15 Obat Pegal Linu di Apotik Paling Ampuh

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Pegal Linu di Apotik Paling Ampuh
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Pegal linu kebanyakan bukan merupakan kondisi yang serius dan berbahaya. Namun, keluhan ini membuat penderitanya menjadi sulit melakukan aktivitas sehingga terkadang membutuhkan obat pegal linu.

Biasanya pegal linu terjadi saat seseorang stres, kurang tidur, aktivitas terlalu berat, atau ada bagian tubuh yang bekerja terlalu keras. Selain itu, kurang berolahraga, kekurangan vitamin D, dan dehidrasi juga bisa menjadi penyebab pegal linu.

Rekomendasi Obat Pegal Linu di Apotik Paling Ampuh

Ada banyak obat-obatan untuk mengobati keluhan badan pegal linu yang bisa Anda peroleh secara bebas. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat pegal linu terbaik yang tersedia di apotik.

1. Iboe Beras Kencur

Iboe Beras Kencur obat pegal linu

Beli Iboe Beras Kencur Klik di Sini

Kalau Anda suka jamu, Iboe Beras Kencur bisa jadi alternatif pertama. Jamu pegal linu ini tersedia dalam kemasan bubuk. Cukup larutkan sebungkus Iboe Jamu Beras Kencur dengan 150 ml dan aduk, lalu Anda bisa mengonsumsinya.

Setiap sachet Iboe Beras Kencur memiliki kandungan kencur, kapulaga, dan kunir. Ketiga bahan utama tersebut cukup ampuh meredakan badan yang pegal serta beberapa gejala masuk angin.

Kisaran harga : Rp12 ribu/dus

2. Seahorse Ghensen

Ghensen Ginjal Seahorse obat pegal linu

Beli Seahorse Ghensen Klik di Sini

Seahorse Ghensen adalah obat pegal linu tradisional dengan kandungan ginseng, plantaginis folium, orthosiphonis folium, hippocampus dan beberapa bahan lain yang dikemas dalam bentuk kaplet.

Formula tersebut membantu meringankan keluhan pegal linu, badan letih, lesu, dan kurang bergairah, sakit pinggang, dan memperlancar buang air kecil. Dosis penggunaannya adalah 2 kali sehari 2 kaplet, pagi dan malam.

Kisaran harga : Rp55 ribu

3. Walikukun Minyak Sereh

Walikukun Minyak Sereh obat pegal linu

Beli Walikukun Minyak Sereh di Sini

Beberapa jenis tanaman memiliki minyak yang bermanfaat untuk mengobati pegal linu seperti minyak sereh. Bahan ini memiliki kemampuan untuk meredakan inflamasi dan pembengkakan dengan cepat.

Walikukun Minyak Sereh juga dapat digunakan untuk mengurangi pusing dan gatal akibat gigitan serangga. Minyak ini hanya untuk penggunaan luar dengan cara mengoleskan minyak pada area yang dikeluhkan.

Kisaran harga : Rp30 ribu/pcs

4. GPU Pala

GPU Pala obat pegal linu

Beli GPU Pala di Sini

Obat pegal linu ini menggunakan salah satu minyak atsiri terbaik, minyak pala. Selain itu, GPU Minyak Urut Pala juga diformulasikan dengan kombinasi minyak sereh, minyak gandapura, dan minyak kayu putih.

Perpaduan bahan-bahan terbaik ini efektif meredakan pegal linu, nyeri otot, sakit punggung, keseleo, hingga memperlancar peredaran darah. Karena itu, GPU Pala juga banyak direkomendasikan sebagai minyak pijat.

Kisaran harga : Rp31 ribu/pcs

5. Minyak Param

Param kocok obat pegel linu

Beli Minyak Param di Sini

Minyak Param Kocok Super dari Njonja Meneer telah banyak dipakai sebagai obat gosok modern. Minyak ini digunakan untuk mengatasi pegal linu, kram otot ringan, kesemutan, dan keluhan rematik.

Kandungan dalam minyak param berasal dari bahan-bahan alami, yakni akar-akar tumbuhan dan rempah pilihan. Minyak ini bisa digunakan untuk orang dewasa maupun anak-anak sebagai obat luar.

Kisaran harga : Rp20 ribu/pcs

6. Kiranti

Beli Kiranti di Sini

Kiranti juga memiliki produk khusus untuk mengatasi pegal linu. Kiranti Pegal Linu ini merupakan obat tradisional yang juga berkhasiat meringankan keluhan sakit dan nyeri pada persendian dan menghangatkan tubuh. Adapun dosis konsumsinya adalah dua kali sehari dan pastikan Anda sudah mengocok kemasan sebelum meminumnya.

Kisaran harga : Rp8 ribu/botol

7. Pilkita

Pilkita obat Pegal Linu

Beli Pilkita di Sini

Jamu pegal linu Pilkita hadir dalam kemasan tablet. Produk ini cukup ampuh untuk meredakan pegal linu, meredakan sakit pinggang, memperbaiki nafsu makan, dan menyegarkan badan.

Kandungan dalam setiap tablet Pilkita Pegal Linu adalah curcuma rhizoma, zingeberis zerumbeti rhizoma, retrofracti fructus, curcuma aeruginosa rhizoma, dan kaemferiae rhizoma. Cukup satu tablet sehari untuk mengonsumsinya.

