12 Obat TBC (Tuberkulosis) di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat TBC (Tuberkulosis) di Apotek Paling Ampuh dan Harganya
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Obat TBC atau tuberkulosis dibutuhkan untuk mendukung pengobatan intensif infeksi paru-paru. Penggunaan obat-obatan TBC sendiri harus berdasarkan hasil konsultasi dokter.

Tuberkulosis atau TBC dengan nama lain TB merupakan penyakit menular yang terjadi karena infeksi bakteri.

Biasanya, TBC lebih sering menyerang organ paru, tetapi organ tubuh lain seperti otak, tulang belakang, dan ginjal juga mungkin saja terserang.

Penularan penyakit TBC terjadi saat seseorang secara tidak sengaja menghirup droplet atau percikan ludah orang lain yang sudah terinfeksi penyakit TB, baik saat batuk maupun bersin.

Inilah mengapa, seseorang memiliki risiko lebih tinggi tertular TBC jika tinggal dalam satu rumah dengan pengidap penyakit ini.

Tuberkulosis yang menyerang organ paru akan memicu gejala seperti batuk yang tidak mereda selama lebih dari tiga minggu, bahkan bisa diikuti dengan dahak atau keluarnya darah.

Tak hanya itu, pengidap juga bisa mengalami berbagai gejala lainnya, termasuk nyeri pada dada, tubuh demam, dan mengeluarkan keringat pada malam hari.

Baca juga: Tuberkulosis: Penyebab, Cara Mengobati, dan Pencegahan

Rekomendasi Obat Tuberkulosis (TBC) di Apotik Paling Ampuh dan Harganya

Tuberkulosis atau TBC sendiri merupakan salah satu penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Dalam pengobatan intensif TBC, penggunaan obat TBC sendiri berfungsi untuk menghentikan infeksi paru-paru semakin parah.

Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli sebelum menggunakan obat TBC. Ikuti selalu dosis anjuran dokter, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat tbc di apotik paling ampuh untuk Anda gunakan.

1. Pro TB 4

Beli Pro TB 4 Klik di Sini

Merupakan obat Tuberkulosis jenis antibiotik dengan kandungan gabungan antara isoniazid (INH), rifampisin, ethambutol HCl, dan pyrazinamide yang bekerja aktif untuk mengatasi infeksi akibat bakteri Mycobacterium Tuberculosis.

Setiap tablet mengandung rifampisin 150 mg, isoniazid 75 mg, pyrazinamide 400 mg, dan Ethambutol 275 mg. Konsumsi Pro TB 4 harus sesuai dengan petunjuk dokter. Minum obat ini dianjurkan ketika kondisi perut kosong atau setidaknya 30 menit sebelum makan.

Perhatian pemakaian untuk pengidap dengan riwayat hipersensitivitas, masalah pada gastrointestinal, hepatitis, leukopenia, gagal ginjal akut, gangguan pada fungsi hati, dan anemia hemolitik.

Kisaran harga: Rp 70 ribu/strip

2. Ethambutol

Beli Ethambutol Klik di Sini

Merupakan obat TBC dengan kandungan ethambutol. Obat ini digunakan untuk membantu mengatasi penyakit TBC, biasanya dikombinasikan dengan jenis obat lainnya, seperti rifampisin dan isoniazid. Ethambutol bertugas untuk menghambat infeksi bakteri.

Ethambutol diberikan untuk pengidap dengan risiko resistensi terhadap pengobatan TBC lainnya, seperti streptomisin atau isoniazid.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/strip

3. Erabutol Plus

Beli Erabutol Plus Klik di Sini

Erabutol Plus merupakan obat TBC paru dengan kandungan gabungan dari isoniazid dan ethambutol. Obat ini juga mengandung vitamin B6 yang membantu mengatasi defisiensi pyridoxine yang terjadi karena pemakaian isoniazid.

Erabutol Plus merupakan obat keras yang harus dikonsumsi sesuai dosis dokter. Setiap tablet Erabutol Plus mengandung ethambutol sebanyak 250 mg, isoniazid sebanyak 100 mg, dan vitamin B6 sebanyak 6 mg. Obat sebaiknya dikonsumsi bersamaan saat makan.

Kisaran harga: Rp 21 ribu/strip

4. Immunace Tablet

Beli Immunace Tablet Klik di Sini

Merupakan suplemen atau multivitamin yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Suplemen ini banyak diresepkan oleh dokter untuk orang-orang yang menjalani pengobatan tuberkulosis.

Selain itu, Immunace juga digunakan untuk pengidap HIV dengan melambatkan laju penyakit, dan membantu mempercepat sembuhnya luka bakar dan setelah operasi.

Immunace juga menjadi suplemen untuk kulit sensitif, peradangan, inflamasi, dan pengidap kanker yang sedang menjalani terapi radiasi.

Immunace termasuk dalam golongan obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Obat lebih baik dikonsumsi saat makan, hindari mengunyah obat atau mengonsumsi dengan teh.

Kisaran harga: Rp 300 ribu/dos

5. TB Vit B6 Sirup

Beli TB Vit B6 Sirup Klik di Sini

Merupakan obat penyakit TBC yang bisa diberikan sebagai obat tunggal maupun digabungkan dengan jenis obat Tuberkulosis lainnya.

Setiap 5 ml TB Vit B6 memiliki kandungan isoniazid sebanyak 100 mg dan vitamin B6 atau pyridoxine sebanyak 10 mg. Konsumsi obat ini harus secara teratur, tidak boleh putus, dan harus dihabiskan dengan dosis sesuai anjuran dokter.

