Posisi Duduk yang Baik saat Bekerja

tips-sehat-untuk-anda-yang-kecanduan-bekerja

Semangat dalam bekerja adalah hal yang baik guna meningkatkan produktivitas. Namun, sebagian dari kita sering lupa menjaga kesehatan saat sedang bekerja. Salah satunya, kurang memperhatikan posisi duduk yang baik yang lambat laun hal tersebut bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Cara duduk tentukan kesehatan tulang belakang
Posisi Anda saat duduk merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat bekerja, terutama bila Anda banyak bekerja di dalam ruangan atau intens berada di depan monitor setiap harinya. Ketika asyik berkutat dengan pekerjaan, secara tidak sadar sadar tubuh kita yang tadinya tegap bisa perlahan-lahan merosot atau membungkuk.

Postur tubuh yang demikian, apalagi jika terjadi secara rutin, dapat berpengaruh terhadap struktur tulang belakang. Dalam jangka panjang, kebiasaan yang sering tidak kita sadari itu dapat menimbulkan gangguan kesehatan seperti sering capek, sakit kepala, nyeri punggung, nyeri leher, dan kesemutan.

duduk 2

Bagaimana posisi saat duduk yang dianjurkan?

Berikut ini adalah tips sehat untuk karyawan tentang bagaimana posisi duduk yang dianjurkan agar struktur tulang dan kesehatan tetap terjaga :
1.Gunakan kursi dengan alas yang nyaman (tidak terlalu keras) dan dilengkapi dengan sandaran punggung serta siku
2.Pilih meja dengan ketinggian yang baik, yaitu yang memungkinkan meletakkan tangan di atas meja dengan membentuk sudut siku 90 – 120 derajat terhadap lantai.
3.Letakkan pantat di bagian belakang alas (bukan di tengah atau di depan) kemudian bersandar dengan posisi bahu tetap rileks.
4.Pastikan posisi leher dan punggung Anda tetap tegap, dan kedua kaki menyentuh lantai (tidak menggantung atau menyilang).
5.Jangan duduk terlalu lama. Hal ini dapat mengakibatkan aliran darah tidak lancar dan pergerakan otot maupun tulang menjadi terbatas. Selingilah dengan berdiri sejenak atau berjalan dan melakukan peregangan otot agar kembali rileks.

Selain itu, untuk memelihara kesehatan secara umum, masih ada beberapa tips sehat lainnya yang sebaiknya Anda terapkan. Antara lain adalah mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan bervariasi, melakukan olahraga secara rutin, cukup minum air putih (8 gelas per hari), dan jangan lupa sarapan sebelum berangkat ke kantor. Perbaiki posisi duduk Anda agar terhindar dari cedera yang dapat mengganggu produktifitas Anda.

Bagikan & sehatkan dunia :
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestEmail this to someone