15 Obat Luka Bakar di Apotik yang Bagus

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Obat Luka Bakar di Apotik yang Bagus

Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Saat mengalami luka bakar di kulit, pastinya Anda merasa panik dan bingung bagaimana cara menanganinya. Tenang, saat ini sudah tersedia banyak obat luka bakar di apotik yang bagus untuk Anda gunakan.

Ketika mengalami luka bakar, Anda memerlukan penanganan segera baik melalui perawatan medis. Apabila luka bakar termasuk ringan dan tidak parah, Anda dapat menggunakan obat-obatan, pembalut luka maupun terapi. Anda perlu untuk mengetahui apa saja obat luka bakar yang dapat Anda lakukan, termasuk dengan informasi dosis dan pembeliannya.

Sebelum memutuskan untuk membeli obat luka bakar di apotik, pastikan Anda telah melakukan beberapa langkah pengobatan rumahan terlebih dahulu. Terutama ketika yang dibutuhkan adalah obat luka bakar knalpot, Anda perlu pendinginan segera dan mungkin saja bantuan antibiotik.

Rekomendasi Obat Luka Bakar di Apotik yang Bagus

Lalu, apakah luka bakar harus langsung mendapatkan perawatan intensif? Tenang, Anda dapat mengatasinya menggunakan berbagai obat oles yang tersedia di apotik. Tentunya dengan kondisi luka bakar tidak terlalu serius ataupun setelah perawatan. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi obat luka bakar di apotik yang bagus.

Baca juga: 15 Obat Pengering Luka Luar di Apotik dan Harganya

1. Bioplacenton

obat luka bakar bioplacenton

Beli Bioplacenton Klik di Sini

Jenis obat oles paling ampuh untuk mengobati luka bakar, luka infeksi maupun luka kronik. Nah, Anda dapat menggunakan Bioplacenton yang mengandung placenta extract dan juga neomycin sulfate. Bioplacenton dapat digunakan untuk 4-6 kali sehari, cukup dengan dioleskan saja sesuai kebutuhan pada area luka dan anjuran yang tertera.

Kisaran harga: Rp 35 ribu/tube

2. Dermatix Ultra Gel

obat luka bakar di apotik dermatix ultra gel

Beli Dermatix Ultra Gel Klik di Sini

Obat luar Dermatix Ultra Gel dapat Anda beli tanpa memerlukan resep dokter. Salep gel ini mengandung cyclic, polymeric siloxanes dan juga vitamin C. Anda cukup mengoleskannya secara tipis-tipis ke area yang sakit, pijat-pijat pada pagi dan sore hari. Hindari untuk menggunakan Dermatix pada luka basah ataupun area wajah terutama di sekitar mata.

Kisaran harga: Rp 139 ribu/tube

3. Bioskin Gel

obat luka bakar bioskin gel

Beli Bioskin Gel Klik di Sini

Bioskin merupakan obat berbentuk gel yang terbuat dari berbagai bahan alami. Obat ini cocok digunakan untuk bantu meringankan luka bakar tanpa meninggalkan bekas. Selama mengobati luka menggunakan Bioskin gel, pastikan luka Anda tidak terkena air untuk sementara waktu agar pemulihan lebih baik.

Kisaran harga: Rp 45 ribu/tube

4. Hemolok Liq

obat luka bakar di apotik hemolok liq

Beli Hemolok Liq Klik di Sini

Cairan steril juga dapat digunakan untuk mengobati luka luar seperti bisul, luka bakar, luka setelah operasi dan lain sebagainya. Hemolok Liq ini mengandung feracrylum dan cara menggunakannya pun langsung tuangkan saja pada area luka atau kompress menggunakan kasa yang telah direndam obat ini.

Kisaran harga: Rp 148 ribu/botol

5. Braun Prontosan Gel

obat luka bakar braun prontosan gel

Beli Braun Prontosan Gel Klik di Sini

Sebelum menggunakan gel ini, Anda dapat membersihkan luka menggunakan Braun Prontosan Solutio terlebih dahulu. Jika sudah, Braun Prontosan Gel dapat membantu Anda untuk melembabkan dan menghilangkan bekas luka bakar. Obat oles ini membuat pemulihan menjadi lebih cepat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 325 ribu/botol

6. Betadine Oint

obat luka bakar betadine oint

Beli Betadine Oint Klik di Sini

Betadine Oint merupakan salep obat luka yang dapat Anda gunakan untuk menangani luka bakar, lecet ataupun luka terbuka lainnya. Kandungan povidone iodine dalam Betadine ini ampuh untuk mencegah infeksi atau menjadi antiseptik kulit. Sebelum menggunakan salep ini, pastikan Anda sudah membersihkan luka terlebih dahulu.

Kisaran harga: Rp 27 ribu/tube

7. Enbatic Oint

obat luka bakar di apotik enbatic oint

Beli Enbatic Oint Klik di Sini

Kandungan antibiotik berupa bacitracin zinc dan juga neomycin sulfate dalam Enbatic Oint dapat mengatasi infeksi kulit maupun membran mukosa luar. Anda cukup oleskan secara tipis 2-3 kali sehari atau sesuai anjuran dokter untuk menggunakannya. Enbatic Oint dapat digunakan pada kondisi kulit yang mengalami luka bakar, setelah operasi, pioderma dan lain sebagainya.

