fbpx

Manfaat Daging Sapi dengan Sejuta Rasanya!

Published by Maretta Putri on

Share this:
Dikurasi Oleh: Maretta Putri Ardenari, S.Farm., Apt

Daging merupakan sumber nutrisi yang berkualitas bagi manusia terutama sebagai sumber protein. Protein merupakan salah satu nutrien yang sangat penting untuk tubuh dan berfungsi sebagai zat pembangun dan pengatur. Protein juga dapat berfungsi sebagai sumber energi jika karbohidrat dan lemak tidak tersedia lagi. Secara umum, protein dibagi menjadi 2 yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani memiliki keistimewaan bila dibandingkan dengan protein nabati, karena protein hewani lebih kompleks susunan asam aminonya. Salah satu protein hewani dapat diperoleh dari daging Sapi. Manfaat Daging Sapi yang banyak dapat kita rasakan.

Berikut merupakan tabel perbandingan komposisi gizi daging menurut Departemen Kesehatan RI, 1995:

Daging sapi merupakan daging merah yang sering dikonsumsi oleh rakyat Indonesia. Keunggulan dari kandungan daging sapi adalah protein yang tinggi sehingga nilai nutrisi daging sapi tinggi dan kadar sodiumnya rendah.

Manfaat Daging Sapi dengan berbagai kandungan vitamin

Selain protein, kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada daging sapi antara lain:

  • Vitamin B12. Makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, adalah satu-satunya sumber makanan yang baik dari vitamin B12, nutrisi yang penting untuk pembentukan darah dan sistem saraf otak anda Faktor usia. Pada usia orang tua akan lebih mudah terkena dibandingkan dengan usia yang lebih muda
  • Zinc. Daging sapi sangat kaya akan zinc, mineral yang penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh
  • Selenium. Daging umumnya merupakan sumber yang kaya selenium, elemen penting yang melayani berbagai fungsi dalam tubuh anda  
  • Zat besi. Berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.
  • Vitamin B3 (Niasin). Memiliki berbagai fungsi penting dalam tubuh anda. Asupan niasin yang rendah berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung
  • Vitamin B6. Penting untuk pembentukan darah dan metabolisme energi.
  • Fosfor. Penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Manfaat Daging Sapi

Karena kandungannya yang kaya akan protein, vitamin dan mineral, maka makan daging sapi sangat bermanfaat bagi tubuh antara lain:

Manfaat Daging Sapi: Meningkatkan sistem imun

Kandungan protein mampu memperbaiki sel tubuh yang rusak dan meningkatkan fungsi otak.

Menjaga berat badan

Daging sapi kaya protein sehingga mampu menahan rasa lapar

Mempercepat penyembuhan luka

Protein dalam daging sapi membantu mempercepat penyembuhan luka

Membantu fungsi jantung

Dengan porsi yang tepat, daging sapi tanpa lemak sangat baik untuk kesehatan jantung

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan mineral dan nutrisi pada daging sapi membantu proses regenerasi kulit agar tidak kusam, menghilangkan noda hitam, mencegah penuaan dini. Zat antikarsinogenik di daging sapi mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kulit.

Manfaat Daging Sapi yang bisa menjadi olahan makanan

Daging sapi dapat diolah menjadi beberapa jenis produk makanan, antara lain:

Bakso

Bakso memegang peranan penting dalam distribusi sumber protein hewani (daging). Pembuatan bakso dapat mereduksi kebutuhan daging karena adanya penggunaan atau penambahan bahan pengisi atau bahan pengikat, yang umumnya berupa tepung tapioka. Namun demikian, kadar daging sapi pada bakso tidak boleh kurang dari 50%

Sosis

Sosis adalah produk makanan yang diperoleh dari campuran daging halus (mengandung daging tidak kurang dari 75%) tanpa penambahan tepung / pati / bumbu-bumbu lainnya

Dendeng

Dendeng merupakan produk hasil olahan pengawetan daging secara tradisional yang secara umum dibuat dari daging sapi

Abon

Abon didefinisikan sebagai suatu jenis makanan kering berbentuk khas, dibuat dari daging yang direbus, disayat-sayat, dibumbui, digoreng dan dipres.  

Daging Panggang

Pemanggangan merupakan metode dengan cara mengalirkan panas secara konveksi menggunakan oven tertutup yang dipanaskan terlebih dahulu. Waktu pemanggangan sangat bervariasi berdasarkan bentuk, ukuran, potongan daging, kandungan tulang dan lemak dari daging tersebut.

Pengolahan bahan makanan dilakukan dengan berbagai tujuan, diantaranya meningkatkan nilai tambah, memperpanjang masa simpan, meningkatkan nilai gizi, dan menganekaragamkan produk olahan pangan. Selain memenuhi tujuan-tujuan tersebut, proses pengolahan dan pemasakan pun dapat meningkatkan daya cerna protein, akan tetapi di satu sisi dapat pula menurunkan nilai gizi proteinnya.

Oleh karena itu, keanekaragaman teknik pengolahan daging sapi yang semakin modern harus tetap mempertimbangkan bagaimana mempertahankan nilai gizi, khususnya protein. Hal ini mengingat pentingnya daging sebagai sumber protein hewani dan kaya akan vitamin dan mineral bagi kesehatan tubuh anda.  

Sobat Sehat bisa melakukan pembelian obat atau kebutuhan kesehatan melalui aplikasi beli obat K24Klik . Kalian juga bisa melakukan konsultasi obat melalui layanan Live Chat dengan Apoteker dan Health Consultant kami.

Share Artikel Kesehatan ini kepada teman, saudara, keluarga dan orang-orang yang kalian kenal agar artikel ini dapat bermanfaat.

#KanAdaK24Klik
Salam Sehat…


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *