15 Salep Gatal Selangkangan di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Salep Gatal Selangkangan di Apotik Paling Ampuh

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Selangkangan adalah bagian tubuh manusia yang mudah mengalami masalah gatal-gatal. Salah satu penyebabnya, bagian tersebut biasanya lembap, sehingga memicu pertumbuhan jamur. Jamur-jamur inilah yang menyebabkan kulit selangkangan gatal. Jika sudah demikian, Anda tentunya membutuhkan produk salep gatal selangkangan untuk mengatasinya.

Ada berbagai jenis produk salep gatal di selangkangan yang bisa Anda coba, mulai dari salep-salep golongan obat bebas, obat bebas terbatas, hingga obat keras. Setiap obat tentu memiliki keunggulannya masing-masing.

Rekomendasi Salep Gatal Selangkangan

Nah, inilah beberapa rekomendasi produk salep gatal selangkangan di apotik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan sekaligus kecocokan.

1. Miconazole Cr 2% 10g

Miconazole Cr 2% 10g salep gatal selangkangan

Beli Miconazole Cr 2% 10g Klik di Sini

Salep selangkangan gatal yang pertama adalah Miconazole yang memiliki kandungan miconazole nitrate. Menurut mayoclinic.org, miconazole termasuk dalam kelompok obat antijamur. Oleh sebab itu, salep ini sangat cocok untuk mengatasi gatal di selangkangan. Hal itu karena masalah gatal pada selangkangan umumnya disebabkan jamur.

Penggunaan salep ini cukup dengan dioleskan pada bagian gatal sebanyak dua kali sehari. Sebagai informasi tambahan, salep ini memiliki efek samping bagi yang tidak cocok, seperti sensasi rasa terbakar dan dermatitis alergik, sehingga harus berhati-hati.

Perkiraan Harga: Rp5.274 per tube ukuran 10 gram.

2. Fungiderm Cr 5g

Fungiderm Cr 5g salep gatal selangkangan

Beli Fungiderm Cr 5g Klik di Sini

Tidak jauh berbeda dengan salep sebelumnya, Fungiderm juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah gatal-gatal. Salep gatal selangkangan ini memiliki kandungan utama berupa clotrimazole 1% yang diyakini sebagai obat antijamur yang ampuh. Zat tersebut akan bekerja dengan cara membunuh jamur penyebab infeksi.

Penggunaan salep cukup dengan dioleskan pada bagian yang gatal sebanyak dua sampai tiga kali sehari selama 10 hingga 14 hari, hasilnya akan lebih optimal.

Perkiraan Harga: Rp16.794 per tube.

3. Kalpanax Salep 6g

Beli Kalpanax Salep 6g Klik di Sini

Salep gatal di selangkangan ini merupakan salah satu jenis salep yang cukup populer dan banyak digunakan masyarakat. Kalpanax termasuk golongan obat bebas terbatas yang memiliki kandungan miconazole nitrate 2%. Kandungan ini berguna untuk membasmi jamur kulit penyebab gatal-gatal.

Pemakaian Kalpanax sebagai salep selangkangan gatal bisa dilakukan dengan mengoleskannya pada bagian gatal sebanyak dua kali sehari. Untuk hasil terbaik, lakukan hal tersebut secara rutin.

Perkiraan Harga: Rp7.778 per tube.

4. Daktarin Cr 5g

Daktarin salep gatal selangkangan

Beli Daktarin Klik di Sini

Seperti Kalpanax, Daktarin juga termasuk salep gatal yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Produk ini memang diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit, termasuk gatal di selangkangan.

Komposisi Daktarin salah satunya ialah miconazole yang bermanfaat untuk mengatasi infeksi kulit akibat jamur (dermatofitosis). Cukup oleskan dua kali sehari pada bagian gatal, dan masalah gatal-gatal Anda akan teratasi.

Perkiraan Harga: Rp30.031 per tube.

5. Mycoral 2% Cr 5g

Mycoral 2% Cr 5g salep gatal selangkangan

Beli Mycoral 2% Cr 5g Klik di Sini

Salep gatal selangkangan di apotek yang tak kalah dibanding merek salep lainnya ialah Mycoral. Produk ini memiliki kandungan ketoconazole 2% yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Untuk penggunaan, salep Mycoral cukup dioleskan pada bagian gatal sebanyak satu hingga dua kali sehari. Selain itu, Mycoral juga tersedia dalam bentuk obat oral berupa tablet yang siap diminum.

Perkiraan Harga: Rp20.328 per tube.

