Toilet Umum Tetap Aman Dipakai, Bagaimana Tipsnya? (Update 2020)

Published by Maretta Putri on

Dikurasi Oleh : Apt. Maretta Putri Ardenari, S.,Farm.

Sobat sehat, sudah bukan rahasia lagi jika toilet umum merupakan tempat yang berpotensi untuk menjadi sumber penyebaran penyakit. Walau terlihat bersih sekalipun, banyak kuman penyebab penyakit yang bersarang di toilet umum. Mulai dari kenop pintu hingga kloset toilet dapat menjadi sarang kuman penyakit.

Bagaimana menggunakan toilet umum secara aman?

Pada saat bepergian dan melakukan aktifitas di luar rumah, tidak jarang kita ‘dituntut’ untuk menggunakan toilet umum. Terkadang muncul kekhawatiran akan ancaman kuman penyakit dan virus yang tersembunyi di balik pintu toilet. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kita menjaga diri sendiri. Beberapa tips yang diinfokan oleh Dinkes Bantul, Yogyakarta, antara lain:

  1. Hindari memegang kenop pintu. Setiap orang yang keluar masuk toilet umum, pasti memegang kenop pintu. Tangan-tangan inilah yang berpotensi membawa kuman dan menempel di kenop pintu. Anda dapat mensiasati dengan memegang permukaan lain dari pintu atau lapisi tangan Anda dengan tisu pada saat memutar kenop pintu.
  2. Letakkan barang bawaan Anda di tempat aman dan bersih, seperti di gantungan yang tersedia di dalam toilet. Hindari meletakkan barang bawaan atau tas Anda di lantai.
  3. Kenakan alas kaki Anda. Meskipun toilet yang Anda kunjungi bersih, sebaiknya tidak melepas alas kaki untuk menghindari kuman menempel pada kulit kaki Anda.
  4. Hindari menyentuh benda-benda di toilet jika memang tidak diperlukan untuk meminimalisir paparan kuman.
  5. Siram kloset terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika toilet umum menggunakan kloset duduk, lap atau bersihkan dudukan kloset dengan tisu terlebih dahulu. Gunakan tisu untuk melapisi dudukan kloset.

    Tips Selanjutnya..

  6. Gunakan Sanitizer khusus Toilet yang bisa di semprotkan pada kloset duduk sebelum Anda menggunakannya.
    Produk tersebut dapat kalian pesan di K24Klik lho..
  7. Setelah buang air besar maupun kecil, basuhlah dengan benar dari arah depan ke belakang, kemudian keringkan dengan tisu toilet agar daerah genital tidak lembab dan menjadi tempat tumbuhnya jamur.
  8. Pada toilet dengan kloset duduk, tutup kloset pada saat Anda menekan tombol flush untuk menghindari percikan air yang mengandung kuman dan bakteri.
  9. Selalu bersihkan tangan Anda setelah buang air kecil maupun besar. cuci tangan menggunakan sabun selama 20-30 detik, kemudian basuh hingga bersih dan keringkan dengan tissue. Hindari mengeringkan tangan menggunakan pengering tangan karena berpotensi membawa bakteri di udara ke tangan Anda.
  10. Pada saat menggunakan wastafel, nyalakan setengahnya saja agar aliran air yang keluar tidak terlalu deras dan tidak memercik ke badan maupun wajah Anda. Wastafel merupakan salah satu tempat yang paling banyak kumannya di dalam toilet.
    Mencuci Tangan
  11. Jika perlu, gunakan cairan atau gel antiseptik tangan setelah Anda keluar dari toilet.

Penyakit apa yang sering muncul akibat Toilet Kotor?

toilet umum

Banyak penyakit yang bisa menghampiri kita pada saat kita menggunakan toilet umum apalagi toilet kotor, diantaranya:

  1. Demam Tifoid
  2. Kolera
  3. Diare
  4. Hepatitis A

Tindakan pencegahan yang kita lakukan terkadang belum cukup menjaga diri kita dari paparan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu, pola hidup sehat dan selalu menjaga kesehatan dalam kondisi apapun juga perlu kita lakukan. Semoga tips di atas bermanfaat!

Apabila Sobat Sehat membutuhkan berbagai macam obat ataupun kebutuhan kesehatan lainnya, ordernya hanya di K24Klik!

#KanAdaK24Klik