Warning! 10 Buah Tidak Baik Bagi Kesehatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

https://www.k24klik.com/blog/warning-10-buah-tidak-baik-bagi-kesehatan/
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Buah-buahan memang sangat disenangi oleh masyarakat, karena mengandung protein, kalsium, vitamin dan serat yang cukup melimpah. Oleh karena itu buah banyak dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Akan tetapi, tahukah anda jika ternyata ada buah-buahan yang tidak baik untuk kesehatan kita? Ada beberapa jenis buah-buahan yang memiliki kandungan bahaya yang tidak baik untuk dikonsumsi. Untuk itu kita harus berhati-hati dan banyak menggali informasi tentang buah yang berbahaya untuk kita. Mari kita simak jenis buah-buahan yang berbahaya berikut ini.

Buah-buahan yang tidak baik jika dikonsumsi sembarang

1.Kacang Tanah

Buah yang tidak baik untuk kesehatan pertama diduduki oleh kacang tanah. Kandungan aflatoksin merupakan zat bahaya yang terkandung dalam kacang tanah. Terutama pada kacang tanah yang busuk atau sudah berjamur maka kandungan toksiknya sangat tinggi. Kacang tanah yang tidak dimasak secara sempurna maka sangat berbahaya bagi kesehatan kita karena mengandung racun di dalamnya. 

Zat alfatoksin bisa dihancurkan pada suhu 250 derajat celcius sehingga kita harus memasak kacang tanah secara sempurna agar aman dikonsumsi. Cara lain untuk memastikan kandungan racun tersebut hilang yaitu dengan menjemur kacang tanah yang telah dikupas dibawah panas matahari selama kurang lebih 6 jam.

2.Nanas

Buah nanas ternyata memiliki kandungan gula yang sangat tinggi oleh karena itu buah ini harus dihindari oleh penderita diabetes. Nanas muda juga memiliki kandungan enzim bromelin yang bersifat panas. Enzim bromelin jika dikonsumsi ibu hamil bisa mematikan janin yang dikandungnya. Dr. Devia Irine Putri menyampaikan, konsumsi nanas tidak disarankan untuk ibu hamil karena kandungan enzyme bromelain dapat menyebabkan pelunakan pada serviks.

3.Ceri

Dibalik bentuknya yang mungil dan cantik, ternyata buah ceri memiliki bagian berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Biji dan daun ceri mengandung hydrogen sianida yang sangat beracun. Jika kita mengonsumsinya maka akan timbul gejala sakit kepala, kebingungan hingga muntah. Lebih bahaya lagi jika kita mengonsumsi dalam jumlah besar maka akan menyebabkan sesak napas, hipertensi hingga mengalami gagal ginjal.

4.Papaya

Pada bagian batang, daun dan getah pepaya muda mengandung enzim papain yang sangat tinggi. Enzim ini sangat berbahaya untuk janin bahkan menyebabkan keguguran. Sehingga untuk ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya muda.

Buah-buahan yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan (www.freepik.com)

5.Durian

Durian sangat digemari oleh masyarakat karena kenikmatannya dan aroma yang khas. Tapi ternyata buah durian memiliki kandungan alkohol dan asam arakidonat yang cukup tinggi. Konsumsi buah durian secara berlebihan sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat mengalami resiko keguguran pada janinnya.

6.Almond

Salah satu kacang mahal ini sering kita konsumsi bersamaan dengan coklat. Tak disangka-sangka jika almond memiliki kandungan racun sianida. Saking bahayanya racun ini menyebabkan kacang almond mentah tidak boleh diperjual belikan secara bebas. 

Kita bisa menghilangkan kandungan racun berbahaya ini dengan cara memasak almond dengan suhu 93 derajat celcius. Setelah itu rasa pahit dan racunnya akan hilang sehingga kita aman mengkonsumsinya.

7.Apel

Sama halnya dengan kacang almond, buah apel juga merupakan salah satu buah yang tidak baik untuk kesehatan karena kandungan sianida di dalamnya. Bedanya, buah apel yang mengandung sianida hanya bijinya saja. Oleh karena itu jika kita mengonsumsi buah apel kita harus membuang bijinya. 

8. Pare

Sedikit masyarakat yang tau bahwa pare tidak boleh dikonsumsi berlebihan, pare ini dapat mengakibatkan keracunan. Gejala yang akan timbul seperti sakit di bagian kepala, diare, sakit perut, mual hingga muntah.

9.Aprikot

Tak disangka-sangka bahwa biji aprikot mengandung racun glikosida sianogen yang berupa senyawa amigladin. Jika kita memakannya secara berlebihan maka akan timbul gejala keracunan meliputi demam, ruam, mual, nyeri sendi hingga hipotensi.

10.Cabai

Dibalik cabai yang familiar bagi kita, ternyata cabai sangat berbahaya jika dikonsumsi bagi penderita maag. Konsumsi cabai secara berlebihan dapat menyebabkan kanker lambung, detak jantung menjadi lebih cepat serta suhu tubuh meningkat.

Itulah beberapa buah yang tidak baik untuk kesehatan. Kedepannya kita harus lebih berhati-hati untuk mengonsumsi buah terutama jangan sampai berlebihan. Semoga bermanfaat ya Sobat Sehat.