Program Keluarga Berencana: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-program-keluarga-berencana
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Mendengarkan seruan “Dua Anak Lebih Baik” mungkin sudah tidak asing lagi untuk terdengar di telinga karena hal ini sudah lama dikeluarkan oleh pemerintah melalui program Keluarga Berencana yang dijalankannya.

Program ini dinamakan dengan Keluarga Berencana atau KB yang beberapa tahun belakangan kembali lagi digalakkan di tengah masyarakat yang ada di Indonesia.

Bagi yang belum memahami sebenarnya apa program KB ini dan maksud di baliknya, baca artikel di bawah ini untuk menambah pengetahuan dan pemahaman terkait dengan program pemerintah satu ini.

Apa yang Dimaksud dengan Program Keluarga Berencana?

Program Keluarga Berencana atau KB sendiri merupakan sebuah program dari pemerintah yang dilakukan dalam skala nasional agar dapat menekan angka kelahiran dan juga mengendalikan adanya pertambahan jumlah penduduk di Indonesia.

Program KB sendiri dirancang lebih baik agar dapat membawa kemajuan dan juga kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia sendiri untuk membantu mencapai sebuah keadaan yang stabil.

Program ini sendiri berada di bawah pengawasan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Program ini memiliki wujud untuk menggunakan alat kontrasepsi agar dapat mampu untuk menunda maupun mencegah adanya kehamilan pada ibu.

Alat kontrasepsi ini sendiri berupa kondom, pil KB, suntik, IUD, vasektomi maupun tubektomi, dan juga KB implan.

Pelaksanaan program KB ini sendiri  nantinya diharapkan dapat untuk membantu menekan angka kelahiran secara keseluruhan yang ada pada wanita Indonesia bersamaan dengan peningkatan penggunaan dari alat kontrasepsi itu sendiri.

k24klik-ilustrasi-program-keluarga-berencana
Ilustrasi Keluarga Berencana dengan dua anak (Stikes YPIB)

Mengapa Keluarga Berencana Itu Sangat Penting?

Tujuan dari dilaksanakannya program pemerintah ini yaitu dapat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan dalam hidup ibu dan anak sehingga mereka dapat menjalani kehidupan yang lebih baik lagi.

Selain itu, program KB juga bertujuan untuk dapat meningkatkan kesadaran yang dimiliki oleh masyarakat terkait pentingnya penggunaan dari alat kontrasepsi itu sendiri.

Program KB diharapkan nantinya mampu untuk mensejahterakan kehidupan dari keluarga yang ada di Indonesia sehingga mereka dapat sejahtera dan juga terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menular melalui hubungan seksual pasangan.

Apa Manfaat Menjalankan Program Keluarga Berencana?

Ada banyak manfaat yang dapat diberikan melalui pelaksanaan program Keluarga Berencana itu sendiri, diantaranya:

  1. Membantu untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak direncanakan maupun tidak diinginkan oleh pasangan. Masih banyaknya pasangan yang mengalami hal ini mengindikasikan bahwa informasi terkait dengan penggunaan alat kontrasepsi masih belum merata di antara masyarakat Indonesia.
  2. Adanya kehamilan yang tidak diinginkan seperti yang disebutkan tadi dapat meningkatkan resiko untuk terjadinya aborsi pada Ibu. Oleh karena itu, program ini diharapkan mampu untuk menekan angka ini agar tidak banyak terjadi di masyarakat.
  3. Penggunaan alat kontrasepsi yang digalakkan melalui program pemerintah ini diharapkan nantinya mampu untuk menekan angka kematian yang dialami oleh Ibu.
  4. Program KB sendiri juga tidak hanya ditujukan untuk Ibu, tetapi juga diharapkan dapat mengurangi terjadinya kematian pada bayi sehingga angka ini dapat ditekan lebih jauh lagi.
  5. Pemakaian alat kontrasepsi dapat membantu untuk mengurangi risiko untuk terjangkit penyakit HIV/AIDS yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual.
  6. Pelaksanaan program KB pada akhirnya diharapkan mampu untuk menjaga kesehatan dari mental anggota keluarga sehingga mereka dapat hidup dalam keadaan yang lebih sejahtera.

Program Keluarga Berencana dengan berbagai manfaat yang dimiliki mampu untuk membawa masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik lagi.