Waspada Menggunakan Antibiotik

Published by K24Klik on

antibiotik2

 

Obat Dewa

merupakan sebutan masyarakat untuk obat golongan antibiotik, karena dianggap dapat menyembuhkan berbagai macam keluhan sakit.

Tahukah Anda?

Tidak semua keluhan sakit harus diberikan obat golongan antibiotik.

 

Antibiotik, yang juga merupakan anti kuman atau anti bakteri, adalah obat anti infeksi yang digunakan untuk membunuh kuman atau bakteri. Antibiotik bekerja dengan menghambat pertumbuhan kuman dan menghancurkan kuman. Pemakaian obat ini tentunya tidak boleh sembarang digunakan.

Pemakaian antibiotik yang terlalu sering dan tidak sesuai anjuran dokter, dapat menimbulkan resiko kesehatan lainnya, antara lain:

bakteriantibiotik

1. Penyakit menjadi kebal terhadap antibiotik. Sehingga pada pengobatan selanjutnya yang memerlukan terapi antibiotik, pengobatan menjadi lebih lama dan lebih sulit dilakukan.

2. Dapat menimbulkan reaksi alergi.

 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemakaian antibiotik yang tepat:

1. Pemakaian antibiotik sebaiknya atas resep atau anjuran dokter. obat

2. Tidak menggunakan obat antibiotik karena berdasarkan resep obat sebelum-sebelumnya, karena meski keluhan penyakit terlihat sama, penyebabnya bisa berbeda-beda, sehingga memerlukan pengobatan yang berbeda.

3. Untuk keluhan sakit demam, batuk, dan pilek, tidak selalu memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang bergizi dapat membantu peyembuhannya.

4. Jika setelah lebih dari 3 hari keluhan sakit tidak kunjung membaik, segera hubungi dokter.

5. Sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi antibiotik hanya berdasarkan atas pengalaman orang lain yang memiliki keluhan hampir sama. Karena masing-masing orang memiliki riwayat kesehatan yang berbeda-beda.

6. Pemakaian antibiotik berpotensi menghambat kinerja obat lain, oleh karenanya setiap pemakaian antibiotik perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

7. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap antibiotik yang akan diminum. Tes alergi dapat dilakukan di Laboratorium

Selalu konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter atau tenaga kesehatan yang berkompeten sebelum Anda memutuskan menggunakan obat-obatan tertentu. Bijak menggunakan obat sesuai dengan keluhannya, akan membantu Anda terhindar dari resiko pengobatan yang tidak tepat. <dev/win>