15 Obat Masuk Angin Paling Ampuh di Apotik

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Masuk Angin Yang Paling Ampuh di Apotik
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat masuk angin paling dibutuhkan saat musim pancaroba yang membuat sistem imun dari banyak orang menurun. Siap sedia agar tidak mengganggu aktivitas, Anda perlu untuk mengetahui apa saja obat masuk paling ampuh di apotik.

Dalam dunia medis, masuk angin sendiri sebenarnya tidak ada. Istilah ini digunakan oleh orang Indonesia untuk menggambarkan kondisi kurang enak badan seperti demam, mual, pusing dan lain sebagainya. Anda mungkin perlu untuk siap sedia berbagai obat masuk angin paling ampuh di apotik sebagai pertolongan pertama saat mengalami gejalanya.

Setiap orang memiliki gejala yang berbeda-beda saat masuk angin. Beberapa gejala yang paling umum adalah demam, menggigil, keringat dingin, perut kembung, mual, sakit kepala hingga nafsu makan menurun. Penyebab dari masuk angin sendiri tidak bisa dijelaskan secara medis, namun dapat disimpulkan sama seperti penyebab flu ataupun selesma.

Rekomendasi Obat Masuk Angin Paling Ampuh di Apotik

Jika dalam medis saja tidak mengenal istilah masuk angin, lalu bagaimana cara mengobatinya? Tenang saja, Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi obat masuk angin di apotik paling ampuh di bawah ini.

Baca juga: 15 Obat Flu dan Batuk Paling Ampuh di Apotik

1. Tolak Angin Cair Plus Madu

obat masuk angin tolak angin cair plus

Beli Tolak Angin Cair Plus Madu Klik di Sini

Obat herbal yang satu ini memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai gejala masuk angin seperti badan meriang, lemas, perut kembung hingga kepala pusing. Beberapa kandungan herbal yang ada dalam Tolak Angin Cair Plus Madu adalah adas, jahe, daun mint dan juga madu. Untuk orang dewasa, Anda dapat mengonsumsi 3-4 kali sehari sebanyak 1 sachet.

Kisaran harga: Rp 49 ribu/dos

2. OB Herbal

obat masuk angin ob herbal

Beli OB Herbal Klik di Sini

Masuk angin disertai dengan batuk? Tenang, OB Herbal Antangin Sachet dapat menjadi obat masuk angin paling ampuh di apotik untuk Anda gunakan. 

Kisaran harga: Rp 32 ribu/dos

3. Antangin Cair Junior Honey Mint

obat masuk angin antangin junior

Beli Antangin Cair Junior Honey Mint Klik di Sini

Anak masuk angin tapi bingung bagaimana cara mengatasinya? Antangin Cair Junior Honey Mint merupakan obat masuk angin anak yang terbuat dari berbagai herbal seperti jahe, meniran, temulawak dan juga royal jelly. Obat ini dapat membantu meredakan gejala masuk angin pada anak seperti mual, muntah, demam hingga tubuh menggigil.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/dos

4. Tolak Angin Care

obat masuk angin tolak angin care

Beli Antangin Cair Junior Honey Mint Klik di Sini

Minyak angin dapat memberikan sensasi menyegarkan sehingga ampuh mengatasi masuk angin. Tidak hanya itu, Tolak Angin Care juga dapat Anda gunakan untuk mengobati gatal karena gigitan serangga. Dikemas dalam bentuk roll on, minyak angin ini dapat digunakan secara praktis langsung ke kulit.

Kisaran harga: Rp 14 ribu/pcs

5. Minyak Fresh Care

obat masuk angin minyak fresh care

Beli Antangin Cair Junior Honey Mint Klik di Sini

Anda juga dapat menggunakan minyak fresh care untuk meringankan gejala flu, masuk angin dan juga mabuk perjalanan. Cara menggunakannya pun praktis, Anda dapat langsung mengoleskannya pada beberapa bagian tubuh seperti kening, dada, hidung, tengkuk dan lain sebagainya. Obat masuk angin ini hanya untuk penggunaan luar dan khusus dewasa.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/botol

6. Tolak Angin Cair Anak

obat masuk angin tolak angin cair anak

Beli Tolak Angin Cair Anak Klik di Sini

Jenis obat cair merupakan yang paling cocok untuk diberikan pada anak karena lebih mudah dikonsumsi. Tolak Angin Cair Anak terbuat dari berbagai herbal seperti kapulaga, adas, kayu manis, pegagan, cengkeh, jahe dan masih banyak lagi. Obat ini cocok digunakan untuk mengobati masuk angin sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Kisaran harga: Rp 36 ribu/dos

7. Antangin JRG Tablet

obat masuk angin antangin jrg

Beli Antangin JRG Tablet klik di Sini

Lebih nyaman untuk mengonsumsi obat dalam bentuk tablet? Antangin JRG Tablet merupakan obat untuk masuk angin yang ampuh Anda gunakan dan terbuat dari bahan herbal. Antangin JRG Tablet sendiri merupakan obat yang diperuntukkan bagi orang dewasa dengan anjuran dosis 3 kali 2 tablet dalam sehari.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

8. Fresh Care Teens

obat masuk angin fresh care teens

Beli Fresh Care Teens Klik di Sini

Tahukah Anda bahwa minyak angin untuk orang dewasa dan anak-anak ternyata berbeda? Fresh Care Teens merupakan obat masuk angin di apotik yang aman untuk diberikan pada anak. Tidak hanya mengatasi berbagai gejala masuk angin, minyak ini juga dapat mengobati gatal akibat gigitan serangga.

