Yang perlu Anda ketahui tentang RAPID TEST!

Published by Maretta Putri on

Dikurasi Oleh : Maretta Putri A., S.Farm., Apt

Pemeriksaan covid-19 melalui rapid test atau tes cepat mungkin salah satu yang sudah cukup dikenal. Rapid test mulai masuk ke Indonesia pada Sabtu, 21 Maret 2020 lalu. Rapid test corona akan mendeteksi infeksi Covid-19 melalui antibodi. Caranya dengan pengambilan sample darah manusia.

Ketahui tentang RAPID TEST ?
Rapid test adalah sebuah metode skrining awal yang digunakan untuk mendeteksi antibodi seseorang, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona.

IgM (Immunoglobulin M) merupakan jenis antibodi yang dihasilkan oleh tubuh saat Anda pertama kali terinfeksi bakteri atau kuman lainnya, yang berperan sebagai garis pertahanan pertama tubuh untuk melawan infeksi. Peningkatan antibodi IgM akan meningkat dalam waktu singkat saat tubuh mengalami infeksi.

Sedangkan IgG (Immunoglobulin G) adalah antibodi yang paling banyak terdapat dalam darah dan cairan tubuh lainnya. Antibodi ini bertugas melindungi Anda dari infeksi dengan “mengingat” kuman, bakteri, atau virus yang pernah Anda hadapi sebelumnya. Jika kuman, bakteri, atau virus kembali, maka sistem kekebalan tubuh akan melakukan “serangan”.

Kedua antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh apabila ada paparan virus. Dengan kata lain, jika antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus corona. Akan tetapi perlu Anda ketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu yang tidak sebentar, bahkan bisa sampai berminggu- minggu.Tes cepat atau rapid test yang dimaksud di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan sebagai pemeriksaan yang dilakukan untuk mendiagnosa infeksi virus corona pada COVID-19.

Kategori Orang yang Harus Menjalani Rapid Test
Jadi, tidak semua orang wajib menjalani rapid test. Untuk mengikuti rapid test ada kriteria khususnya.

Ada tiga kategori yang harus menjalani Rapid Test, yakni OTG (Orang Tanpa Gejala), ODP (Orang Dalam Pemantauan), dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Status tersebut akan di tentukan oleh petugas kesehatan.

Selain ketiga kategori tersebut, tidak ada rugi nya jika kalian Sobat Sehat juga memeriksaan atau melakukan pemeriksaan Rapid Test ini. Masyarakat Indonesia sebaiknya melakukan pemeriksaan ini sebagai langkah awal deteksi dini dan selain itu kalian juga bisa memutus rantai penyebaran virus Covid-19 ini.

Pengecekkan RAPID TEST Drive Thru

Tidak perlu takut untuk melakukan pengecekkan Rapid Test disaat wabah pandemi ini. Jika Sobat Sehat takut untuk pemeriksaan ke Rumah Sakit atau Fasilitas kesehatan lainnya, saat ini tersedia layanan Pengecekkan Rapid Test secara Drive Thru Program deteksi dini Covid-19 di masyarakat yang diselenggarakan oleh Medi-Call dengan membuka pendaftaran Drive Thru Rapid Test Covid-19. Dengan menggunakan sistem Drive Thru, peserta tidak perlu turun dari kendaraan.

Untuk mempermudah pemeriksaan Rapid Test, Sobat Sehat dapat langsung melakukan pendaftaran dengan melalui website “K24Klik”.

Klik : PESAN DI SINI
masukkan Email dan Kata Sandi/ Nomor HP.
*Jika Belum punya akun, Daftar Sekarang
pilih Jadwal sesuai yang sudah ditentukan
klik Lanjutkan untuk mengisi Formulir Data Peserta
Isi Formulir secara lengkap
Isi juga Gejala Klinis yang sedang dialami
Pilih metode pembayaran dan klik “Booking”

Berikut adalah langkah mudah untuk melakukan pendaftaran Rapid Test :
1. Download aplikasi “K24Klik”
2. Klik Banner “RAPID TEST” atau klik link berikut : https://m.k24klik.com/rapid/index
3. Registrasi akun terlebih dahulu dengan Daftar Sekarang (jika kalian belum memiliki akun K24Klik)
4. Pilih Jadwal, dengan mengisi: Jumlah Peserta; Event, dan Jam yang telah ditentukan
5. Selanjutnya klik “Lanjutkan”
6. Lalu isi “Formulir Data Peserta”, setelah itu klik “Lanjutkan”
7. Setelah itu akan muncul “Konfirmasi” dan memilih metode pembayaran
8. Lalu pilih “Booking”

Untuk informasi tambahan:

  • Tidak menerima walk in, harus daftar dulu h-1 melalui website K24Klik
  • Peserta harus datang 15 menit sebelum waktu yang ditentukan
    Peserta datang dengan perlu menunjukkan kode booking aja
  • Untuk Hasilnya dikirim ke email h+1 maksimal
  • Jika Sobat Sehat membutuhkan bantuan, Hubungi Call Center Medi-Call dengan nomor Telepon +6281210783387

SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA!

KLIK DI SINI


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *