5 Tips Memulihkan Kesehatan Lansia Setelah Sakit

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-tips-memulihkan-kesehatan-lansia-setelah-sakit
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Ada beberapa tips memulihkan kesehatan lansia setelah sakit. Untuk Sobat Sehat yang sedang membutuhkannya, tim K24klik sudah merangkumkan dari berbagai sumber. Berikut ini uraiannya.

Vitamin B menjadi salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan sangat penting bagi tubuh, terutama untuk lansia. Vitamin ini mampu untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan, serta fungsi tubuh yang lainnya.

Menyadari betapa pentingnya vitamin B, maka Anda disarankan untuk selalu mengikutsertakan vitamin ini di dalam setiap makanan yang Anda konsumsi, terutama bagi lansia yang sedang dalam pemulihan sakit.

Vitamin B12 Dibutuhkan Oleh Lansia

Dari beberapa jenis vitamin B yang ada, salah satu yang sangat dibutuhkan oleh lansia adalah vitamin B12. Vitamin ini bisa diserap secara baik oleh usus. Namun vitamin ini perlu untuk diikat dahulu oleh suatu zat yang dihasilkan dari lambung. Lansia yang membutuhkan vitamin B12 adalah yang mengalami masalah pada pencernaannya. 

Jika penyerapan vitamin B12 bermasalah, maka hal ini bisa membuat Anda terserang anemia, gangguan saraf, kesemutan, sampai mengalami iritasi pada lidah. Ketika lansia mengalami masalah di bagian sistem pencernaan dan membuat vitamin B12 tidak dapat diserap, maka lansia tidak bisa diberikan suplemen B12. 

Tetapi jika sistem pencernaan pada lansia baik beserta dengan kondisi fisik yang baik, maka vitamin B12 bisa terus Anda penuhi dengan mengonsumsi daging yang tanpa lemak.

Tips Memulihkan Kesehatan Lansia Setelah Sakit

Untuk memulihkan lansia setelah jatuh sakit, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1.Memastikan Agar Makan Secara Teratur

Diketahui bahwa lansia yang sedang sakit biasanya mengalami penurunan nafsu makan. Selain itu, indra perasa juga terasa hambar serta kesulitan mengunyah akibat masalah gigi.

Oleh karena itu, penting untuk mengatur jadwal makan setiap harinya. Baik itu makan pagi, siang, dan malam agar memiliki waktu khususnya dan diterapkan setiap hari.

2. Memperhatikan Jumlah Kalori  dan Nutrisi Pada Makanan

Penting sekali agar asupan kalori pada lansia diperhatikan setiap harinya. Karena jika asupan kalori terlalu sedikit, maka akan memperlambat proses penyembuhan.

Jumlah kalori yang disarankan untuk lansia saat pemulihan sakit adalah 35 kalori per kg berat badan. Tidak lupa untuk memberikan makanan-makanan sehat yang kaya akan vitamin serta mineral.

3. Memastikan Lansia Minum Susu

Agar proses pemulihan sakit lebih cepat, maka bisa didukung dengan mengonsumsi susu. Namun, susu tersebut haruslah yang mengandung beta-hydroxy-beta-methylbutyrate (HMB).

Ini adalah senyawa hasil dari pemecahan asam amino leusin. Senyawa ini mampu untuk menurunkan pemecahan protein serta meningkatkan terbentuknya protein di tubuh. Apalagi susu mengandung vitamin B, yakni vitamin B12 yang sangat dibutuhkan oleh lansia.

4. Selalu Mencukupi Kebutuhan Akan Cairan

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan akan cairan pada lansia yang sedang sakit. Hal ini dapat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Selain mengonsumsi air dan susu, juga bisa memberikan buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air. Seperti semangka, jeruk, dan stroberi. Sehingga hal ini mampu untuk mencegah terjadinya dehidrasi. 

5. Beristirahat yang Cukup

Selain memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral, lansia juga harus beristirahat secara cukup. Untuk Anda yang berusia di atas 65 tahun, sebaiknya memenuhi kebutuhan tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam. Dengan beristirahat secara cukup, hal ini juga bisa menghindarkan Anda dari terjadinya stres.

Dengan begitu, lansia haruslah selalu mendapatkan perhatian yang ekstra akan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi saat dalam pemulihan setelah sakit. Vitamin B berupa vitamin B12 sangatlah penting untuk dipenuhi oleh lansia.

Nah, itulah beberapa tips memulihkan kesehatan lansia yang bisa Sobat Sehat lakukan. Jadi, ketika ada lansia di sekitar Anda, bisa langsung terapkan salah satu langkah di atas.