Kisaran harga : Rp3 ribu/strip

8. Tolak Angin Pegal Linu

Tolak Angin Pegal Linu

Beli Tolak Angin Pegal Linu di Sini

Salah satu obat pegal linu paling praktis adalah Tolak Angin Pegal Linu. Jamu dalam bentuk cair ini bisa Anda konsumsi langsung dari sachet. Namun jika ingin rasa yang tidak terlalu pekat atau kental, Anda bisa mencampurnya dengan 50 ml air.

Komposisi Tolak Angin Pegal Linu adalah bahan-bahan herbal yang menyehatkan seperti lempuyang, laos, temulawak, daun sembung, meniran, cabe jawa, madu, dan beberapa lainnya.

Kisaran harga : Rp16 ribu/dus

9. Koyo Cabe

Koyo Cabe obat pegal linu

Beli Koyo Cabe di Sini

Koyo Cabe merupakan plaster dengan kandungan capscium oleoresin yang dapat membantu meredakan keluhan nyeri mengganggu, baik nyeri akibat pegal linu atau nyeri otot maupun encok.

Untuk menggunakannya, pastikan bagian kulit yang akan ditempeli koyo utuh (tidak terbuka atau luka), kering, dan bersih. Biarkan koyo menempel selama sekitar 8 jam agar dapat bekerja optimal.

Kisaran harga : Rp13 ribu/pcs

10. Yunnan Baiyao Plaster

Beli Yunnan Baiyao Plaster di Sini

Yunnan Baiyao Plaster menggunakan bahan-bahan alami, seperti rhizoma dioscoreae, rhizoma dioscoreae nipponicae, radix notoginseng, herba erodii, herba geranii, dan masih banyak lainnya.

Selain mengurangi pegal linu dan nyeri otot, obat pegal linu di apotik dalam kemasan plaster ini juga dapat digunakan untuk mengurangi bengkak atau memar. Gunakan plaster selama 8 sampai 12 jam untuk hasil terbaik.

Kisara harga : Rp20 ribu/pcs

11. Paramex

Paramex Nyeri Otot pegal linu

Beli Paramex di Sini

Paramex juga menggunakan parasetamol sebagai bahan aktif pereda nyeri. Tak cuma itu, obat ini mengombinasikan pula dengan ibuprofen sehingga lebih cepat dalam mengatasi pegal linu.

Paramex Pegal Linu juga dapat digunakan untuk meredakan beberapa keluhan nyeri lain seperti nyeri nyeri sendi, sakit kepala, sakit gigi, dan menurunkan demam.

12. Neo Rheumacyl

Neo Rheumacyl pegal linu

Beli Neo Rheumacyl di Sini

Obat pegal linu ini berupa krim panas yang bisa Anda gosokkan pada permukaan tubuh yang terasa pegal, terutama bagian kaki dan lengan. Selain itu, Neo Rheumacyl juga bisa Anda gunakan untuk meredakan nyeri karena keseleo.

Krim Neo Rheumacyl punya tekstur yang lebih dan tidak menyebabkan lengket pada pakaian. Anda bisa menggunakannya 2 -3 kali sesuai kebutuhan.

Kisaran harga : Rp15 ribu/tube

13. Santagesik

Santagesik obat pegel linu

Beli Santagesik di Sini

Santagesik merupakan obat pegal linu. Adapun kandungan di dalamnya adalah Metamizole Na.

Obat ini dipergunakan untuk nyeri akut atau kronis berat, mulai sakit gigi, tumor, sakit kepala, nyeri pascaoperasi, nyeri pascacedera, hingga spasme otot kolik yang memengaruhi saluran kemih bawah atau ginjal.

Kisaran harga : Rp900/tablet

14. Salonpas Hot Cream

Salonpas Hot cream pegal linu

Beli Salonpas Hot Cream di Sini

Obat ini berbentuk krim yang berfungsi untuk mengobati rasa nyeri pada bagian tubuh akibat punggung pegal, memar ataupun terkilir.

Kisaran harga : Rp15 ribu/Pcs

15. Panadol

Komposisi tiap tablet Panadol adalah acetaminophen yang bekerja sebagai analgesik dan antipretik. Cara kerjanya adalah dengan menghambat produksi hormon prostaglandin. Obat ini dapat digunakan untuk dewasa maupun anak-anak sesuai anjuran pemakaian.

Kisaran harga : Rp14 ribu/strip

Itulah beberapa obat pegal linu dan nyeri sendi di apotik. Namun, kini Anda bisa memperolehnya lebih mudah melalui pesan online di K24Klik. Jika memerlukan konsultasi terlebih dahulu, Anda bisa menghubungi kami via chat yang tersedia.

Referensi:

  1. Badan Meriang dan Pegal Linu, Gejala Penyakit Apa? https://primayahospital.com/penyakit-dalam/badan-meriang-dan-pegal-linu/#:~:text=Adapun%20bila%20yang%20terasa%20hanya,ekstra%20dalam%20jangka%20waktu%20lama. Diakses pada 22 November 2022.
  2. Try This: 18 Essential Oils for Sore Muscles. https://www.healthline.com/health/fitness-exercise/essential-oils-for-sore-muscles. Diakses pada 22 November 2022
  3. 3. Single dose dipyrone (metamizole) for acute postoperative pain in adults. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6540653/#:~:text=Dipyrone%20(metamizole)%20is%20a%20nonsteroidal,with%20life%E2%80%90threatening%20blood%20disorders.. Diakses pada 22 November 2022.