4 Cara Menjaga Kebersihan saat Menstruasi

Published by Dewi Dwiputri on

Kebersihan Menstruasi yang Penting untuk Diketahui

kebersihan menstruasi

https://www.idiva.com

Sobat Sehat yang sedang menstruasi pasti tahu kalau menjaga kebersihan area pribadi menjadi lebih merepotkan. Sayangnya, banyak wanita yang belum tahu cara tepat menjaga kebersihan menstruasi, sehingga menimbulkan masalah kulit, bau, dan bahkan risiko penyakit. Untungnya, cara menjaga kebersihan selama “datang bulan” ternyata tidak sulit, asal dilakukan secara rutin.

Berikut empat cara yang bisa Sobat Sehat lakukan agar tetap bersih dan nyaman saat menstruasi.

1. Kebersihan Menstruasi, Ganti Pembalut/Tampon secara Teratur

Jangan menggunakan pembalut selama berjam-jam. Pembalut yang dipakai terlalu lama bisa menjadi sarang bakteri. Idealnya, pembalut harus diganti setiap dua jam, tetapi bila Sobat Sehat sudah merasa tidak nyaman (terutama jika darah keluar cukup banyak), tidak perlu menunggu dua jam sebelum melakukannya.

Sobat Sehat juga harus sering mencuci tangan selama menstruasi, terutama setelah mengganti pembalut. Gosok tangan, jari, dan ujung-ujung kuku dengan sabun selama sekitar 10 detik sebelum membilasnya.

2. Cuci Vagina dengan Benar

Selama menstruasi, Sobat Sehat harus membersihkan vagina dengan benar. Hal ini karena sisa-sisa darah bisa melekat pada lekukan kulit, sehingga menimbulkan infeksi akibat bakteri. Sapukan air dari arah depan ke belakang agar bakteri dari daerah anus tidak “mampir” ke vagina. Gunakan pancuran jika memungkinkan.

Sobat Sehat tidak perlu menggunakan sabun. Vagina adalah organ tubuh yang memiliki sistem pembersihannya sendiri. Menggunakan produk bersabun dan berparfum pada bagian ini justru bisa merusak pH alaminya.

3. Buang Pembalut dengan Benar

kebersihan menstruasi

http://younglove.us/

Pembalut bekas memiliki aroma tidak sedap dan dapat menjadi sarang kuman, jadi pastikan Sobat Sehat membuangnya dengan benar. Hindari menyiram pembalut di lubang kloset, karena dapat mengakibatkan penyumbatan. Jika pembalut bersifat sekali pakai (disposable), hindari mencucinya karena justru dapat menyebarkan kuman.

Sobat Sehat dapat menggunakan plastik pembungkus pembalut baru. Gulung pembalut bekas sekecil mungkin, lalu bungkus dengan plastik tersebut (gunakan pita perekat yang menempel untuk merapatkan bungkusannya). Jika tidak ada, bungkus rapat-rapat dengan plastik hitam atau tisu, lalu buang ke tempat sampah.

Jika Sobat Sehat sedang berada di toilet pusat perbelanjaan atau gedung perkantoran, biasanya ada tempat sampah khusus pembalut yang terpisah dari tempat sampah biasa. Jadi, jangan malas menggunakan tempat sampah tersebut.

4. Jaga kesehatan kulit di area intim

Saat menstruasi, pastikan kulit di sekitar vagina dan paha atas tidak lembab. Selain tidak nyaman, kelembaban akibat panas dan keringat bisa menjadi tempat ideal untuk perkembangbiakan bakteri. Hindari mengenakan denim ketat atau celana/rok dari bahan yang tidak memberi sirkulasi.

Sobat Sehat mungkin mengalami gatal-gatal selama menstruasi. Hindari menggaruk karena dapat menyebabkan kuman masuk ke goresan di kulit. Oleskan krim penghilang gatal ke bagian kulit yang terasa tidak nyaman. Sobat Sehat juga bisa bertanya ke Klik24.com untuk mendapat informasi tentang menjaga kebersihan menstruasi dan merawat kulit di sekitar bagian intim.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *