Begini Cara Pakai Tetes Telinga Yang Benar

Published by K24Klik on

telinga

Sobat sehat, telinga merupakan salah satu organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Organ yang bertugas sebagai alat pendengaran dan menjaga keseimbangan tubuh ini, terkadang juga dapat mengalami masalah dalam menjalankan fungsinya. Gangguan yang muncul pada telinga dapat bermacam-macam, mulai dari cidera ringan hingga cidera berat, akibat kebisingan, kecelakaan, maupun infeksi bakteri.

Penanganan gangguan telinga, dapat dilakukan dengan berbagai macam tindakan, sesuai dengan keluhan yang dialami. Salah satu contohnya adalah pemakaian tetes telinga. Baik tetes telinga untuk membersihkan kotoran telinga, maupun tetes telinga mengandung antibiotik untuk mengatasi infeksi telinga.

Sebagian orang menganggap, pemakaian tetes telinga merupakan tindakan yang simple dan mudah dilakukan. Namun, tahukah Anda, meski terlihat simple, masih banyak orang yang salah dalam menggunakan tetes telinga.

tetes telinga

Berikut tips sehat dari K24Klik.com, tentang cara pemakaian tetes telinga yang tepat dan benar :
  1. Sebelum mengaplikasikan obat tetes telinga, cuci tangan Anda terlebih dahulu menggunakan sabun antiseptik
  2. Pastikan ujung botol tetes telinga atau pipet yang akan digunakan untuk meneteskan obat telinga, dalam kondisi baik dan tidak rusak
  3. Bersihkan bagian luar telinga yang sakit atau akan diberi obat tetes, menggunakan air hangat atau kain lembab secara hati-hati, dan keringkan
  4. Hangatkan obat tetes telinga dengan memegang botolnya selama beberapa menit, kemudian kocok botol tetes telinga
  5. Miringkan kepala dengan posisi telinga yang akan diberikan obat tetes menghadap ke atas
  6. Pada pemakaian untuk orang dewasa : tarik daun telinga ke atas dan ke belakang untuk meluruskan saluran telinga
  7. Pada pemakaian untuk anak < dari 3 tahun : tarik daun telinga ke bawah dan ke belakang untuk meluruskan saluran telinga
  8. Teteskan obat sesuai dosis yang dianjurkan, pertahankan posisi kepala selama 2-3 menit, tekan secara lembut kulit penutup kecil telinga, atau tutup dengan kapas steril.
  9. Pada saat meneteskan obat telinga, pastikan ujung botol atau pipet tidak menyentuh telinga, untuk mencegah bakteri telinga menempel pada ujung botol atau pipet
  10. Pasang kembali tutup botol telinga dengan rapat, jangan menyeka atau membilas ujung botol tetes
  11. Cucilah tangan Anda dengan sabun antiseptik untuk membersihkan sisa obat yang mungkin menempel.

cuci tangan

Selain itu, penggunaan obat tetes telinga sebaiknya atas anjuran dokter dan jangan gunakan obat tetes telinga secara bergantian dengan orang lain.

Nah, sobat sehat, pengetahuan akan pemakaian tetes telinga ini penting untuk Anda ketahui. Karena dengan pemakaian obat secara tepat dan benar, dapat membuat bahan obat sampai ke dasar telinga dan tujuan pengobatan pun dapat tercapai.