Share this:

Perawat Homecare Zaman Now! Panggil Dokter dan Perawat Homecare ke Rumah Anda dengan aplikasi Medi-Call, kini tersedia di Yogyakarta dan sekitarnya (Layanan 24 jam)

Apakah Anda atau anggota keluarga pernah mengalami kesulitan mencari layanan kesehatan ke rumah atau homecare? Misalnya saat anak Anda sedang sakit dan perlu dokter datang ke rumah untuk periksa? Atau misalkan saat Anda membutuhkan bantuan perawat untuk merawat orang tua di rumah? Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena startup Medi-call akan memberikan solusi atas permasalahan Anda.

perawat homecare

27 Januari 2018, Medi-call meluncurkan layanan dokter dan perawat home care di Yogyakarta – Seiring perkembangan jaman, era digital membuat segalanya menjadi mudah. Jika sebelumnya kehadiran berbagai layanan transportasi online menjadi cara bepergian yang tren di kalangan generasi ‘milenial’ hingga ‘babyboomers’ zaman now, kali ini layanan kesehatan on demand online pun ikut andil.

Mengapa layanan on demand online di bidang kesehatan dibutuhkan oleh masyarakat?

Banyak kondisi yang menyebabkan seseorang tidak dapat pergi ke tempat praktik dokter sehingga dokter atau perawatlah yang harus memberikan pelayanan homecare. Beberapa diantaranya seperti: pasien lansia yang membutuhkan perawatan pasca rawat inap, traveller atau orang yang melakukan business trip singkat, populasi menengah keatas di berbagai rural area, hingga anak-anak yang menangis saat diajak berobat keluar rumah. Kondisi-kondisi tersebut tentu saja memerlukan solusi layanan kesehatan yang cepat dan tepat, bukan?

Sistem home visit/ homecare konvensional sebenarnya sudah ada sejak dulu. Namun pada sistem konvensional, pasien yang membutuhkan layanan tidak bisa dengan mudah mengakses penyedia layanan. Hal tersebut terjadi karena keterbatasan informasi dan banyak faktor lainnya yang membuat home visit/ homecare terhambat. Menjawab permasalahan tersebut “Medi-Call hadir dengan tujuan utama sebagai penghubung pasien dengan provider penyedia layanan kesehatan On Demand yang terdekat dari lokasinya,” ujar dr. Stephanie Patricia selaku CMO Medi-Call dalam acara launching Medi-Call area (DIY) Yogyakarta.

Medi-Call yang juga didirikan oleh dr.Gideon Hartono selaku Co-Founder & komisaris di PT. Medika Nusantara Gumilang, mulai beroperasi sejak awal 2017 lalu. Awalnya Medi-Call tersedia di area: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK). Namun, dengan semakin tingginya jumlah permintaan pasien diluar area tersebut, membuat Medi-Call harus melakukan ekspansi hingga ke daerah lainnya seperti : Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta ( sudah dibuka per 27 Januari 2018)

Launching Medi-Call di Yogyakarta, dihadiri oleh Dr. F.X Wikan Indrarto, Ketua IDI Yogyakarta

Pentingnya Kolaborasi antara Dokter dan Perawat Homecare

Pertama kali diluncurkan, Medi-Call hanya menyediakan layanan panggil dokter ke rumah. Pada pertengahan November 2017, Medi-Call meluncurkan layanan Nurse untuk area JABODETABEK dan BALI. Dalam praktiknya di lapangan, terjadi kolaborasi antara dokter dan perawat dalam melayani pasien.

Menurut dr. Budhi Riyanta selaku Co-Founder/ COO Medi-Call, saat ini bila ada request tindakan tertentu (seperti pemasangan infus, catheter urine, NGT) dokter dapat berkolaborasi dengan perawat Medi-Call untuk melakukan tindakan di lokasi pasien atas instruksi dan pengawasan dokter Medi-Call.

Sistem seperti inilah yang sebelumnya tidak pernah dapat dicapai oleh layanan konvensional. Karena tidak adanya wadah atau “platform” yang mampu mengintegrasikan provider dokter dan perawat. Dengan adanya aplikasi Medi-Call kedua layanan tersebut dapat terintegrasi dalam satu aplikasi.

Layanan Medi-call juga telah terintegrasi dengan ratusan Apotek K-24 yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan K24Klik.com sebagai penghubung keduanya. Melalui integrasi ini, obat non emergency dapat diresepkan oleh dokter secara realtime dan tepat (ketersediaan stok terjamin). Obat dapat langsung di kirim ke lokasi pasien oleh kurir apotek dalam waktu 1 jam. Sistem ini menjamin layanan berjalan sesuai regulasi. Karena tidak terjadi dispencing dan obat yang keluar telah melalui verifikasi oleh Apoteker yang bertugas.

Sehingga, secara keseluruhan keuntungan yang ditimbulkan dari semua kolaborasi sistem ini adalah efisiensi biaya, SDM, dan waktu. Satu hal yang tidak kalah penting, tingkat kenyamanan dan layanan pasien pun menjadi lebih baik.

Layanan Dokter Umum dan Perawat Homecare di Medi-Call Tersedia 24 Jam

Dokter umum dan perawat homecare di Medi-Call tersedia selama 24 jam dalam waktu 7 hari penuh. Karena sifatnya sebagai mitra (partner) Medi-Call tidak mewajibkan para partner untuk online. Namun, dengan banyaknya jumlah partner, Medi-Call berharap dapat meningkatkan peluang online dari setiap partner.

Selain itu, sistem Medi-Call juga memiliki backup call center yang selalu standby selama 24 jam. Apabila terjadi kasus emergency yang membutuhkan penangananan segera, maka call center akan membantu pasien dalam mencari provider layanan kesehatan on demand terdekat untuk berangkat ke lokasi pasien.

“Walaupun layanan ini tersedia 24 jam, berdasarkan data rush hour, permintaan request pasien terbanyak saat ini berada pada waktu pagi hari (07:00 – 11.00) dan malam hari (19:00 – 22:00),” ujar dr. Budhi Riyanta.

Apa Syarat Bergabung Menjadi Dokter atau Perawat Homecare Medi-Call?

Dokter atau perawat yang tertarik bergabung dengan Medi-Call dapat mendaftar secara online via https://medi-call.id/daftarpartner. Seluruh partner yang tergabung diperiksa secara elektronik dengan mengacu pada situs resmi asosiasi profesi sesuai jenis dan ketersediaan data partner. Untuk dokter verifikasi data dilakukan di website IDI, dan Konsil Kedokteran Indonesia. Sedangkan untuk perawat verifikasi dilakukan di website PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia).

Dokter Umum

Persyaratan dokter umum meliputi : memiliki STR dan SIP aktif di region operasional Medi-Call, berpengalaman dalam home visit minimal 2 tahun dan menggunakan perangkat smartphone android / IOS.

Perawat

Persyaratan perawat homecare di Medi-Call : memiliki STR dan SIP aktif di region operasional Medi-Call, berpengalaman dalam home visit minimal 2 tahun. Verifikasi berkas dilakukan dengan cara online dan dengan tatap muka langsung.

 

Medi-Call Membuka Pendaftaran Bagi Dokter dan Perawat Homecare di Daerah Istimewa Yogyakarta

Acara peluncuran aplikasi Medi-Call di Daerah Istimewa Yogyakarta dilakukan dengan turut mengundang Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) daerah dan cabang di D.I. Yogyakarta. Acara ini bertujuan membagikan pengalaman Medi-Call selama beroperasi di tahun 2017 lalu hingga saat ini. Dimana sejak awal tahun 2017 Medi-Call telah beroperasi di Jabodetabek dan Bali. Kehadiran Medi-Call di Yogyakarta juga untuk memastikan masyarakat wilayah DIY bisa tercover untuk menggunaakan layanan Medi-Call. Target yang ingin dicapai untuk region DIY Yogyakarta adalah sejumlah minimal 100 dokter dan 300 perawat yang nantinya dapat tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *