Tips Konsumsi Teh Hijau Agar Dapatkan Manfaatnya

Published by Maretta Putri on

tips-konsumsi-teh-hijau
Dikurasi Oleh : Apt. Maretta Putri Ardenari, S.Farm.

Bagi masyarakat Indonesia, konsumsi teh hijau masih belum bisa dikalahkan oleh kopi atau jenis minuman lain. Selain memberi efek rileks pada yang meminumnya, teh juga dikenal menyehatkan.

Memang, banyak orang yang menyukai jenis minuman ini. Tapi bukan berarti mereka tahu manfaat dari teh. Apalagi, minum teh sudah diakui memberi banyak efek yang menyehatkan. Salah satunya yakni memberikan efek antiinflamsi pada jerawat.

Lebih lengkap, penulis sudah mengumpulkan berbagai hal yang perlu Sobat Sehat ketahui mengenai konsumsi teh hijau. Mulai dari berkenalan dengan jenis teh, manfaat, tips konsumsi yang baik dan sehat, hingga efek samping jika sampai berlebihan.

Jenis-jenis teh

Teh adalah salah satu minuman paling populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Dalam pembagiannya, dapat dibedakan dalam tiga kategori utama berdasarkan pengolahannya, yaitu: teh hijau (tidak mengalami fermentasi), teh oolong (semi fermentasi) dan teh hitam (fermentasi penuh).

Teh hijau (camellia sinensis) merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berasal dari Cina. Tanaman ini banyak dibudidayakan di Asia Tenggara sebagai bahan baku pembuatan obat tradisional (herbal medicine).

Kandungan dan manfaat terbesarnya yaitu Katekin (antioksidan alami) tertinggi di dunia. Katekin adalah salah satu turunan dari polifenol yang memiliki khasiat antioksidan yang tinggi, mampu  untuk menghambat pertumbuhan jamur, tumor dan virus. Semakin tinggi katekin berarti makin bermanfaat buat kesehatan.

Kandungan katekin berkisar antara 20-30% dari seluruh berat kering daun. Selain itu juga mengandung vitamin K dalam jumlah yang cukup banyak (300-500 IU/g) berfungsi dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan zat gizi.

Manfaat dari konsumsi teh

Manfaat lainnya bagi tubuh antara lain:

  • Menjaga kesehatan memori kerja otak dan mencegah penyakit alzheimer
  • Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
  • Membantu melindungi dari kerusakan akibat diet tinggi lemak
  • Mengkonsumsi teh dapat membuat rileks karena mengandung bahan kimia alami (theanine) yang ditemukan dalam teh hijau dapat memberikan efek menenangkan

Tips konsumsi teh

Lalu bagaimana cara mengkonsumsi teh? Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengkonsumsi teh:

  1. Jangan langsung menambahkan air mendidih karena berefek buruk pada kandungan katekin. Air panas yang disarankan untuk menyeduh teh yaitu dengan suhu berkisar 160-170 derajat
  2. Anda dapat menambahkan lemon karena vitamin C yang terkandung pada lemon dapat membuat katekin lebih mudah diserap. Sebaliknya, produk susu membuat katekin lebih sulit untuk diserap
  3. Kadar nutrisi dalam teh hijau bisa bermacam-macam. Teh yang lebih mahal biasanya memiliki lebih banyak teh, dan minuman teh hijau kalengan biasanya lebih sedikit.

Manfaat teh hijau untuk atasi jerawat

manfaat-teh-hijau
Manfaat teh hijau (Dok.Istimewa/K24Klik)

Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata juga bermanfaat untuk kulit wajah. Salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami adalah timbulnya jerawat. Penyebab jerawat sangat banyak, antara lain: faktor genetik, faktor ras, faktor makanan, faktor iklim, faktor jenis kulit, faktor penggunaan kosmetik, faktor kebersihan, faktor stress, faktor infeksi, dan faktor pekerjaan.

Salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan alternatif pengobatan jerawat adalah teh hijau, karena mengandung Epigalokatekin Galat (EGCG) yang berperan dalam mengurangi inflamasi pada penderita jerawat dengan mengurangi kelangsungan hidup propionibacterium acne yang merupakan bakteri penyebab jerawat, dan memiliki efek antioksidan 200 kali lebih kuat dibanding vitamin E.

Efek terlalu banyak konsumsi teh hijau

Disamping memiliki banyak manfaat, ternyata terdapat beberapa efek berbahaya apabila mengkonsumsi teh (hitam atau hijau) yang terlalu berlebihan. Hal ini disebabkan oleh tiga faktor berikut:

Kandungan kafein yang terdapat dalam teh

Teh hijau tidak boleh diminum oleh pasien yang menderita penyakit jantung atau masalah kardiovaskular. Wanita hamil dan menyusui juga sebaiknya minum tidak lebih dari satu atau dua cangkir per hari, karena kandungan kafein dapat menyebabkan peningkatan irama jantung. Penting juga untuk mengontrol konsumsi bersamaan teh hijau dan beberapa obat, karena efek diuretik kafein

Adanya kandungan aluminium

Aspek ini penting bagi penderita gagal ginjal karena aluminium dapat terakumulasi oleh tubuh sehingga mengakibatkan penyakit saraf. Oleh karena itu perlu untuk mengontrol asupan makanan dengan jumlah logam yang tinggi

Efek polifenol teh pada bioavailabilitas zat besi

Katekin memiliki hubungan dengan zat besi, yaitu dapat menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Nah Sobat Sehat sudah paham kan, apa saja manfaat yang dihasilakn dari mengkonsumsi Teh Hijau bagi tubuh kita.
Sobat Sehat bisa share artikel ini ke saudara, teman, kerabat ya.
Kau butuh obat, ya K24Klik.

#KanAdaK24Klik