fbpx
Share this:

jerawatnew

“Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”.

Demikian pendapat Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia.

 

Jerawat, adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat, sehingga menimbulkan kantong nanah yang meradang. Merupakan salah satu penyakit kulit dengan jumlah penderita yang cukup besar. Keluhan ini, umumnya disebabkan karena wajah yang berminyak, debu dan kotoran yang tidak segera dibersihkan, stres, pengaruh hormonal, kulit yang sensitif, bakteri, kosmetik yang tidak cocok, pemakaian pil KB dan obat-obatan tertentu, serta efek dari makanan yang dikonsumsi.

Jika selama ini Anda hanya mengenal 1 jenis jerawat saja, maka Anda perlu membaca informasi di bawah ini untuk mengetahui jenis-jenis jerawat dan cara penanganannya yang tepat.

Jenis-Jenis Jerawat

  1. Blackhead atau komedo terbuka, jenis jerawat yang muncul di area hidung, dagu, dan pipi komedokarena minyak dan sel-sel kulit mati yang terjebak di pori-pori. Blackhead yang tidak segera dibersihkan dan terkena udara, warnanya akan berubah menjadi hitam.
  2. Whitehead atau komedo putih, komedo yang timbul di bawah permukaan kulit dan tertutup sehingga tidak menghitam seperti pada komedo terbuka. Berbentuk benjolan putih tapi tidak bengkak dan meradang, terjadi karena pori-pori tersumbat oleh sel-sel kulit mati, keratin, minyak berlebih, dan bakteri.
  3. Papula, benjolan kecil berwarna merah yang berisi cairan dan minyak, terasa sakit saat disentuh.
  4. Pustula, berupa benjolan merah dengan puncak putih di atasnya. Muncul karena papula yang tidak segera ditangani sehingga kondisinya semakin parah akibat terinfeksi debu dan kotoran.
  5. Nodula. Merupakan jerawat yang paling besar dari semua jenis jerawat, berupa benjolan merah yang meradang di bawah kulit, dan terasa sakit bila disentuh. Jerawat jenis ini akan menimbulkan bekas luka setelah sembuh. Tidak hanya dibagian wajah, jerawat ini bisa menyebar di bagian punggung, dada, dan bagian tubuh lainnya.
  6. Jerawat batu (Cystic acne). Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Secara genetik penderitanya memiliki kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal, memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.

Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda perlu berhati-hati memilih produk perawatan kulit yang akan Anda  gunakan. Ada baiknya, penggunaan produk perawatan kulit dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit atau dermatolog. Hal ini perlu dilakukan agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap jenis kulit Anda, faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, dan pemilihan jenis produk perawatan kulit yang cocok bagi Anda.

washing

Bagaimana caranya agar jerawat tidak muncul lagi?

  1. Membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari, setiap pagi dan menjelang tidur. Bila dirasa perlu, bersihkan wajah setelah beraktivitas, terutama bila kegiatan yang Anda lakukan membuat kulit terpapar langsung oleh debu dan kotoran dari luar.
  2. Aplikasikan toner pada wajah, setelah mencuci muka. Langkah ini dapat membantu mengurangi produksi minyak di kulit, menyegarkan kulit, dan mengecilkan pori-pori kulit.
  3. Menjalani pola hidup sehat dengan rajin mengkonsumsi air putih 2 liter/hari atau 8 gelas/hari, tidur cukup dan teratur, konsumsi buah dan sayuran, dan berhenti merokok jika Anda seorang perokok.
  4. Tidak menyentuh wajah atau memencet jerawat dengan tangan kotor.
  5. Jauhkan rambut dari area wajah agar minyak pada rambut tidak memicu timbulnya jerawat.
  6. Jika kulit wajah Anda berminyak, hindari penggunaan facial wash yang terlalu sering, karena dapat membuat kulit Anda semakin berminyak dan memicu timbulnya jerawat.
  7. Gunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Nah, Sobat Sehat, terapkan cara membersihkan wajah dengan benar setiap hari, agar jerawat jauh dari wajah Anda.