Susu Prenagen : Manfaat, Kandungan Gizi dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Susu Prenagen : Manfaat, Kandungan Gizi dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Memiliki momongan tentu menjadi impian sebagian besar pasangan. Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan yang matang. Mulai dari menjaga asupan nutrisi harian, cukup istirahat, olahraga rutin, dan menghindari stres. Tak jarang pula wanita memilih untuk mengonsumsi susu sebagai salah satu langkah mempersiapkan kehamilan, salah satunya adalah susu prenagen.

Manfaat Mengonsumsi Susu Prenagen untuk Persiapan dan Selama Hamil

Susu hamil mungkin memiliki rasa yang kurang lezat dibandingkan dengan susu pada umumnya. Namun, konsumsinya tentu tidak dilakukan tanpa alasan. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi susu kehamilan, dalam hal ini susu prenagen, di antaranya:

  • Memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk ibu dan janin. Selama persiapan kehamilan dan masa kehamilan, wanita memerlukan asupan nutrisi penting seperti kalsium, asam folat, protein, dan vitamin D. konsumsi susu kehamilan juga dianjurkan untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness dan hiperemesis gravidarum.
  • Mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Sebuah penelitian menyebutkan, konsumsi susu kehamilan selama mengandung membuat ibu berpotensi melahirkan anak dengan tinggi badan lebih yang terlihat pada usia remaja.
  • Mencegah terjadinya masalah kesehatan selama hamil. Ibu hamil rentan mengalami osteoporosis. Mengonsumsi susu kehamilan yang kaya kandungan kalsium akan mengurangi risiko gangguan kesehatan ini.

Kandungan Nutrisi Susu Prenagen

Sebagai minuman penunjang kesehatan saat mempersiapkan kehamilan dan selama mengandung, susu prenagen dilengkapi dengan berbagai kandungan nutrisi penting. Ini termasuk asam folat, kalsium, protein, vitamin D, vitamin E, zat besi, kolin, vitamin B6, dan DHA.

Selain itu, susu prenagen juga memiliki formulasi khusus untuk ibu menyusui sehingga kebutuhan nutrisi harian ibu dan sang buah hati yang masih menyusui tetap terjaga. Kandungan nutrisi ini termasuk Omega-3, 6, dan 9. AA dan DHA, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin D, insulin, dan magnesium.

Rekomendasi Susu Prenagen untuk Persiapan, Masa Kehamilan, dan Menyusui

Baik untuk mempersiapkan kehamilan, menjalani masa kehamilan yang sehat, atau sedang menyusui sang buah hati, Anda tentu memerlukan asupan nutrisi seimbang. Berikut pilihan susu prenagen yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan:

1. Susu Prenagen Esensis

susu prenagen esensis

Prenagen Esensis merupakan susu prenagen promil untuk mempersiapkan kehamilan dengan kandungan zinc dan rendah lemak yang membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi sehingga bisa berfungsi dengan optimal. Berikut kandungan nutrisi dan manfaat susu prenagen esensis:

  • Sumber protein untuk membangun sekaligus memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.
  • Asam folat untuk membantu meningkatkan kesuburan dan mencegah terjadinya cacat saraf atau neural tube defect (NTD).
  • Zinc atau seng untuk membantu memelihara kesehatan sistem reproduksi sehingga bisa bekerja optimal.
  • Rendah lemak untuk memastikan berat badan tetap ideal selama mempersiapkan kehamilan yang sehat.

Prenagen Esensis hadir dalam tiga varian rasa, yaitu French Vanilla, Velvety Chocolate, dan Groovy Moka yang bisa Anda sesuaikan dengan kesukaan.

Kisaran harga: mulai dari Rp36.849 per pcs untuk ukuran 180 gr. tersedia varian rasa lain di bagian produk terkait.

Beli Prenagen Ensensis Klik di Sini

2. Susu Prenagen Emesis

susu prenagen emesis

Selanjutnya ada Prenagen Emesis, susu prenagen trimester 1 yang bisa dikonsumsi untuk ibu hamil 1-3 bulan. Memiliki kandungan nutrisi yang pas untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil trimester pertama dan telah teruji klinis membantu mengurangi mual dan muntah hingga 90 persen. Susu prenagen ini mengandung nutrisi dan manfaat sebagai berikut:

  • Vitamin B6 untuk membantu mengurangi mual dan muntah.
  • Sumber protein untuk mendukung perkembangan janin.
  • Vitamin B9 atau asam folat untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada janin.
  • Zat besi yang membantu mencegah perdarahan saat persalinan.
  • Kalsium yang membantu mengoptimalkan pembentukan tulang bayi sekaligus menjaga kepadatan tulang ibu selama masa kehamilan.
  • DHA dan omega-3 yang bermanfaat untuk mendukung kecerdasan bayi.

Prenagen Emesis hadir dalam tiga varian rasa, yaitu Lovely Strawberry, Velvety Chocolate, dan Vanilla Delight yang bisa Anda sesuaikan dengan kesukaan.

Kisaran harga: mulai dari Rp43.413 per pcs untuk ukuran 200 gr. tersedia varian rasa lain di bagian produk terkait.

Beli Prenagen Emesis Klik di Sini

3. Susu Prenagen Mommy

Susu Prenagen Mommy  ada 2 yaitu prenagen mommy 1 dan 2. Prenangen mommy 1 diformulasikan khusus untuk ibu hamil saat memasuki trimester pertama (1-3 bulan pertama) sedangkan prenangen mommy 2 setelah trimester pertama atau usia tiga bulan ke atas. Susu ini diformulasikan dengan kandungan nutrisi makro yang sangat penting, di antaranya:

  • Sumber protein yang membantu mengoptimalkan perkembangan janin.
  • Vitamin B6 atau asam folat untuk pembentukan otak janin dan mencegah terjadinya cacat tabung saraf.
  • DHA dan omega-3 untuk mengoptimalkan perkembangan otak janin.
  • Kalsium yang membantu pembentukan tulang bayi sekaligus menjaga kepadatan tulang ibu.
  • Zat besi yang membantu mencegah terjadinya perdarahan saat persalinan.

Susu Prenagen Mommy hadir dalam beberapa varian rasa yang membuat ibu hamil tidak merasa bosan untuk mengonsumsinya setiap hari.

Kisaran harga: mulai dari Rp42.657 per pcs untuk ukuran 200 gr. tersedia varian rasa lain di bagian produk terkait.

Beli Prenagen Mommy Klik di Sini

4. Prenagen Lactamom

susu prenagen lactamom

Susu prenagen untuk ibu menyusui dengan kandungan nutrisi lengkap untuk membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, menjaga kepadatan tulang ibu, dan membantu mengoptimalkan perkembangan otak sang buah hati. Kandungan nutrisi dan manfaat dari susu prenagen menyusui Lactamom sebagai berikut:

  • Kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, dan vitamin D untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang ibu.
  • Vitamin B2 dan B12 untuk membantu mengoptimalkan kualitas dan kuantitas ASI ibu selama menyusui.
  • AA, DHA, kolin, serta omega-3, 6, dan 9 yang membantu mengoptimalkan perkembangan otak sang buah hati.

Prenagen Lactamom tersedia dalam beberapa varian rasa, yaitu Velvety Chocolate, Groovy Mocha, dan French Vanilla yang bisa Anda sesuaikan dengan kesukaan.

Kisaran harga: mulai dari Rp43.960 per pcs untuk ukuran 200 gr.

Beli Prenagen Lactamom Klik di Sini

5. Prenagen UHT 200 ml

Selain itu, susu prenagen juga memiliki produk prenagen UHT yang menjadi camilan sehat dan dapat dikonsumsi setiap saat. Susu kemasan ekonomis siap minum ini memiliki kandungan rendah lemak dan laktosa.

Kisaran harga: Rp10.960 per pcs.

Beli Prenagen UHT Klik di Sini

Demikian tadi rekomendasi susu prenagen untuk persiapan kehamilan, memasuki masa kehamilan awal (trimester pertama), kehamilan trimester kedua dan ketiga, serta memasuki fase menyusui. Anda bisa membeli semua produk susu prenagen, termasuk Prenagen UHT di apotek, salah satunya Apotek K24 secara online melalui aplikasi K24Klik.

K24Klik merupakan apotek online pertama yang ada di Indonesia dengan jam operasional selama 24 jam penuh untuk melayani konsultasi, pemesanan suplemen, obat, dan kebutuhan medis lainnya, serta pengantaran. K24Klik menjamin pengiriman barang cepat, bahkan kurang dari 1 jam sampai ke alamat Anda. Semoga bermanfaat.

Referensi:

https://www.livestrong.com/article/530321-cultured-milk-pregnancy/, diakses pada 23 Oktober 2022.

https://parenting.firstcry.com/articles/drinking-milk-during-pregnancy-is-it-good-for-you/, diakses pada 23 Oktober 2022.

https://www.prenagen.com/id/produk-kami, diakses pada 23 Oktober 2022.