Kisaran harga: Rp 11 ribu/tube

8. Burnazin Cream

obat luka bakar burnazin cream

Beli Burnazin Cream Klik di Sini

Apabila luka bakar Anda telah berada dalam pengobatan tingkat kedua atau ketiga, Burnazin Cream dapat menjadi salah satu solusi yang tepat. Obat antimikroba topikal ini dapat digunakan 1-2 kali sehari dan cukup dioleskan secara tipis-tipis saja. Perlu diketahui bahwa Anda memerlukan resep dokter untuk membeli obat keras yang satu ini.

Kisaran harga: Rp 89 ribu/tube

9. Lanakeloid-e Krim

obat luka bakar lanakeloid e krim

Beli Lanakeloid-e Krim Klik di Sini

Anda juga dapat menggunakan Lanakeloid-e Krim untuk mengobati luka bakar ringan. Obat oles yang satu ini dapat membantu untuk mencegah timbulnya bekas luka maupun menyamarkannya. Hentikan pemakaian krim yang satu ini apabila Anda mulai merasakan reaksi alergi.

Kisaran harga: Rp 187 ribu/tube

10. Oxoferin Sol 0.001%

obat luka bakar di apotik oxoferin sol

Beli Oxoferin Sol Klik di Sini

Penyembuhan infeksi luka pada kulit dapat diobati menggunakan larutan steril. Oxoferin Sol 0.001% sebagai desinfektan kulit dan digunakan 2 kali sehari sebanyak 5-10 ml. Merupakan golongan obat keras yang tidak sembarang dibeli, pastikan Anda memiliki resep dokter untuk membelinya atau bisa juga menggunakan layanan dokter siaga dari K24Klik.

Kisaran harga: Rp 100 ribu/botol

11. Minol Drop

obat luka bakar di apotik minol drop

Beli Minol Drop Klik di Sini

Terbuat dari bahan-bahan alami, Minol Drop dapat Anda gunakan untuk mengobati luka pada kulit. Mulai dari lecet, luka bakar, memar, tersiram air panas dan lain sebagainya. Minyak luka ini ampuh menyembuhkan luka tanpa menimbulkan keloid, Anda dapat menggunakannya dengan cara diteteskan, oles ataupun kompres.

Kisaran harga: Rp 13 ribu/botol

12. Bioderm

obat luka bakar di apotik bioderm

Beli Bioderm Klik di Sini

Salep Bioderm mengandung gentamicin sulfate yang ampuh untuk obati infeksi kulit. Anda dapat menggunakan salep yang satu ini untuk mencegah infeksi luka bakar. Cukup oleskan saja 3-4 kali sehari sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 25 ribu/tube

13. Neocenta Gel

obat luka bakar neocenta gel

Beli Neocenta Gel Klik di Sini

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan Neocenta Gel sebagai obat terapi untuk luka bakar dan juga berbagai jenis infeksi pada kulit lainnya. Obat ini sendiri mengandung neomycin sulfate dan juga placenta extr. Anjuran penggunaan Neocenta Gel adalah 4-6 kali perhari, dioleskan secara tipis-tips atau sesuai kebutuhan.

Kisaran harga: Rp 19 ribu/tube

14. Salep Levertran

obat luka bakar salep levertran

Beli Salep Levertran Klik di Sini

Minyak ikan memiliki manfaat baik untuk bantu proses penyembuhan berbagai luka, termasuk luka bakar. Nah, Salep Levertran ini mengandung minyak ikan dan dapat Anda gunakan dengan cara dioleskan pada bagian luka saja. ermasuk golongan obat bebas, Anda dapat membeli Salep Levertran tanpa perlu resep di apotik.

Kisaran harga: Rp 5 ribu/pcs

15. Octenilin

obat luka bakar di apotik octenilin gel

Beli Octenilin Gel Klik di Sini

Obat oles dalam bentuk gel memiliki keunggulan tekstur yang tidak lengket sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Octenilin Gel mengandung allantoin dan juga octenidine dihydrochloride yang efektif menjadi antiseptik kulit. Manfaatnya termasuk dengan mengobati luka bakar, iritasi ringan, kasar dan lain sebagainya.

Kisaran harga: Rp 41 ribu/tube

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi obat yang dapat digunakan sebagai penanganan luka bakar. Tidak hanya mencegah luka ataupun bekas luka pada kulit, obat luka bakar melepuh juga digunakan untuk menghindari infeksi. Apabila merasa kondisi semakin parah, jangan ragu untuk menggunakan layanan dokter ahli.

Butuh obat, vitamin ataupun susu? K24Klik hadir sebagai apotik online yang siap antar segala kebutuhan farmasi Anda sampai ke rumah. Yuk unduh aplikasi K24Klik di Play Store atau App Store, segera dapatkan manfaatnya untuk Anda.

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/burns/diagnosis-treatment/drc-20370545 diakses pada 19 April 2023