hari cuci tangan sedunia
Share this:

Hari Cuci Tangan Sedunia adalah sebuah kampanye global dicanangkan oleh PBB dan bekerja sama dengan seluruh negara melalui pemerintahan setempat. Kampanye ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kematian pada anak-anak dan pencegahan penularan penyakit lewat sentuhan tangan.

Tangan Ternyata Bagian Tubuh Paling Kotor, Lho!

Hari Cuci Tangan Sedunia
Photo by Tim Marshall on Unsplash

Jika ditanya bagian tubuh mana yang paling kotor, pasti akan banyak yang menjawab bagian – bagian tubuh tertentu, yang mungkin juga tertutup. Misalnya lubang telinga, lubang hidung, ketiak, atau bagian tubuh lain. Bagian – bagian itu memang kotor, namun ternyata bagian yang paling kotor dalam tubuh adalah yang sering kita gunakan, yaitu tangan.

Meskipun terlihat bersih, tapi tangan menjadi bagian tubuh yang paling kotor. Kuman – kuman dapat dengan mudah menempel pada telapak tangan. Ketika memegang handphone, alat tulis, uang, memegang gagang pintu, dan semua hal yang dilakukan sehari – hari, semua mengandung kuman. Dan dengan mudah menempel pada tangan karena bersentuhan langsung.

Beruntungnya, tangan merupakan bagian tubuh yang mudah dijangkau sehingga mudah untuk dibersihkan. Cara membersihkannya adalah dengan cuci tangan. Tangan yang bersih mencerminkan tubuh yang juga bersih.

Hari Cuci Tangan Sedunia, Menyadari Pentingnya Cuci Tangan Sejak Dini

Pentingnya cuci tangan memunculkan adanya Hari Cuci Tangan Sedunia. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) adalah langkah kecil untuk memulai hidup sehat. Cuci tangan menggunakan sabun dapat melindungi diri dari penyakit infeksi. Hari penting ini diperingati setiap tanggal 15 Oktober, dimana pada dunia dikenal sebagai Global Handwashing Day.

Cuci tangan yang baik adalah menggunakan sabun dan dibilas dengan air yang bersih. Sehingga, tangan menjadi bersih dan mencegah kuman – kuman berbahaya masuk ke dalam tubuh.

Photo by Gelani Banks on Unsplash

Pentingnya cuci tangan tidak hanya ketika makan, tapi juga dalam hal lain. Seperti menyiapkan bahan makanan, memasak, menyentuh wajah supaya tidak berjerawat, memegang anak kecil, dan hal lainnya. Dengan cuci tangan, dapat mencegah perpindahan kuman penyakit.

Beli Sabun Cuci Tangan di K24Klik

Selain mencegah kuman penyakit masuk ke dalam tubuh, cuci tangan juga dapat menghentikan penularan dan penyebaran berbagai penyakit. Penyakit yang mudah menular seperti flu, infeksi mata, diare, meningitis, bronkitis, hingga hepatitis A, dapat berpindah dengan mudah. Pentingnya cuci tangan juga dapat menghentikan penularan penyakit – penyakit berbahaya tersebut.

Oleh karena itu, biasakan cuci tangan untuk mencegah berbagai kuman penyakit masuk ke tubuh, supaya tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *