15 Salep Luka Bakar agar Cepat Kering di Apotik dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Salep Luka Bakar agar Cepat Kering di Apotik dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Salep luka bakar merupakan salah satu terapi pengobatan untuk mengatasi luka kecelakaan minor akibat terbakar. Entah itu terbakar langsung oleh api, tersengat listrik, atau karena bersinggungan dengan benda yang terlalu panas.

Tidak semua kulit mampu menahan kecelakaan semacam ini. Kebanyakan pasti menimbulkan luka terbuka dan berdarah, melepuh, atau paling tidak kemerahan yang lama-lama membuat lapisan kulit terluar mengelupas.

Luka bakar sendiri bukan luka yang mudah diobati. Supaya cepat kering dan meminimalisasi munculnya bekas luka di masa mendatang dibutuhkan terapi salep atau obat luka bakar. Berikut ulasannya.

Rekomendasi Salep Luka Bakar

1. Bioskin Gel

Bioskin Gel obat kutu air

Tekstur gel merupakan salah satu alasan salep ini dipilih untuk mengobati luka akibat terbakar, tersiram air panas, tersengat matahari, gatal-gatal, atau terkena gigitan serangga.

Terbuat dari komposisi beberapa bahan alami seperti tea tree oil, aloe vera, dan ekstrak herbal centellae. Bioskin Gel diketahui dapat membantu meminimalisasi risiko timbulnya bekas akibat luka. Harga Bioskin Gel di K24Klik sekitar Rp45.609 per tube untuk kemasan 60gram.

Beli Bioskin Gel klik di Sini

2. Betadine Oint

Betadine Oint salep luka bakar

Merek Betadine sudah lama dikenal sebagai obat merah untuk mengobati luka terbuka. Untuk mengatasi luka bakar, Betadine Oint adalah pilihan tepat. Dengan kandungan utama bahan Povidone Iodine, obat ini dapat mencegah infeksi pada luka bakar minor, luka sayatan, atau luka akibat tergaruk.

Tersedia dalam dosis 20 gram dan 5 gram, bersihkan dulu luka sebelum mengaplikasikan Betadine Oint. Untuk kemasan 20 gram, Betadine Oint dibanderol sekitar Rp36.893 per tube di apotik, termasuk K24Klik.

Beli Betadine klik di Sini

3. Bioplacenton Gel

Terbuat dari 10% plasenta sapi, dan neomycin sulfate, manfaat utama Bioplacenton Gel adalah untuk menyembuhkan luka bakar, luka infeksi, atau ulcus. Tekstur gel yang dimiliki obat ini diketahui akan membuat luka terasa dingin serta nyaman.

Bioplacenton Gel tersedia dalam kemasan tube dengan berat 15 gram tersedia di K24Klik. Jika ingin membeli Bioplacenton untuk luka bakar, harga jual yang diterapkan sekitar Rp32.653 per tube.

Beli Bioplacenton Gel klik di Sini

4. Enbatic Oint

Enbatic Oint salep luka bakar

Enbatic Oint adalah salep untuk luka bakar berbahan utama Bacitracin Zinc 500iu. Tidak hanya luka bakar, Enbatic Oint juga bisa diaplikasikan pada luka akibat operasi, pioderma, atau folikulitis.

Penggunaan obat ini adalah dengan mengoleskannya secara langsung pada luka yang telah dibersihkan. Enbatic Oint sendiri bisa dibeli di K24Klik dengan harga sekitar Rp11.035.

Beli Enbatic Oint di Sini

5. Minol Drop

Minol Drop salep luka bakar

Obat ini termasuk kategori minyak untuk mengobati luka dan terbuat dari bahan-bahan alami serta memiliki aroma tradisional khas. Meskipun begitu, Minol Drop diketahui cukup ampuh dalam mengatasi berbagai jenis luka termasuk luka bakar terkena air panas.

Tersedia dalam dua jenis kemasan, yaitu 15ml dan 5ml, Minol Drop banyak ditemukan di toko obat ataupun apotik. Di Apotik K24, Minol Drop bisa didapatkan dengan harga Rp13.188 per botol.

Beli Minol Drop klik di Sini

6. Desolex Lot 0,05%

desolex salep luka bakar

Bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung yang menimbulkan luka pada kulit, Desolex Lot 0,05% adalah pilihan terapi yang tepat. Dengan kandungan bahan utama Desonide, Desolex juga diketahui bisa mengatasi luka akibat penyakit kulit lainnya.

Pengolesan Desolex Lot 0,05% secara rutin pada luka dapat mengobati sekaligus membuat luka cepat kering. Sebagai informasi, harga Desolex Lot di K24Klik sekitar Rp73.471/botol.

Beli Desolex klik di Sini

7. Centabio Gel 20gram

Centabio salep luka bakar

Salep luka bakar ini termasuk salah satu yang direkomendasikan karena memiliki kandungan antibiotik aktif. Bahan aktif tersebut diketahui dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar dan luka infeksi.

Centabio Gel bisa diaplikasikan pada kulit dengan cara dioles tipis pada bagian yang luka sebanyak 2 – 5 kali sehari. Di K24Klik, harga Centabio Gel sekitar Rp34.267 per tube.

