4 Tips Ampuh Mencegah Katarak di Usia Lanjut

Published by Dewi Dwiputri on

Mencegah Katarak Sejak Dini, Begini Tips Ampuhnya

mencegah katarak sejak dini

https://www.medicalnewstoday.com

Usia lanjut memang dikenal rentan terhadap munculnya penyakit di berbagai organ tubuh, termasuk mata. Sebagai salah satu jenis penyakit mata yang paling umum menyerang para lansia 50 tahun ke atas, katarak adalah momok menakutkan yang dapat menjangkiti siapa saja.

Penyakit katarak yang sudah parah dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan mata sehingga berujung pada kebutaan. Oleh karena itu, mencegah katarak sejak dini, khususnya pada Anda yang telah berusia lanjut, sangat penting untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa tips ampuh yang dapat Sobat Sehat lakukan demi mencegah munculnya katarak:

  1. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Demi Mencegah Katarak Sejak Dini

Buah dan sayur adalah sumber terbaik untuk mendapatkan berbagai kandungan vitamin yang diperlukan oleh tubuh Anda. Beberapa jenis buah dan sayur diketahui memiliki kandungan vitamin yang sangat baik bagi pencegahan timbulnya penyakit katarak, seperti: buah naga, alpukat, apel, bayam, brokoli, dan tomat.

  1. Hindari Paparan Polusi, Debu, dan Asap Rokok

Polusi, debu, dan asap rokok mengandung zat radikal bebas yang tidak sehat bagi organ-organ tubuh manusia termasuk mata. Paparan zat-zat tersebut mampu meningkatkan risiko kerusakan jaringan pada mata, yang kemudian menyebabkan timbulnya penyakit katarak. Khusus untuk Anda yang masih merokok pada usia lanjut, sebaiknya segera berhenti karena kandungan zat kimia pada rokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan mata saja, tetapi juga dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada organ lainnya seperti jantung dan paru-paru.

  1. Kurangi Konsumsi Garam

mencegah katarak sejak dini

http://fategrandorder.wikia.com/

Garam adalah bumbu dapur yang lazim ditemukan di hampir semua jenis masakan. Untuk Anda yang memasuki usia lanjut, sebaiknya mulai membatasi jumlah konsumsi garam harian. Konsumsi garam berlebih disinyalir dapat menstimulasi perkembangan kerusakan jaringan pada organ lunak seperti mata. Tak hanya itu, garam juga dapat meningkatkan risiko kerusakan organ penting seperti jantung dan ginjal.

  1. Istirahat yang Cukup

Tubuh manusia yang berusia lanjut sudah tidak berada dalam kondisi prima. Karena itu, mendapatkan waktu istirahat yang cukup adalah kunci bagi kesehatan seseorang di usia senja. Aktivitas fisik yang berlebih serta tingkat kecemasan yang tinggi dapat memengaruhi kualitas kesehatan Anda. Karenanya, jangan paksakan diri untuk beraktivitas dalam intensitas yang tinggi, dan jauhi pola hidup tidak sehat seperti begadang serta mengonsumsi makanan siap saji.

Itulah beberapa tips untuk mencegah timbulnya penyakit katarak bagi Anda yang sudah berusia lanjut. Selain tips-tips di atas, Anda juga dapat menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi berbagai pilihan suplemen yang mengandung bahan-bahan alami, yang dapat Anda temukan di www.k24klik.com. Nikmati pula jasa konsultasi gratis bersama para apoteker profesional dari k24 untuk menemukan suplemen yang paling cocok bagi kebutuhan Anda sehari-hari.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *