Vaksin Covid-19 : Yang harus anda ketahui dari vaksin ini!

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Dikurasi Oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Usaha yang bisa dilakukan untuk menekan angka kasus Covid-19 salah satunya adalah dengan menyediakan vaksin Covid-19. Sampai sekarang, ini adalah jalan keluar yang dipercaya ampuh untuk bisa mengurangi jumlah penyebaran virus corona yang merajalela. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu vaksin Covid-19.

vaksin covid 19

Pengertian Vaksin

Vaksin sendiri merupakan produk zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia. Setelah dimasukkan ke dalam tubuh, zat tersebut akan memberikan perlindungan dari suatu penyakit, dalam hal ini adalah virus corona.

Cara Kerja Vaksin

Pada dasarnya cara kerja setiap vaksin adalah sama, begitu pun dengan vaksin Covid-19. Di dalamnya terkandung berbagai produk biologi dan bagian dari virus atau bakteri, maupun virus atau bakteri yang sudah dilemahkan. Dari produk inilah yang kemudian bermanfaat untuk merangsang kemunculan antibodi. 

Vaksin Covid-19 nantinya akan merangsang sistem imunitas untuk menciptakan zat kekebalan tubuh yang mampu bertahan cukup lama. Zat inilah yang kemudian bisa melawan antigen dari patogen virus corona yang masuk ke tubuh. Jika antigen penyakit Covid-19 datang menyerang lagi, maka akan muncul reaksi imunitas di tubuh yang kuat. Di mana tujuannya adalah untuk menghancurkan antigen tersebut.

Usia Penerima

Vaksin covid-19 tidaklah secara sekaligus bisa diberikan pada semua usia. Sebagaimana ketentuan yang dikeluarkan oleh Satgas bahwa untuk pemberiannya akan dibatasi usianya. Yakni antara 18 sampai 59 tahun saja yaitu usia paling banyak terkena Covid-19. 

Sedangkan untuk anak-anak belumlah ada dan masih direncanakan untuk segera bisa diberikan pada kelompok anak-anak. Diketahui bahwa ada beberapa jenis vaksin Covid-19 yang disediakan dan setiap jenis tersebut memiliki batas usia masing-masing.

Manfaatnya

Pemberian vaksin Covid-19 mampu memberikan berbagai manfaat bagi orang yang sudah menerimanya. Di mana ini bisa menurunkan angka kesakitan dan kematian karena Covid-19, bisa mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat, dan bisa meminimalkan dampak ekonomi dan sosial serta mengembalikan kondisinya seperti semula.

Keamanan Vaksin Covid-19

Keamanan dari vaksin Covid-19 telah dinyatakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bahwa sudah tergolong baik. Hal ini karena sudah memenuhi beberapa aspek yang ditetapkan oleh BPOM. Aspek tersebut berupa aspek mutu, aspek cara produksi yang baik, dan sampai saat ini tidak menimbulkan efek samping serius.

Efek Sampingnya

Selain memberikan manfaat, tapi juga diketahui menimbulkan efek samping. Efek samping tersebut berupa:  

  • Rasa nyeri otot
  • Demam ringan
  • Kemerahan di area penyuntikan
  • Sakit kepala

Kesemua efek tersebut pun diketahui wajar terjadi dan tidak berbahaya, sehingga bisa pulih kembali.

Tips Ketika Mengalami Efek Samping

  • Jika merasa tidak nyaman setelah mendapat suntikan di lengan, maka Anda bisa memberikan kompres di area tersebut serta latihlah tangan Anda dengan menggerak-gerakkan. 
  • Jika demam, maka Anda sebaiknya banyak minum air putih dan menggunakan pakaian yang nyaman. Namun jika nyeri suntikan mengalami peningkatan setelah 24 jam dan efek tersebut tidak juga hilang hingga beberapa hari, maka segeralah menghubungi dokter.

Nah, jadi setelah kita bahas mulai dari penjelasan, keamanannya, sampai efek sampingnya, tentu Anda tidak perlu ragu lagi jika sudah tiba gilirannya ya!