Beli Centabio Gel klik di Sini

8. Dermatix Ultra Cr

dermatic ultra cr

Untuk luka bakar lama yang sudah menjadi bekas, Dermatix Ultra Cr adalah pilihan tepat. Mengandung bahan utama dimethicone dan polysiloxane, obat ini diketahui dapat mengobati bekas luka lain seperti keloid, parut karena operasi, dan luka trauma.

Harga Dermatix Ultra Cr kemasan 15 gram di K24Klik cukup pricey, tetapi manfaatnya cukup efektif. Adapun harga jual Dermatix Ultra Cr adalah Rp323.234 per tube.

Beli Dermatix klik di Sini

9. Braun Prontosan Gel

Braun Prontosan Gel termasuk salah satu salep luka bakar dengan fungsi utama melembapkan dan menghilangkan bekas luka. Kandungan glyceryl di dalamnya diketahui dapat mempercepat proses pemulihan segala jenis luka termasuk luka bakar melepuh.

Harga Braun Prontosan Gel di K24Klik sendiri sekitar Rp325.097 per botol kemasan 30ml. Termasuk wajar mengingat manfaat dan hasil yang diberikan salep berbentuk gel ini.

Beli Braun Prontosan Gel klik di Sini

10. Antifect Sol

Antifect Sol salep luka bakar

Pengobatan luka akibat terbakar yang cukup efektif adalah menyesuaikan dengan derajat luka bakar yang dialami. Untuk luka bakar ringan, Antifect Sol adalah pilihan tepat.

Kandungan bahan utama Antifect Sol adalah Povidon Iodine yang diketahui dapat mengobati beberapa jenis luka lain seperti luka sayatan, lecet, atau sekadar untuk antiseptik kulit. Harga Antifect Sol di K24Klik termasuk murah, yaitu Rp17.120 per botol kemasan tetes dengan berat 30ml.

Beli Antifect klik di Sini

11. Burnazin Cream

Burnazin Cream

Burnazin merupakan obat antimikroba topikal untuk mencegah munculnya sepsis pada pasien tingkat luka bakar kedua dan ketiga. Kandungan utama Burnazin Cream adalah Silver Sulfadiazine yang diketahui cukup efektif untuk merawat luka akibat terbakar.

Obat luar ini bisa dioleskan tipis sebanyak 2 – 3 kali sehari pada luka. Harga Burnazin Cream di K24Klik sekitar Rp89.926 per tube.

Beli Burnazin klik di Sini

12. Salep Levertran

Salep Levertran luka bakar

Kandungan utama minyak ikan pada Salep Levertran diketahui dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka bakar dan luka lainnya. Salep ini banyak ditemukan di toko obat herbal dan apotik, termasuk K24Klik

Setiap gram pada Salep Levertran sendiri mengandung oleum iecoris ass sebanyak 100 mg. Tidak hanya luka bakar, salep juga bisa diaplikasikan pada luka biasa seperti infeksi. Harga produk ini sekitar Rp5.155 per kemasan.

Beli Salep Levertran klik di Sini

13. Skin Relief Gel Konicare

Skin Relief Gel Konicare salep luka bakar

Produk relief gel ini merupakan obat luka dengan kandungan bahan aktif Aloe Vera yang diketahui dapat menstimulasi pembentukan jaringan kulit baru dan menyembuhkan luka bakar tanpa meninggalkan bekas.

Skin Relief Gel Konicare memiliki tekstur gel lembut dan dingin sehingga aman untuk anak kecil yang kulitnya lebih sensitif. Produk ini bisa ditemukan di K24Klik dengan harga Rp25.189 per tube.

Beli Skin Relief Gel Konicare klik di Sini

14. Neocenta Gel

Neocenta Gel salep luka bakar

Salah satu obat untuk mengobati luka bakar akibat banyak hal, termasuk obat luka bakar knalpot adalah Neocenta Gel. Selain itu, Neocenta juga bisa diaplikasikan pada jenis luka lain termasuk luka infeksi.

Di K24Klik, obat luar ini tersedia dalam kemasan 15 gram dan dibanderol dengan harga sekitar Rp18.489 per tube. Mengingat salah satu efek sampingnya adalah reaksi hypersensitivity, penggunaan obat ini sebaiknya di bawah pengawasan dokter.

Beli Neocenta klik di Sini

15. Bioderm 0,1% Cr

Bioderm salep luka bakar

Mengandung bahan utama Gentamicin Sulfate sebanyak 0,1%, obat ini diketahui dapat mengatasi infeksi kulit primer dan sekunder. Termasuk salah satunya, luka bakar yang terinfeksi.

Harga Bioderm 0,1% Cr di K24Klik sendiri cukup terjangkau, yaitu Rp24.846 per tube. Obat ini bisa dioleskan ke kulit yang membutuhkan terapi sebanyak 3 – 4 kali sehari.

Beli OBH Combi Dewasa Batuk Flu klik di Sini

Itulah beberapa rekomendasi salep luka bakar di K24Klik beserta harganya. Pastikan untuk memilih sesuai kebutuhan dan manfaatnya.

Referensi: