Share this:

kanker-terlangka-didunia

Sobat sehat, kesadaran akan bahaya kanker sangatlah penting, salah satunya dengan mengenal jenis kanker itu sendiri. Ada 200 jenis kanker yang dapat menyerang manusia. Beberapa diantaranya sangat langka dan jarang diketahui.

Berikut jenis kanker yang perlu kamu ketahui :

 

cancer 2

  1. Kanker Kaki : Meski tidak spesifik, gejalanya antara lain adanya tahi lalat, sensasi yang aneh, kusam dan rasa sakit pada kaki. Melanoma menyumbangkan 3-5 persen dari semua kasus kanker kaki.
  2. Kanker Vagina : Jenis kanker yang paling umum terjadi adalah karsinoma sel skuamosa. Secara perlahan sel ini berkembang di dekat leher rahim dan paling sering muncul setelah menopause. Kutil kelamin (human papillomavirus) dapat meningkatkan risiko kanker vagina.
  3. Kanker kelenjar ludah : Gejala dari kanker kelenjar ludah, antara lain mati rasa, lemas pada bagian wajah, atau muncul benjolan pada telinga, pipi, rahang, atau daerah mulut.
  4. Chordoma : Tumbuh dari serpihan kecil tulang rawan pada area tengkorak dan tulang belakang yang tersisa ketika kita masih berada dalam rahim. Kanker ini sering menyebabkan sakit kepala, sakit pada leher, penglihatan yang tak jelas (ganda), hilangnya fungsi usus dan kandung kemih, serta kesemutan pada lengan dan kaki.
  5. Mesenchymal Chondrosarcoma : Seringnya terjadi pada tulang rawan di tulang belakang, tulang rusuk, dan rahang. Kanker ini juga bisa muncul dalam lemak dan otot. Dapat menyebabkan kelumpuhan atau kehilangan kemampuan menerima rangsangan sentuhan.
  6. Sarkoma Ewing : merupakan jenis kanker langka yang tumbuh di tulang maupun tulang rawan dan saraf. Sebanyak 87 persen sarkoma Ewing menyerang tulang paha, panggul, iga, maupun tulang bahu. Gejalanya berupa nyeri dan bengkak yang sering disangka karena cedera, serta kekakuan di area yang ditumbuhi tumor.

Bagikan info ini ke orang terdekatmu agar tidak salah mengenali gejala kanker yang muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *