fbpx

DIABETES GESTASIONAL PADA IBU HAMIL (Update 2020)

Published by Maretta Putri on

Dikurasi Oleh: Maretta Putri A., S.Farm., Apt.

Diabetes Gestasional Pada Ibu Hamil

Saat menjalani kehamilan, seorang wanita harus benar-benar memelihara kesehatannya. Pasalnya, kondisi kesehatan tubuh ibu hamil akan berpengaruh pada tumbuh kembang janin di dalam perutnya.

Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah gejala diabetes gestasional. Jenis penyakit gula ini tidak terjadi karena faktor keturunan. Biasanya, penyakit tersebut kerap menimpa wanita yang sedang hamil tua.

Tanda-tanda Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil,

Berikut ini beberapa gejala yang muncul diabetes gestasional pada ibu hamil.

  1. Sering Merasa Haus

Ibu hamil yang mengalamai diabetes gestasional biasanya akan mudah merasa haus. Jika orang normal pada umumnya hanya mengonsumsi sekitar 8 gelas air, penderita penyakit tersebut mampu meminum air dalam jumlah yang jauh lebih banyak.

Kadar gula yang tinggi membuat jaringan tubuh mudah menyerap air dari dalam. Jadi, meskipun sudah minum banyak air, penderita tetap merasa haus dan selalu ingin minum.

  1. Sering Buang Air Kecil

Selain mengonsumsi banyak air, diabetes gestasional pada ibu hamil juga menyebabkan penderita sering kali buang air kecil. Rasa ingin buang air tersebut umumnya muncul setelah ia minum air. Akibatnya, fungsi ginjal dan saluran kemih pun bisa terganggu karena terlalu sering menampung air dalam jumlah yang berlebihan.

  1. Mulut Terasa Kering

Meskipun sering mengonsumsi air dalam jumlah yang besar, ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional juga tetap merasa bahwa mulutnya kering. Hal tersebut terjadi karena jumlah air liur yang ada di dalam mulut pun menjadi lebih sedikit. Tidak hanya selalu merasa haus, penderita biasanya juga akan mengalami bibir kering atau pecah-pecah.

  1. Mudah Merasa Lelah

Diabetes gestasional pada ibu hamil juga dapat membuat penderita mudah merasa lelah. Hal itu merupakan akibat dari perubahan hormon serta jumlah kadar gula darah yang kian meningkat. Pada kasus yang cukup parah, penderita bahkan bisa merasa sangat lelah hingga kesulitan beranjak dari tempat tidur.

  1. Mudah Mengantuk

Diabetes gestasional pada ibu hamil

https://www.freepik.com/

Dengan gula darah yang tinggi, ibu hamil penderita diabetes gestasional juga bisa berubah menjadi seseorang yang mudah mengantuk. Ketika tidur, mereka biasanya akan mendengkur akibat adanya tekanan dari dalam tubuh.

  1. Pandangan Agak Kabur

Dehidrasi memang kerap membuat seseorang menjadi kurang konsentrasi. Rasa haus yang berlebihan pada penderita diabetes gestasional ini juga dapat menjadikan penglihatan seseorang menjadi kurang fokus dan agak kabur. Apalagi jika kadar gula terus meningkat, cairan dalam tubuh, termasuk cairan pada mata pun kian berkurang sehingga kualitas penglihatan bisa semakin menurun.

  1. Mudah Lapar

Tanda lain yang dapat dilihat pada penderita diabetes gestasional adalah adanya rasa lapar yang berlebihan. Meskipun sudah makan dalam porsi yang cukup besar, penderita akan tetap merasa lapar dan selalu ingin makan. Jika makanan yang dikonsumsi banyak mengandung gula, hal itu tentu malah bisa memperburuk kondisinya.

Itulah beberapa tanda atau gejala diabetes gestasional pada ibu hamil. Sebelum terkena penyakit tersebut, ada baiknya ibu hamil selalu menjaga kesehatan melalui penerapan gaya hidup sehat. Namun apabila sudah telanjur menderitanya, langkah yang paling tepat tentu dengan segera menghubungi dokter untuk mendapatkan bantuan pengobatan agar janin yang dikandung tetap sehat dan terus berkembang dengan normal.


Tips Agar Ibu Hamil Terhindar dari Diabetes Gestasional, Lakukan Ini!