Perlu diketahui bahwa TB Vit B6 dilarang diberikan pada pengidap TB yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap kandungan di dalam obat, memiliki riwayat atau mengidap gangguan ginjal dan hati. Konsultasikan pemakaian obat untuk ibu menyusui atau wanita hamil.

Kisaran harga: Rp 43 ribu/botol

6. Isoniazide

Beli Immunace Tablet Klik di Sini

Merupakan obat jenis antibiotik untuk membantu mengatasi penyakit TBC. Setiap tablet mengandung isoniazid.

Isoniazid bekerja aktif dengan menahan asam mycolic yang terdapat dalam bakteri penyebab TB sekaligus menghilangkan kadar asamnya yang menjadi tahapan penting dalam proses replikasi.

Selain itu, isoniazid juga mengacaukan pembuatan dinding sel sehingga bakteri tidak dapat berkembang.

Kisaran harga: Rp 3 ribu/strip

7. Pyrazinamide

Beli Pyrazinamide Klik di Sini

Merupakan obat Tuberkulosis yang bekerja dengan mematikan sekaligus menghentikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri yang menyebabkan penyakit TBC.

Pyrazinamide bisa dikonsumsi bersamaan saat makan. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terkait pemakaian obat pada pasien TBC dengan riwayat alergi, gangguan ginjal dan hati.

Kisaran harga: Rp 6 ribu/strip

8. Santibi Plus

Beli Pyrazinamide Klik di Sini

Santibi Plus merupakan obat antituberkulosis yang bisa diberikan bersama obat TBC lain atau pada pengidap TBC yang resisten terhadap obat lain.

Setiap tablet mengandung ethambutol HCl 250 mg, isoniazid 100 mg, dan vitamin B6 6 mg. Obat harus dikonsumsi sesuai anjuran dokter, tanpa terputus hingga habis.

Kisaran harga: Rp 9 ribu/strip

9. Rifampicin

obat tbc di apotik rifampicin

Beli Rifampicin Klik di Sini

Merupakan obat TBC jenis antibiotik generik yang digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan karena bakteri Mycobacterium tuberculosis. Obat ini masuk dalam golongan obat keras, dikonsumsi berdasarkan dosis atau anjuran langsung dari dokter.

Tak hanya untuk mengatasi TBC, Rifampicin juga digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan lain. Termasuk penyakit legionnaires, infeksi bakteri Staphylococcus, brucellosis, kusta, dan pencegahan influenza haemophilus serta meningitis.

Rifampisin dalam obat akan membantu menghalangi proses transkripsi RNA sehingga bakteri tidak mampu berkembang biak dan mati.

Kisaran harga: Rp 30 ribu/strip

10. Inoxin

obat tbc di apotek inoxin

Beli Inoxin Klik di Sini

Mengkombinasikan isoniazid dan juga vitamin B6 di dalamnya, Inoxin merupakan salah satu obat ampuh yang dapat bermanfaat dalam pengobatan TBC. Dalam setiap tablet Inoxin, memiliki kandungan 400mg isoniazid dan 10mg vitamin B6.

Anda dapat mengonsumsi obat ini untuk 1 kali sehari sebanyak 1 tablet tiap kali minum. Merupakan salah satu obat keras, pastikan untuk menggunakan obat ini hanya berdasarkan anjuran dokter ahli.

Kisaran harga: Rp 7 ribu/strip

11. Rifamtibi

obat tuberkulosis di apotik rifamtibi

Beli Rifamtibi Klik di Sini

Mengandung zat aktif rifampicin 600mg di dalamnya, Rifamtibi merupakan antibiotik golongan inhibitor sintensi RNA. Obt ini dapat menghambat pembentukan protein pada fakteri dan berperan ampuh dalam pengobaran TBC serta lepra.

Anda dapat memberikan Rifamtibi pada anak-anak dan juga dewasa sesuai dengan petunjuk dokter. Konsumsi obat ini dalam kondisi perut kosong, seperti 1 jam sebelum makan ataupun 2 jam sesudah makan.

Kisaran harga: Rp 81 ribu/strip

12. Arsitam

obat tuberkulosis di apotek arsitam

Beli Arsitam Klik di Sini

Arsitam merupakan obat tbc di apotik yang memiliki kandungan bahan aktif antibiotik ethambutol 500 mg. Obat ini dapat membantu pengobatan TBC dengan cara menghambat pertumbuhan TB bacilli.

Dosis anjuran mengonsumsi obat arsitam ini adalah 15-25 mg/kgBB sebagai dosis tunggal sekali tiap harinya. Pastikan Anda telah berkonsultasi pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat antibiotik yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 15 ribu/strip

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat TBC yang tersedia di apotik dan dapat Anda manfaatkan sesuai petunjuk dokter.

Sebagai salah satu tindakan pencegahan terhadap penyakit TBC, pastikan untuk memberikan vaksin BCG pada anak usia di bawah 2 bulan. Hindari kontak langsunng dengan pendeirta penyakit TBC karena memiliki potensi membahayakan.

Butuh konsultasi dokter online sekaligus tebus resep obat? Anti repot, yuk gunakan saja aplikasi K24Klik!

Dapat diunduh di Play Store dan juga App Store, kami menjamin kualitas produk farmasi 100% asli, konsultasi bersama dokter terbaik dan juga health consultant berpengalaman. Tunggu apalagi? Yuk rasakan manfaatnya sekarang juga!

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tuberculosis/symptoms-causes/syc-20351250, diakses pada 4 September 2022.

https://www.webmd.com/lung/understanding-tuberculosis-basics, diakses pada 4 September 2022.

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/11301-tuberculosis, diakses pada 4 September 2022.