6. Salep Ketoconazole Dexa 2% Cr 10g

 Salep Ketoconazole Dexa 2% Cr 10g

Beli Salep Ketoconazole Dexa Klik di Sini

Salep selangkangan gatal berikutnya adalah Ketoconazole Dexa. Salep ini memiliki kegunaan untuk mengatasi  berbagai permasalahan gatal di kulit, khususnya akibat infeksi jamur. Anda cukup mengoleskannya di bagian gatal itu, lalu tunggu selama beberapa saat. Salep ini akan memberikan hasil terbaik ketika digunakan secara rutin.

Perkiraan Harga: Rp9.895 per tube.

7. Salep 88

Beli Salep 88 Klik di Sini

Produk salep populer lainnya adalah Salep Kulit 88. Produk ini memiliki beberapa kandungan, seperti acidum salicylicum, acidum benzoicum, sulfur praecipitatum, dan sebagainya. Semua kandungan tersebut berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk gatal di area selangkangan.

Salep 88 untuk gatal selangkangan termasuk obat bebas yang bisa diperoleh di mana saja. Untuk pemakaiannya, pastikan area gatal bersih terlebih dahulu. Jika sudah, oleskan salep 88 pada bagian tersebut secara menyeluruh. Lakukan secara rutin untuk hasil terbaik.

Perkiraan Harga: Rp13.836 per tube.

8. Hydrocortison Kf 2,5% Cr 5g

Hydrocortison salep gatal selangakangan

Beli Hydrocortison Klik di Sini

Punya masalah eksem, inflamasi, kulit kemerahan serta gatal-gatal? Hydrocortison adalah obat yang tepat untuk mengatasinya. Salep gatal selangkangan ini memiliki kandungan hydrocortisone yang dipercaya mampu membantu meredakan kemerahan, gatal, bengkak, hingga ketidaknyamanan lain yang disebabkan oleh kondisi kulit.

Salep ini termasuk golongan obat keras, sehingga Anda perlu resep dari dokter dan harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Perkiraan Harga: Rp6.262 per tube.

9. Salep Bevalex

Salep Bevalex salep gatal selangkangan

Beli Salep Bevalex Klik di Sini

Salep dengan golongan obat keras ini juga terkenal ampuh untuk mengatasi masalah pada kulit, seperti gatal-gatal di area selangkangan, juga peradangan akibat infeksi lainnya. Memiliki kandungan betamethasone valerate 1 mg serta neomycin sulfate 5 mg, salep Bevalex dapat dipakai untuk meredakan peradangan akibat eksem, dermatitis, hingga alergi.

Penggunaan obat salep bevalex untuk gatal di selangkangan ini cukup dilakukan dengan mengoleskan ke area gatal secara tipis-tipis sebanyak dua hingga tiga kali sehari, atau tergantung kondisi kulit. Untuk itu, selalu ikuti petunjuk dari dokter.

Perkiraan Harga: Rp17.698 per tube.

10. Trosyd 1% Cr 10g

trosyd 1% Cr 10g  obat gatal selangkangan

Beli Trosyd Klik di Sini

Salep yang didistribusikan oleh Pfizer ini berguna untuk menyembuhkan berbagai keluhan pada kulit akibat adanya jamur yang menginfeksi. Di dalamnya terdapat kandungan tioconazole yang termasuk dalam keluarga obat antijamur.

Penggunaan Trosyd secara teratur sesuai petunjuk yang diberikan dokter bisa membunuh jamur dan mencegahnya tumbuh kembali. Namun demikian, salep ini hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

Kisaran Harga: Rp101.097 per tube.

11. Zoralin 2% Cr 10g

Zoralin untuk selangkangan gatal

Beli Zoralin Klik di Sini

Salep gatal selangkangan berikutnya ialah Zoralin yang memiliki kandungan ketoconazole 2% untuk setiap tube-nya. Ketoconazole merupakan salah satu jenis obat antijamur yang dapat mengobati masalah kulit akibat jamur sekaligus mencegahnya datang kembali.

Zoralin termasuk golongan obat keras yang perlu digunakan secara hari-hati. Bagi Anda yang sensitif terhadap zat ketoconazole, perlu mempertimbangkan kembali sebelum menggunakan obat ini. Hal itu karena ada beberapa efek samping yang mungkin akan dialami, seperti iritasi, rasa terbakar, gatal, dan sebagainya.

Kisaran Harga: Rp30.512 per tube.

12. Betamethasone Kf 0,1% Cr 5g

Betamethasone untuk gatal

Beli Betamethasone Klik di Sini

Salep gatal di selangkangan lainnya adalah Betamethasone. Secara umum, salep ini bisa mengatasi berbagai macam masalah pada kulit berkat kandungannya berupa betamethasone 0,1%. Penggunaannya cukup dengan dioleskan secara tipis pada kulit yang bermasalahan. Setelah itu, jangan menutup rapat bagian kulit tersebut.

