Share this:

Campak (Measles), Demam dengan Ruam Kulit

Si Kecil tiba-tiba terserang demam tinggi yang tidak kunjung reda lebih dari 3 hari? Demam tersebut disertai munculnya ruam dihampir seluruh bagian tubuh? Bisa jadi si Kecil terkena campak.

campak

Apa itu campak?

Campak atau measles adalah infeksi virus yang ditandai dengan gejala awal berupa demam tinggi yang berlangsung selama 4 sampai 7 hari. Gejala demam ini biasanya muncul pada hari ke 10 atau 12 setelah terkena virus.

Gejala campak

Selain demam tinggi, penderita campak akan mengalami keluhan-keluhan lain seperti :

  1. Hidung meler
  2. Mata merah
  3. Sakit tenggorokan
  4. Muncul benjolan putih kecil di mulut
  5. Muncul ruam pada garis rambut yang menyebar hingga leher, punggung, tungkai, kaki, dan tangan
Penyebaran virus campak

Virus penyakit yang satu ini biasanya hidup di lendir hidung dan tenggorokan, dan dapat menular melalui udara ketika penderita bersin atau batuk. Selain itu, virus juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita.

Virus measles termasuk jenis virus yang dapat tetap aktif di udara selama 2 jam. Seorang penderita dapat menularkan penyakit ini kepada orang disekitarnya sejak 4 hari sebelum kemunculan ruam hingga 4 hari setelah ruam hilang. Jadi sobat sehat sebaiknya tetap berhati-hati terhadap penularan penyakit ini meskipun sudah tidak ada penampakan ruam pada kulit penderita.

Seseorang yang tidak pernah mendapatkan vaksin campak sebelumnya, berisiko lebih tinggi untuk tertular penyakit ini ketika berada dalam satu ruangan dengan penderita.

minum obat

Pengobatan campak

Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit dengan ruam di kulit ini secara tuntas (membunuh virus penyakit). Tindakan penyembuhan yang dilakukan hanya bersifat meredakan sakitnya saja dan mencegah komplikasi lebih lanjut, seperti :

  1. Minum banyak cairan,
  2. Istirahat yang cukup,
  3. Banyak konsumsi buah dan sayur serta makanan bergizi lainnya, dan
  4. Minum obat penurun panas seperti paracetamol yang dapat dibeli bebas di Apotek Online K24Klik.com atau Toko obat resmi.
Pencegahan campak

Meski tidak dapat diobati hingga tuntas, penyebaran penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan imunisasi. Tindakan imunisasi ini diberikan bersamaan dengan imunisasi untuk mencegah rubella dan gondong, yang dikenal dengan Vaksin MMR (Measles, Mumps, and Rubella).

Pemberian vaksin ini efektif jika diberikan dalam dua dosis, yaitu dosis pertama saat usia 12 hingga 15 bulan dan dosis kedua ketika berusia empat hingga enam tahun.

Apakah vaksin ini aman?

Berdasarkan studi, vaksin ini aman. Namun sebaiknya tidak diberikan kepada seseorang dengan kondisi berikut ini :

  1. Wanita hamil
  2. Seseorang dengan sitem kekebalan tubuh lemah, seperti penderita leukimia atau tuberkulosis
  3. Seseorang yang memiliki alergi dengan zat aktif vaksin.(Dev/Win)

 

Sumber : webmd.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *