukan diet dan memiliki riwayat penyakit seperti diabetes.

Satu porsi mie atau nasi Kojac dengan berat 100 gram hanya mengandung:

  • 10-15 kalori,
  • 4 gram karbohidrat
  • 4 gram serat

Jumlah ini menyumbang sekitar 15% dari kebutuhan serat dalam sehari. Dengan demikian, produk ini menjadi salah satu alternatif pilihan makanan bagi kamu yang ingin mengontrol asupan dari sajian mie dan nasi.

Konjac Makanan Diet, Begini Cara Pengolahannya

diet di tahun 2019
Keep Fit Kingdom

Namun, dibalik rendahnya kandungan karbohidrat, ternyata olahan konjac ini juga memiliki protein, vitamin dan mineral yang rendah. Sehingga jika kamu ingin menikmati olahan konjac, sebaiknya kombinasikan dengan beberapa macam makanan lainnya. Contohnya sayuran dan sumber protein lainnya agar tubuh tetap mendapatkan asupan zat gizi seimbang. Produk olahan Konjac seperti Mie Shirataki dan beras Shirataki sudah dapat kamu dapatkan di supermarket di Indonesia.

Mie Konjac memiliki bentuk dan tekstur seperti bihun dengan rasa yang tawar. Kamu dapat mengolahnya menjadi beberapa jenis masakan seperti sup, salad dan pasta. Pengolahannya pun  tergolong mudah. Kamu hanya perlu membilasnya dengan air panas kemudian tiriskan. Selanjutnya dapat langsung dicampur dengan bumbu atau bahan lainnya.

Nah Sobat Sehat, bagi kamu yang berniat menurunkan berat badan, tidak ada salahnya mencoba  mengkonsumsi Konjak makanan diet di tahun 2019. Selamat mencoba!

 

Sumber : dari berbagai sumber.

Bagikan & sehatkan dunia : <br/>Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on Google+
Google+
Pin on Pinterest
Pinterest
Email this to someone
email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*