Selanjutnya, hindari penggunaan salep ini pada anak di bawah dua tahun, dan perlu hati-hati jika digunakan pada wanita hamil. Obat ini termasuk golongan obat keras yang memerlukan resep dan pengawasan dokter dalam penggunaannya.

Kisaran Harga: Rp4.418 per tube.

13. Scabimite Cr 10g

Beli Scabimite Klik di Sini

Bagi Anda yang punya masalah dengan kutu kecil di kulit yang menyebabkan scabies dan membuat kulit terasa gatal, termasuk pada area selangkangan, Scabimite adalah solusinya. Obat jenis salep ini mengandung permethrin 5% yang bermanfaat untuk mengobati kulit scabies dengan membunuh kutu atau parasit tersebut.

Scabimite termasuk golongan obat keras, sehingga hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Dalam penggunaannya, hindari kontak dengan mata, dan sebaiknya tidak dipakai oleh wanita hamil dan menyusui.

Kisaran Harga: Rp68.049 per tube.

14. Protopic Oint 0,1% 10g

Protopic Oint untuk gatal selangkangan

Beli Protopic Oint Klik di Sini

Protopic Oint merupakan obat gatal selangkangan dengan harga yang cukup fantastis, sebab menyentuh angka ratusan ribu rupiah. Namun demikian, salep ini termasuk ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit berkat kandungan tacrolimus yang terdapat di dalamnya.

Tacrolimus adalah zat yang berguna untuk mengobati dermatitis atopik kategori sedang hingga berat. Penggunaan obat dengan zat ini memerlukan pengawasan dari dokter, sebab memiliki beberapa efek samping, seperti rasa panas, tersengat, gatal, dan sebagainya.

Kisaran Harga: Rp422.042 per tube.

15. Anthramed Cr 0,02% 20g

Anthramed adalah obat luar yang sering digunakan untuk menangani psoriasis atau peradangan kulit yang memicu kulit menebal, terkelupas, bersisik, hingga terasa gatal-gatal, termasuk pada bagian selangkangan.

Obat ini berbentuk salep dengan kandungan dithranol yang biasa digunakan untuk pengobatan berbagai jenis psoriasis. Untuk hasil terbaik, ikuti petunjuk dokter, karena Anthramed termasuk golongan obat keras.

Kisaran Harga: Rp47.110 per tube.

Demikian daftar 15 jenis salep gatal selangkangan yang ampuh untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Untuk mendapatkan obat-obat tersebut, kini Anda tak perlu lagi datang ke apotik, sebab ada aplikasi K24Klik yang melayani pembelian obat dan vitamin secara online.

Cukup dengan memilih obat sesuai kebutuhan, lakukan pembayaran, obat pun akan segera dikirim ke tempat Anda. Ayo unduh aplikasi K24Klik secara gratis di Play Store atau App Store, dan dapatkan pengalaman baru dalam pembelian obat.

Referensi:

  1. Jock Itch, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/jock-itch/symptoms-causes/syc-20353807# (Diakses 21 Februari 2023, pukul 20.55 WIB)
  2. Miconazole (Topical Route), https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/miconazole-topical-route/proper-use/drg-20068784?p=1# (Diakses 21 Februari 2023, pukul 21.51 WIB)
  3. About clotrimazole cream, spray and solution, https://www.nhs.uk/medicines/clotrimazole/about-clotrimazole-cream-spray-and-solution/# (Diakses 21 Februari 2023, pukul 22.27 WIB)
  4. Hydrocortisone (Topical Application Route), https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/hydrocortisone-topical-application-route/side-effects/drg-20073814?p=1# (Diakses 22 Februari 2023, pukul 12.41 WIB)
  5. Tacrolimus (Topical Route), https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/tacrolimus-topical-route/precautions/drg-20068159?p=1 (Diakses 22 Februari 2023, pukul 12.53 WIB)
  6. Dithranol for psoriasis, https://patient.info/medicine/dithranol-for-psoriasis-dithrocream# (Diakses 22 Februari 2023, pukul 13.01 WIB)
  7. Tioconazole (Topical Route), https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/tioconazole-topical-route/proper-use/drg-20066387?p=1# (Diakses 22 Februari 2023, pukul 13.10 WIB)
  8. Ketoconazole, https://www.nhs.uk/medicines/ketoconazole/# (Diakses 22 Februari 2023, pukul 13.22 WIB)