Diabetes gestasional merupakan kondisi ketika kadar gula dalam tubuh pada ibu hamil melonjak drastis menjadi sangat tinggi. Berbeda dari diabetes pada umumnya yang terjadi karena faktor keturunan, penyakit ini muncul hanya pada saat seseorang mengalami kehamilan dengan usia kandungan di atas 6 bulan.

Dengan kadar gula darah yang cukup tinggi, penderita biasanya akan mengalami gejala diabetes gentasional seperti mudah merasa haus, lapar, mengantuk, kelelahan, serta sering buang air kecil. Jika dibiarkan terus menerus, hal tersebut tentu dapat memengaruhi kondisi tubuh sang ibu serta perkembangan janin yang sedang dikandungnya.

Supaya terhindar dari diabetes gestasional, berikut beberapa tips yang wajib dilakukan oleh seluruh ibu hamil.

  1. Tips Agar Ibu Hamil Terhindar dari Diabetes Gestasional, Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur memiliki manfaat yang begitu besar bagi ibu hamil. Dengan mengonsumsi variasi buah dan sayur setiap hari, jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh pun akan mudah dipenuhi.

Misalnya, apabila ingin mendapatkan asupan asam folat dan zat besi, ibu hamil perlu banyak mengonsumsi sayuran hijau. Sementara jika ingin memenuhi kebutuhan vitamin, ibu hamil harus rajin makan beragam jenis buah segar.

Meskipun terkadang manis, sebagian besar buah segar memiliki kadar gula yang rendah sehingga tetap aman untuk dikonsumsi. Bahkan, keberadaannya juga dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah sehingga risiko diabetes pada ibu hamil pun dapat diminimalisasi.

  1. Menambah Asupan Kalsium

Kalsium memiliki peran penting bagi kesehatan ibu hamil. Selain membantu perkembangan janin, kalsium juga dapat memperkokoh tulang serta memperkuat sistem metabolisme tubuh sang ibu. Beberapa contoh makanan yang dapat dikonsumsi ibu hamil agar terhindar dari diabetes gestasional, antara lain: susu kedelai, susu rendah lemak, produk olahan susu, wijen, serta tahu.

  1. Mengurangi Makanan Berminyak

Makanan berminyak, seperti gorengan, biasanya banyak mengandung lemak jenuh yang dapat memicu kolesterol dalam darah dan bisa meningkatkan risiko diabetes. Selain itu, makanan berminyak yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menurunkan sistem kerja metabolisme tubuh sehingga menjadikan ibu hamil lebih mudah sakit.

  1. Mengurangi Makanan yang Banyak Mengandung Gula

tips agar ibu hamil terhindar dari diabetes gestasional

www.freepik.com

Makanan manis memang kerap menggugah selera. Namun, ibu hamil harus mampu menahan diri untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, makanan dan minuman yang mengandung banyak gula akan dengan mudah menaikkan kadar gula dalam darah. Beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dikontrol jumlahnya adalah minuman bersoda, manisan kemasan, kue, serta kolak.

  1. Melakukan Olahraga Khusus Ibu Hamil

Diabetes gestasional pada ibu hamil juga dapat dihindari melalui aktivitas olahraga teratur. Tentu saja, gerakan-gerakan olahraga untuk ibu hamil berbeda dengan jenis olahraga untuk orang yang tidak hamil. Supaya aman, ibu hamil dapat mengikuti program khusus yang dipandu oleh instruktrur profesional.

Baca Juga: Jaga Kondisi Kandungan dengan Panduan Olahraga selama Hamil Ini

  1. Memeriksakan Diri secara Teratur

Apabila gaya hidup sehat mulai dari pemilihan makanan yang dikonsumsi hingga olahraga sudah dijalani, hal lain yang perlu dilakukan oleh ibu hamil adalah memeriksakan diri secara teratur. Dengan pemeriksaan secara berkala, ibu hamil dapat memantau perkembangan kesehatan diri dan janin yang dikandungnya. Jadi, keduanya bisa terus sehat hingga sang buah hati lahir dengan selamat ke dunia.

Demikianlah beberapa tips agar ibu hamil terhindar dari diabetes gestasional. Semoga bermanfaat.
Selalu rutin untuk lakukan kontrol kehamilan Anda, agar Ibu dan Bayi tetap sehat 🙂 dan jangan lupa tetap konsumsi vitamin secara teratur.

Jika Bunda membutuhkan vitamin penunjang, Bunda bisa mendapatkan mudah di K24Klik

#KanAdaK24Klik


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *