fbpx

Obat Kadaluarsa Bisa Dikonsumsi, Apa Iya?

Published by Maretta Putri on

Share this:
Dikurasi Oleh : Maretta Putri Ardenari S.Farm., Apt

Obat adalah bahan atau paduan bahan, termasuk produk biologi yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan, peningkatan kesehatan dan kontasepsi, untuk manusia. Dapat disimpulkan bahwa obat merupakan suatu bahan kimia yang diproduksi untuk mengurangi rasa sakit dan mencegah timbulnya risiko berbagai penyakit. Namun setiap obat itu memiliki tanggal kadaluarsa. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui obat kadaluarsa?

Setiap produk obat pasti memiliki tanggal kadaluarsa yang merupakan tanggal terakhir suatu perusahaan produksi obat menjamin keamanan obat secara penuh.

Obat Kadaluarsa

Ketika berada pada masa expired date, obat tersebut dapat menimbulkan efek samping yaitu menurunnya atau hilangnya khasiat obat dan kandungan kimia yang disebabkan oleh penurunan kadar obat. Obat yang sudah melewati masa kadaluarsa dapat membahayakan karena berkurangnya stabilitas obat tersebut dan dapat mengakibatkan efek toksik/racun. Karena kerja obat sudah tidak optimal dan kecepatan reaksinya telah menurun, sehingga obat yang masuk kedalam tubuh hanya akan mengendap dan menjadi racun.

Menurut Departemen Kesehatan RI, sebenarnya obat yang belum kadaluarsa juga dapat menyebabkan efek buruk yang sama. Hal ini disebabkan karena penyimpanannya yang salah yang menyebabkan zat didalam obat tersebut rusak. Tanda-tanda kerusakan zat tersebut biasanya disertai dengan perubahan bentuk, warna, bau, rasa atau konsistensi. Maka dari itu harus diperhatikan juga cara penyimpanan obat yang baik.

Cara untuk Cek Obat Kadaluarsa

cek obat kadaluarsa

Menurut Badan POM RI, berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk dapat mengetahui obat kedaluwarsa:

  1. Melakukan pengecekan tanggal kedaluwarsa pada kemasan

Contoh : ED Agustus 2019, maka obat tersebut masih boleh dikonsumsi pada tanggal 31 Agustus 2019

2. Melihat ciri-ciri perubahan fisik obat, antara lain:  

  • Berubah warna, bau dan rasa
  • Timbul noda bintik-bintik
  • Hancur/menjadi bubuk
  • Cangkang kapsul lembek, melekat satu sama lain maupun dengan kemasan
  • Kemasan terbuka, terkoyak atau sobek, lemab, basah, berembun, lengket, dan berlubang
  • Menjadi keruh untuk obat yang bentuk cair
  • Mengental, mengendap, memisah
  • Segel pada kemasan rusak/terkoyak
  • Kemasan lembab atau berembun
  • Mengeras
  • Isi bocor
  • Ada bagian yang hilang, rusak atau bengkok
  • Wadah rusak, berlubang, penyok

Bagaimana cara membuangnya?

membuat obat kadaluarsa

Jika anda menemukan obat kadaluarsa dirumah, maka berikut ini cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk membuang obat bersama dengan sampah rumah tangga:

  1. Ambil obat dari kemasan aslinya dan campurkan obat dengan barang yang tidak enak seperti ampas kopi atau teh dan tanah. Dengan begitu obat menjadi tidak menarik bagi anak-anak, hewan peliharaan, maupun orang-orang yang sengaja mencari obat di bak sampah
  2. Taruh campuran dalam wadah yang bisa ditutup untuk menjaga agar obat tidak bocor atau tumpah
  3. Buang wadah ke tempat sampah, dengan memperhatikan:
    – Hilangkan seluruh informasi pribadi dari kemasan obat.
    – Jika wadah berupa botol atau pot plastik, lepaskan etiket obat, dan tutup botol, kemudian dibuang di tempat sampah.
    – Jika wadah berupa boks / dus / tube, maka gunting dahulu baru dibuang.
  4. Obat yang dapat dibuang di toilet atau saluran air yaitu obat yang berupa cairan dengan cara obat diencerkan dengan air dan dibuang kedalam saluran air.

Pencantuman expired date (tanggal kadaluarsa) pada kemasan adalah bagian dari komitmen bersama untuk melindungi pasien. Anda juga diharapkan untuk dapat mencegah terpakainya obat kadaluarsa dengan rutin menyortir obat dan membuat penandaan sendiri untuk membedakan sisa masa kadaluarsa. Yuk kita jadi konsumen cerdas, jangan lupa Cek KLIK, yaitu: Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluwarsa.

Nah Sobat Sehat, sudah tau bagaimana cara apabila Sobat Sehat mendapati obat yang dirumah kadaluarsa. Jangan lupa selalu cek obat-obatan yang ada dirumah ya..

Jika Sobat Sehat membutuhkan obat atau kebutuhan kesehatan lainnya, yuk cuss langsung pesan hanya di K24Klik

#KanAdaK24Klik

Follow Us :