Share this:
Jaga mata sehat

Jaga Mata Sehat, Begini Sejarah Hari Penglihatan Sedunia

Mata menjadi salah satu panca indera yang begitu penting. Tanpanya, kita tidak dapat melihat indahnya dunia yang dapat kita nikmati setiap hari. Oleh karena berharganya organ penglihatan ini, diperingatilah satu hari yang didedikasikan untuk mata. Yaitu hari penglihatan sedunia.

Tidak seperti peringatan lain yang tepat ditunjuk suatu tanggal, misalnya hari kemerdekaan yang selalu jatuh setiap 17 Agustus. Hari Penglihatan Sedunia diperingati pada hari Kamis minggu kedua bulan Oktober. Dimana dikenal dengan nama World Sight Day, dan sudah dilakukan sejak tahun 1988 oleh Lions Club International. Kemudian berintegrasi menjadi VISION 2020 di bawah naungan World Health Organization (WHO) dan International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB).

Jaga Mata Sehat untuk Investasi Bangsa

Mata sehat adalah dambaan setiap manusia. Bahkan, tema Hari Penglihatan Dunia di Indonesia pada tahun 2017 lalu bertajuk “Mata Sehat, Investasi Bangsa”. Mencerminkan betapa pentingnya kesehatan mata.

Mirisnya saat ini, kesehatan mata justru menurun. Banyak anak yang masih di bawah umur yang mengalami masalah penglihatan, seperti minus. Hal ini diakibatkan karena penggunaan gadget yang berlebihan pada anak. Alhasil, banyak anak usia SD yang sudah menggunakan kacamata minus.

Lain halnya dengan masalah kesehatan mata pada orang dewasa. Dimana usia 45 tahun sudah mulai terserang katarak. Katarak dapat menyebabkan kebutaan, dimana sekitar 1,5 juta kebutaan di Indonesia disebabkan karena katarak.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

hari penglihatan sedunia
https://unsplash.com

Mata sehat sangatlah penting, baik bagi anak-anak maupun bagi orang dewasa. Oleh karena itu, setiap orang perlu menerapkan tips untuk menjaga kesehatan mata. Diantaranya adalah mengkonsumsi makanan sehat untuk mata. Kelompok ikan tuna, hering, dan sarden kaya omega 3 yang baik untuk mata. Konsumsi sayur dan buah khususnya jeruk mandarin, jeruk clementine, wortel, bayam, dan brokoli, sangat baik untuk mencegah katarak.

Selain konsumsi makanan, kesehatan mata juga dapat dijaga dengan menyelingi penglihatan ke luar ruangan. Tidak hanya terfokus pada gadget atau layar komputer. Berjalan-jalan di luar ruangan atau sekedar melihat lingkungan sekitar dapat memberi kesempatan mata untuk dapat fokus pada sesuatu yang jauh.

Sobat Sehat juga dapat mengkonsumsi suplemen kesehatan mata untuk jaga mata agar dapat selalu ternutrisi meski sering menatap layar komputer.

Yuk, jaga mata agar tetap sehat dengan tips-tips diatas. Selamat Hari Penglihatan Sedunia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *