Waspadai Obat Kedaluwarsa, Beli Obat Asli di Apotek

Published by K24Klik on

Waspada! Kenali Ciri Obat Kedaluwarsa yang Dipalsukan

obat kedaluwarsa

Awal bulan September ini, masyarakat dikejutkan dengan berita mengenai obat kedaluwarsa yang diperjualbelikan di Pasar Pramuka. Modus yang dilakukan pelaku adalah menghapus tanggal kedaluwarsa di obat tersebut dan menggantinya dengan tanggal yang lebih lama menggunakan nail polish remover dan cotton bud. Kondisi ini tentunya sangat meresahkan konsumen dan menimbulkan keraguan ketika membeli obat. Karena sudah pasti, obat kedaluwarsa tersebut berbahaya bagi kesehatan.

 

Apa bahaya obat kedaluwarsa?

  • Obat berubah menjadi racun bagi tubuh
  • Obat kehilangan zat aktifnya
  • Kualitas obat menurun
  • Hilangnya keseragaman kandungan dan naiknya konsentrasi zat aktif
  • Muncul reaksi alergi setelah pemakaian obat

 

Bagaimana ciri obat yang sudah kedaluwarsa?

  • Obat mengalami tanda-tanda kerusakan, seperti :
    1. Produk kesehatan dalam bentuk tablet akan mengalami perubahan bentuk, warna, bau, dan rasa serta mengalami kerusakan seperti muncul noda, berbintik-bintik, berlubang, pecah, retak dan atau terdapat benda asing, jadi bubuk atau lembab, wadah tablet rusak, dan lengket satu dengan yang lainnya.tablet rusak
    2. Sediaan obat kapsul akan mengalami perubahan warna pada isi kapsul, kapsul terbuka, rusak, pecah, dan melekat satu sama lain.
    3. Obat berbentuk salep, krim, pasta, dan jeli umumnya dapat mengalami perubahan pada konsistensinya. Seperti bahan dasar salep, krim, pasta, atau jeli menjadi terpisah-pisah dan berair, timbul bau apek, melembut, kehilangan komponen airnya, dan tidak homogen lagi. Tube atau pot wadahnya mengalami kerusakan atau perubahan bentuk.
    4. Untuk obat cair atau sirup umumnya menjadi keruh atau timbul endapan, kekentalannya berubah, warna atau rasa berubah, botol plastik rusak atau bocor.
  • Pada label kedaluwarsa, obat yang sudah dipalsukan tanggal kedaluwarsanya akan ada perbedaan ketebalan cetak tanggal kedaluwarsanya.
  • Kemasan obat kedaluwarsa akan terlihat lebih kusam karena telah disimpan selamat bertahun-tahun.
  • Harga obat yang sudah kedaluwarsa, umumnya lebih murah dari harga yang seharusnya.

Sebagai konsumen, kita memang dituntut untuk waspada dan jeli dalam membeli obat agar tidak membahayakan kesehatan pribadi maupun keluarga. Belilah obat di apotek yang menjamin keaslian dan keamanan obatnya agar terhindar dari obat kedaluwarsa.