Maag Vs Perut Kembung, Apakah sama?

Published by Maretta Putri on

Dikurasi Oleh : Apt., Maretta Putri A., S.,Farm.

Pola makan merupakan susunan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang pada waktu tertentu. Menu seimbang perlu diawali dengan baik sehingga akan membentuk kebiasaan makan seimbang dikemudian hari. Kebiasaan makan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kebiasaan dan perilaku yang berhubungan dengan pengaturan pola makan. Jumlah dan frekuensi makan perlu di perhatikan untuk meringankan pekerjaan saluran pencernaan dimana sebaiknya makan tiga kali sehari dalam porsi kecil. Kebiasan makan yang salah tersebut dapat menimbulkan penyakit seperti maag atau perut kembung. Keduanya memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Berikut ulasannya.

Maag

Penyakit Maag merupakan peradangan yang terjadi dilambung akibat meningkatnya sekresi asam lambung iritasi / terdapat luka pada lambung, dinding lambung lama-lama tidak kuat menahan asam lambung sehingga timbul rasa sakit yang sangat mengganggu. Karena lambung terletak di rongga perut bagian atas agak ke kiri (ulu hati), maka si penderita biasanya mengeluh sakit di bagian itu.

Tanda-tanda penyakit maag yaitu rasa tidak nyaman, sakit di ulu hati, nyeri, perih, rasa terbakar, mual, muntah, kembung, merasa cepat kenyang dan nafsu makan berkurang. Pada kasus tertentu, bagian perut hingga ke belakang akan terasa menusuk. Selain itu maag juga dapat menyebabkan luka di kerongkongan, diiringi panas yang terasa membakar naik hingga mulut menjadi pahit. Pola makan yang kurang baik juga bisa menyebabkan adanya klep di kerongkongan dan menimbulkan rasa tidak nyaman jika asam lambung naik ke kerongkongan.

Penyebab Maag

Penyebab Maag

Penyakit ini dapat timbul disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pola makan yang tidak teratur, stres dan terkena bakteri helicobacter pylory. Stres menjadi salah satu penyebab meningkatnya asam lambung sedangkan bakteri helicobacter pylory menimbulkan gangguan dilambung dan usus 12 jari. Kuman yang hanya tinggal di lambung ini berkembang akibat mengonsumsi makanan dan minuman air yang tidak bersih. Pada keadaan parah, bisa mengakibatkan pendarahan dan juga maag kronis. 

Oleh sebab itu, penderita maag harus memperbaiki pola makan menjadi lebih teratur, mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna misalnya nasi lembut, mengkonsumsi makanan berserat, hindari makanan pedas atau merangsang maag kambuh seperti kopi, dan hindari stres.

Nah lalu, apakah sama antara Maag dan Perut Kembung?
Apakah penyebabnya juga sama? Bagaimana pengobatannya? Sama-sama kita pelajari dulu tentang Perut Kembung yaa..

Perut Kembung

Perut Kembung

Perut kembung merupakan kondisi saat perut terasa tidak nyaman karena perut akan terasa penuh, penderita akan lebih sering bersendawa atau kentut, perut juga akan terlihat membesar. Gejala perut kembung biasa mirip dengan gejala sakit maag sehingga banyak penderita yang mengira menderita sakit maag padahal sebenarnya hanya gejala kembung biasa. Penderita perut kembung biasa asam lambungnya tidak berlebihan sehingga biasanya tidak disertai rasa nyeri, perih, dan rasa terbakar seperti sakit maag. 

Perut kembung umumnya merupakan dampak dari banyaknya gas atau udara di dalam perut. Selain itu, faktor lain yang berpengaruh menyebabkan perut kembung antara lain makan terlalu cepat, sering mengunyah permen karet, mengonsumsi minuman bersoda, makan terlalu banyak, sering mengonsumsi makanan berlemak, sembelit, merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. 

Pengobatan perut kembung akan disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya. Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari perut kembung antara lain: 

  • Tidak makan secara berlebihan dan memperlambat tempo saat makan
  • Mengurangi kebiasaan mengunyah permen karet
  • Mengurangi konsumsi makanan penghasil gas, misalnya kubis, kacang-kacangan, dan produk olahan susu, dan juga minuman soda
  • Berhenti merokok.

Nah, itu tadi ulasan mengenai Maag dan Perut Kembung ya Sobat Sehat.. Jadi, antara Maag dan Perut kembung memang memiliki gejala yang hampir mirip ya, tapi ternyata beda lho…

Kalau Sobat Sehat butuh obat Maag atau Perut Kembung, ya K24Klik solusinya!

#KanAdaK24Klik