Kisaran harga: Rp 12 ribu/pcs

9. Antangin Cair Original

obat masuk angin cair original

Beli Antangin Cair Original Klik di Sini

Mengandung zingiberis rhizoma, royal jelly hingga panax gingseng membuat Antangin Cair Original dapat menjadi obat masuk angin andalan untuk Anda. Obat cair herbal ini cocok digunakan untuk orang dewasa dengan anjuran dosis 3 kali sehari 1 sachet. Apabila ingin melakukan perjalanan jauh dan takut mabuk, minum Antangin Cair Original sebelumnya.

Kisaran harga: Rp 18 ribu/dos

10. Chopal Chest Balsem

obat masuk angin copal chest balsem

Beli Chopal Chest Balsem Klik di Sini

Obat masuk angin paling ampuh untuk anak lainnya yang dapat Anda gunakan adalah Chopal Chest Balsem. Berbentuk balsem, obat gosok ini dapat membantu Anda meredakan berbagai gejala masuk angin pada si kecil. Kandungan camphor dalam balsem ini juga dapat mengurangi peradangan akibat gigitan serangga.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/tube

11. Tolak Angin Tablet Extra Hangat

obat masuk angin tolak angin extra

Beli Tolak Angin Tablet Extra di Sini

Herbal yang satu ini dikemas dalam bentuk tablet dan ampuh untuk meredakan gejala masuk angin seperti meriang, perut mual dan juga kembung. Anda dapat mengonsumsi Tolak Angin Tablet Extra Hangat dengan anjuran dosis 3-4 kali sehari 1 tablet untuk orang dewasa.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

12. Pure Kids Aise Belly

obat masuk angin purekids aise belly

Beli Pure Kids Aise Belly di Sini

Sirup herbal Pure Kids Aise Belly Natural dapat menjadi salah satu andalan Anda dalam mengobati masuk angin pada anak. Obat ini mengandung anethum graveolens seed oil, anthemis nobilis flower extract, zingiber officinale extract dan masih banyak lagi. 

Kisaran harga: Rp 38 ribu/pcs

13. Balsem Gosok Lang

obat masuk angin balsem gosok lang

Beli Balsem Gosok Lang di Sini

Anda juga dapat menggunakan balsem gosok lang untuk membantu melegakan pernafasan, mabuk perjalanan dan meredakan berbagai gejala masuk angin. Beberapa kandungan yang terdapat dalam balsem gosok ini adalah L-menthol, eucalyptus oil, methyl salicylate dan juga champor. Anda dapat mengoleskan balsem gosok lang ke area yang sakit secara langsung.

Kisaran harga: Rp 10 ribu/pcs

14. Lang Minyak Eucalyptus Aromatherapy

obat masuk angin lang minyak eucalyptus

Beli Lang Minyak Eucalyptus Klik di Sini

Minyak Eucalyptus telah dikenal ampuh untuk mengobati berbagai gejala masuk angin, meredakan nyeri dan juga mengatasi masalah pernapasan. Lang Minyak Eucalyptus Aromatherapy memiliki kandungan eucalyptus tinggi sehingga pastinya lebih maksimal dalam mengobati masuk angin.

Kisaran harga: Rp 26 ribu/botol

15. Minyak Kayu Putih Plus Konicare

obat masuk angin minyak kayu putih konicare

Beli Minyak Kayu Putih Plus Konicare di Sini

Untuk dewasa, Anda dapat memanfaatkan minyak kayu putih plus konicare untuk bantu menghangatkan badan, meredakan kembung dan juga masuk angin. Perlu diperhatikan bahwa ini merupakan obat luar yang dapat Anda usapkan langsung ke perut, punggung ataupun dada.

Kisaran harga: Rp 17 ribu/pcs

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat masuk angin paling ampuh di apotik yang dapat Anda gunakan. Apabila tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk langsung berkonsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Butuh obat, vitamin maupun susu tanpa ribet? Tenang, K24Klik siap antar kebutuhan farmasi Anda sampai ke depan rumah! Kami menjamin produk farmasi yang lengkap, 100% asli dan pengiriman cepat. Unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store sekarang juga, dapatkan promo menarik khusus pengguna baru khusus untuk Anda!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/in-depth/cold-remedies/art-20046403 diakses pada 26 Mei 2023