Stretch Mark

stretchmark

Apa itu stretch mark?

Stretch Mark, merupakan keluhan kerusakan kulit akibat peregangan yang berlebihan. Ketika tubuh mengembang lebih cepat dibandingkan kulit yang melindunginya, jaringan kulit akan robek dan membentuk bekas luka pada proses penyembuhannya. Bekas luka yang terlihat pada permukaan kulit inilah yang disebut dengan strech mark.

Apa penyebab munculnya stretch mark?

Stretch mark disebabkan oleh peregangan kulit secara berlebihan dalam periode yang lama dan atau perubahan hormon, berupa garis-garis atau guratan di kulit (berwarna coklat atau kemerahan untuk yang berusia di bawah 1 tahun, dan berwarna putih atau keperakan jika berusia lebih dari 1 tahun) dan bersifat permanen. Kemunculan stretch mark dipengaruhi kualitas dan kekuatan kulit. Dimana kualitas dan kekuatan kulit, juga dipengaruhi oleh faktor-faktor kesehatan secara umum, seperti : nutrisi, hidrasi, keturunan, kondisi lingkungan, makanan dan minuman yang dikonsumsi, gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Selain itu sejumlah kondisi medis tertentu seperti depresi, stress, dan lain sebagainya, juga dapat menyebabkan munculnya stretch mark.

Siapakah yang dapat mengalami stretch mark?

Stretch mark bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami peregangan kulit dan atau perubahan hormon pada masa kehamilan, masa puber atau pun saat terjadi perubahan berat badan yang fluktuatif. Berdasarkan survey pada situs www.nhsdirect.wales.nhs.uk, 9 dari 10 wanita mengalami stretch mark pada masa kehamilan. Perbandingan orang yang mengalami stretch mark berdasarkan gender sendiri terbagi menjadi, 70% dialami oleh para wanita dan 30% pada pria.

Bagaimana cara mengatasi stretch mark? Baca Selengkapnya di sini

 

Sumber : Dari berbagai sumber

Bagikan & sehatkan dunia :
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone