Kenali FSMP Agar Makananmu Lebih Sehat dan Bergizi

Published by apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm on

Mengenal lebih dekat susu FSMP
Dikurasi oleh: apt. Fachrunisa Candra Andika, S.Farm

Jika membahas tentang makanan, pasti semua orang menginginkan makanan yang mereka makan bergizi, sehat serta aman dalam artian segala aspek. Tapi bagaimana caranya? Pas banget nih kali ini tim K24Klik akan share ke kalian apa itu FSMP. Loh itu apa lagi? Sabar yaa, mungkin tim kami akan mengurutkan pembahasannya dari yang umum dulu.

Apa itu FSMP?

Jadi ada yang dikenal dengan Food for Special Medical Purpose atau disingkat FSMP dan Pangan Olahan untuk Keperluan Medis Khusus dengan singkatannya PKMK. Keduanya memiliki tujuan yang sama kok. Nah, menurut BPOM (2018) sendiri mengartikan PKMK adalah pangan maupun olahan yang diformulasikan atau diproses secara khusus untuk manajemen medis yang sekaligus dapat dijadikan sebagai manajemen diet bagi anak dengan penyakit tertentu. Maksud dari penyakit tertentu bisa juga diartikan sebagai anak  tersebut mempunya alergi serta mungkin tidak bisa mengonsumsi salah satu bahan atau makanan yaa.

Jika melihat pengertian sebelumnya, tidak melulu tentang PKMK makanan yaa namun semua produk olahan makanan dan minuman maupun bahan baku penyusun olahan untuk menunjang nilai gizi serta cita rasa khas dari produk tersebut. Untuk FSMP di Indonesia tidak hanya memperhatikan gizi atau sehat tidaknya makanan tersebut ya, tetapi banyak aspek yang diperhatikan jika hendak memproduksi food and beverage seperti bahan baku yang digunakan, proses pengolahan, proses pembungkusan (packing) dan lain sebagainya. Jadi kalo urusan pangan jangan main-main yaa.

Dampak kekurangan gizi

PKMK di Indonesia sendiri hadir dikarenakan pemerintah ingin menanggulangi masalah gizi yang kurang baik, terutama bagi anak. Karena kita telah banyak mengetahui bahwa banyak anak yang mengalami stunting atau tinggi badan anak tidak sesuai dengan seusianya. Naahh sesuai isi dari Peraturan Menteri Kesehatan RI (2019) bahwa Penanggulangan masalah gizi diprioritaskan terhadap penyakit yang memerlukan upaya khusus untuk penyelamatan hidup dan mempunyai dampak terbesar pada angka kejadian stunting

Selain itu Peraturan Menteri Kesehatan RI (2019) menambahkan bahwa penyakit yang dimaksud yaitu :

a). Beresiko Gagal Tumbuh;

b). Gizi Kurang atau Gizi Buruk;

c). Bayi Sangat Prematur;

d). Bayi Berat Lahir Sangat Rendah;

e). Alergi Protein Susu Sapi; dan

f). Kelainan Metabolisme Bawaan.

Sehingga anak-anak di Indonesia sangat membutuhkan pangan yang dapat membantu perkembangan serta pertumbuhan mereka agar tidak terkena salah satu penyakit tersebut. Contoh produk pangan yang dapat membantu pertumbuhan anak yaitu susu FSMP  

Dalam BPOM (2009), Formula Bayi Untuk Keperluan Medis Khusus (atau dengan kata lain susu FSMP) adalah makanan bagi bayi yang diolah atau diformulasi secara khusus dan disajikan sebagai bagian dari diet seorang pasien bayi. Susu ini diformulasikan khusus sehingga secara tunggal dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi yang memiliki gangguan penyakit atau memiliki kondisi medis khusus selama beberapa bulan pertama kehidupannya sampai saat pengenalan MP-ASI serta penggunaannya hanya boleh selama dalam pengawasan medis.

Dari penjelasan BPOM tersebut bahwa penggunaan susu FSMP bukan sembarangan ya, sehingga susu jenis tersebut tidak beredar di toko-toko biasa. Nah, untuk Formula Bayi Untuk Keperluan Medis Khusus sendiri sudah diatur oleh Badan Pengawas Obat Makanan yaa, terkhusus Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Makanan Republik Indonesia dengan Nomor HK.00.05.1.52.3920, sehingga tidak disarankan orang awam menggunakan produk berlabel FSMP atau PKMK ya.

Nah tadi sudah admin paparkan pengenalan dasar tentang FSMP atau di Indonesia dikenal dengan PKMK. Untuk lebih jelasnya, kalian disarankan mengakses beberapa informasi lagi nih untuk pengetahuan kalian serta kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak. Sehingga kita sebagai orang tua yang peduli dapat mencegah anak kita terjadinya penyakit stunting. Salam sehat ya.