Share this:

rain-photography-18-575x383

Sesuai dengan namanya, sindrom ini biasanya ditandai dengan munculnya perasaan sedih, cemas, mudah menggerutu, moody, kehilangan minat akan aktivitas yang biasa dikerjakan, sering mengantuk terutama di siang hari, cepat putus asa, sulit konsentrasi dan malas beraktivitas.

Sindrom gangguan musiman ini dapat menyerang kapan saja. Akan tetapi, serangan sindrom perasaan ‘galau’ ini akan sangat terasa saat musim dingin atau musim hujan, dimana udara atau suhu menjadi lebih dingin dan hangatnya cahaya matahari sangat jarang terasa. Serangan sindrom ini tentu saja dapat sangat mengganggu jika anda diharuskan untuk selalu aktif bekerja atau belajar. Sebisa mungkin, kita harus berusaha untuk mengatasi gangguan-gangguan tersebut agar tetap semangat dan aktif dalam kondisi cuaca apapun.

Berikut beberapa tips mudah yang dapat anda lakukan untuk membantu mengatasi SAD syndrome :

SAD (1)

  1. Usahakan untuk istirahat cukup dan teratur setiap harinya.
  2. Perbanyak konsumsi makanan sehat dan bergizi.
  3. Luangkan waktu untuk bersantai dan memanjakan diri. Hal ini bermanfaat untuk membuat pikiran dan tubuh anda lebih rileks.
  4. Lakukan manajemen stres dengan mempelajari cara pengelolaan stres dengan baik.
  5. Bersosialisasi, karena banyak bergaul dan berbagi canda tawa dengan orang sekitar akan membuat suasana hati anda jauh lebih baik dan lebih ringan dari sebelumnya.
  6. Jalan-jalan ke wilayah dengan kondisi cuaca yang lebih cerah dan hangat.
  7. Hindari penggunaan obat-obatan dan minum minuman beralkohol sebagai pelarian dari perasaan murung dan sedih yang mendera.

Semoga tips tersebut bermanfaat bagi anda agar tidak galau lagi, perasaan anda menjadi lebih gembira, dan terasa ringan selama musim hujan kali ini. Karena, hati yang gembira adalah obat.

Sumber : webmd.com dan berbagai sumber