Vitamin D dapat membantu melawan virus Corona!

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

k24klik-vitamin-d-untuk-melawan-virus-corona
Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Dari sekian banyak jenisnya, Vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Di mana tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, tetapi juga untuk kekebalan tubuh, apalagi ditengah maraknya pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Nutrisi yang bermanfaat untuk pembentukan tulang, menjaga kesehatan jantung, otak, otot, serta juga untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Diketahui bahwa tubuh manusia akan mengaktifkan vitamin D ketika dirinya terpapar oleh sinar matahari, terutama sinar ultraviolet B (UVB). Vitamin inilah yang nantinya akan aktif dengan sempurna setelah melalui organ hati dan ginjal dan membentuk calcitriol.

Jenis-Jenis Vitamin D

Vitamin D terbagi ke dalam beberapa jenis lagi yang berupa D2 dan D3. Masing-masing memiliki sifat dan fungsi yang berbeda. Meskipun Anda bisa mengonsumsi keduanya secara bersamaan, namun cara kerja dan efektivitasnya berbeda.

Perbedaannya bisa Anda ketahui dari sumber makanannya. Vitamin D2 biasanya berasal dari tanaman dan jamur yang terpapar sinar UV seperti jamur shitake. Sedangkan sumber makanan dari vitamin D3 diperoleh dari ikan yang berlemak, kuning telur, minyak ikan, mentega, dan suplemen.

Untuk Apa Vitamin D?

k24klik-jenis-vitamin-d
Jenis-jenis Vitamin D (Dok.Istimewa/K24Klik)

Di tengah pandemi Covid-19 ini, hal yang paling penting Anda lakukan selain mematuhi protokol kesehatan adalah berusaha untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh. Nutrisi yang Anda perlu untuk menjaga kesehatan imun adalah vitamin D. 

Vitamin D menjadi salah satu nutrisi penting untuk sistem imun yang lebih sehat. Pasalnya memiliki kemampuan untuk melawan peradangan yang terjadi di tubuh, memiliki peran dalam regulasi imun, dan membantu untuk mengaktifkan pertahanan sistem imun.

Jika sampai tubuh Anda kekurangan, maka hal ini membuat respons imun juga menjadi terhambat dan menimbulkan risiko infeksi serta penyakit yang berhubungan dengan imun, termasuk Covid-19. Bahkan akibat dari kekurangan tersebut bisa menurunkan fungsi dari paru-paru yang memengaruhi kemampuan tubuh Anda di dalam melawan infeksi saluran pernapasan.

Dalam upaya menjaga kekebalan tubuh dari virus corona, maka mencukupi kebutuhan tubuh dengan vitamin itu sangatlah dianjurkan untuk menopang kesehatan sistem imun. Hal ini pun telah dinyatakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Harvard, bahwa jika sampai tubuh manusia kekurangan vitamin D, maka mampu membuat Covid-19 menjadi lebih parah. 

Selain itu, dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan mengungkapkan bahwa vitamin D3 mampu untuk mengurangi risiko kematian pada orang yang sudah lanjut usia. Karena diketahui bersama, orang yang sudah lanjut usia memiliki kerentanan untuk terinfeksi virus corona berikut dengan komplikasi yang juga bisa dialami. 

Melalui hal tersebut pun cukup membuktikan bahwa terkandung manfaat yang cukup besar bagi tubuh, salah satunya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dalam melawan Covid-19. Karena dengan sistem imun yang sehatlah untuk kemudian bisa membangun benteng pertahanan yang mencegah agar virus corona tidak menyerang tubuh Anda.

Oleh karena itu, dari sekian banyak yang harus dipenuhi, vitamin D menjadi salah satunya yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Bukan saja bermanfaat untuk tulang, tetapi juga untuk menambah kekebalan tubuh. Sehingga sudah seharusnya di masa pandemi ini agar selalu memperhatikan pemenuhan vitamin D untuk mencegah virus corona.

Jika Sobat Sehat membutuhkan kebutuhan vitamin pada tubuh dan menjaga kekebalan tubuh sehingga mencegah tubuh terinfeksi virus corona, Anda dapat melakukan pemesanan produk melalui K24Klik.

#KanAdaK24Klik