15 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Susu kedelai adalah minuman yang terbuat dari ekstrak kedelai yang dilarutkan dalam air. Minuman ini biasanya digunakan sebagai pengganti susu sapi untuk orang yang alergi terhadap produk susu hewani ataupun menjalani diet vegetarian.

Kandungan protein dalam susu kedelai adalah salah satu kelebihannya. Protein dalam susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang lengkap karena mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk membangun jaringan otot dan memperbaiki kerusakan sel.

Daftar Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi yang kaya, susu kedelai memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Menutrisi Ibu Hamil dan Janin

Susu kedelai untuk ibu hamil sangat dianjurkan. Hal ini karena susu kedelai mengandung protein tinggi yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dalam perkembangan janin.

Susu kedelai juga mengandung kalsium yang diperlukan untuk membangun tulang dan gigi pada ibu hamil dan perkembangan tulang janin. Kandungan asam lemak omega-3 dalam susu kedelai juga penting untuk perkembangan otak janin dan kesehatan jantung ibu.

Ditambah lagi, serat dalam susu kedelai dapat membantu mengurangi sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil. Sementara itu, kandungan isoflavon dalam susu kedelai diyakini dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung dan kanker payudara pada ibu hamil.

2. Mengurangi Gejala Asam Lambung

Manfaat susu kedelai untuk asam lambung yaitu dengan mengurangi rasa sakit atau rasa tidak nyaman saat asam lambung naik. Dalam hal ini, kandungan protein pada susu kedelai dapat membantu menenangkan perut.

Selain itu, susu kedelai juga mengandung senyawa anti-inflamasi seperti isoflavon, fitoestrogen, dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi inflamasi pada saluran pencernaan dan memperbaiki kondisi perut yang terganggu.

Beli Melilea Susu Kedelai Klik di Sini

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu kedelai kaya akan isoflavon, protein nabati, serat, dan vitamin serta mineral penting. Konsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol LDL atau “kolesterol jahat” dalam darah.

Di saat bersamaan, kandungan susu kedelai juga membantu meningkatkan kolesterol HDL atau “kolesterol baik” dalam darah, yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, susu kedelai juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan dalam tubuh, yang juga berkontribusi pada kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium adalah mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Susu kedelai mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup untuk membantu memelihara kesehatan tulang. Selain itu, susu kedelai juga mengandung isoflavon yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Susu kedelai juga mengandung fosfor yang membantu memperkuat gigi dan menyeimbangkan pH di mulut untuk mencegah kerusakan gigi. Karenanya, konsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat minum susu kedelai termasuk meningkatkan kekebalan tubuh berkat adanya kandungan isoflavon. Senyawa fitokimia ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Meningkatkan Kadar Energi

Susu kedelai mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan lemak sehat yang dapat memberikan energi secara berkelanjutan pada tubuh. Selain itu, susu kedelai juga mengandung isoflavon yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar energi yang dibutuhkan.

Kandungan magnesium dalam susu kedelai juga dapat membantu mengubah glukosa menjadi energi sehingga dapat meningkatkan kadar energi.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Khasiat susu kedelai berikutnya yaitu menjaga kesehatan pencernaan berkat serat yang terkandung di dalamnya. Kandungan serat pada susu kedelai membantu memperlancar proses pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, susu kedelai juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E pada susu kedelai berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Vitamin E juga membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah penuaan dini. Mengonsumsi susu kedelai sangat baik untuk wanita yang ingin menjaga kecantikan kulitnya.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat susu kedelai termasuk membantu menjaga kesehatan mata berkat kandungan vitamin A dan lutein di dalamnya. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina, sementara lutein membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

10. Menurunkan Risiko Diabetes

Susu kedelai mengandung protein nabati, serat, dan isoflavon, yang dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Protein nabati dalam susu kedelai dapat membantu mengurangi resistensi insulin, sementara serat dapat memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

Selain itu, isoflavon dalam susu kedelai dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan, yang dapat berkontribusi pada risiko diabetes.

11. Menurunkan Berat Badan

Susu kedelai mengandung protein yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang. Alhasil, konsumsi susu kedelai dapat membantu mengontrol nafsu makan sehingga mempermudah upaya menurunkan berat badan.

12. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat susu kedelai termasuk membantu menjaga kesehatan otak berkat adanya kandungan fosfatidilserin. Senyawa ini berfungsi sebagai neurotransmiter. Konsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

13. Menjaga Kesehatan Jaringan Tubuh

Asam amino esensial yang terkandung dalam susu kedelai adalah zat yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Asam amino esensial juga membantu menjaga kesehatan jantung, liver, ginjal, dan sistem kekebalan tubuh.

14. Meringankan Gejala Menopouse

Susu kedelai mengandung isoflavon yang memiliki efek estrogenik. Senyawa ini dapat membantu mengurangi gejala menopause seperti hot flashes, berkeringat berlebih, dan gangguan tidur. Konsumsi susu kedelai secara teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi dan mencegah osteoporosis pada wanita.

15. Menjaga Kesehatan Prostat

Susu kedelai mengandung senyawa fitokimia yang disebut isoflavon, seperti genistein dan daidzein. Kandungan ini sangat baik untuk pria karena dapat membantu menjaga kesehatan prostat. Isoflavon ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi risiko peradangan dan pertumbuhan sel kanker prostat.

Selain itu, konsumsi susu kedelai juga dapat membantu menurunkan kadar hormon dihidrotestosteron (DHT) yang dapat memicu pertumbuhan kanker prostat.

Itulah sederet manfaat susu kedelai untuk kesehatan. Umumnya susu kedelai bisa dikonsumsi siapa saja dari berbagai kalangan usia, meski beberapa orang mungkin alergi terhadap produk susu kedelai. Namun, secara umum produk susu nabati ini adalah pilihan yang sangat baik dengan kandungan nutrisi yang kaya.

Susu kedelai bisa dibuat sendiri dengan bahan mentah yang mudah didapat. Namun, bagi Anda yang tidak mau repot, ada beragam pilihan produk susu kedelai siap konsumsi yang bisa dibeli.

Anda pun bisa memperoleh produk susu kedelai di toko online tepercaya seperti K24Klik. Selain produk susu, K24Klik juga menyediakan produk obat-obatan, vitamin, herbal, produk perawatan tubuh, hingga alat kesehatan. Download aplikasinya sekarang juga atau kunjungi website K24Klik.

Referensi:

All About Soy Milk: Nutrition, Benefits, Risks, and How It Compares With Other Milks, https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/pros-cons-soy-milk/ diakses 23 Februari 2023

Health Benefits of Soy Milk, https://www.webmd.com/diet/health-benefits-soy-milk diakses 23 Februari 2023

Is It Safe to Consume Soy Products While Pregnant? https://www.healthline.com/health/pregnancy/soy-pregnancy diakses 23 Februari 2023

Soy Milk and Prostate Cancer, https://www.healthline.com/health/soy-milk-and-prostate-cancer diakses 26 Februari 2023